Kotaku
Home Pendidikan Contoh PTK PPG Prajabatan Tahun Anggaran 2023

Contoh PTK PPG Prajabatan Tahun Anggaran 2023

Kotaku.id РBerikut ini merupakan pembahasan lengkap mengenai contoh PTK PPG Prajabatan Tahun Anggaran 2023.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan adalah suatu program pendidikan yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan para calon guru agar bisa menjadi guru profesional yang dapat mengelola pembelajaran dengan efektif.

Salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh para mahasiswa PPG Prajabatan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

PTK adalah suatu penelitian yang dilaksanakan oleh guru di kelasnya sendiri dengan tujuan untuk bisa meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran.

PTK bisa dilakukan oleh guru dengan beragam macam topik dan permasalahan yang dihadapi di kelas.

Berikut ini merupakan 3 contoh PTK yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk mahasiswa PPG Prajabatan tahun anggaran 2023:

1. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pokok Bahasan Perkenalan Diri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

Judul PTK ini yaitu ” Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pokok Bahasan Perkenalan Diri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share”. PTK ini dilaksanakan oleh seorang guru bahasa Indonesia di sebuah sekolah dasar.

Permasalahan yang dihadapi oleh guru tersebut yaitu rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa mata pelajaran bahasa Inggris, khususnya pada pokok bahasan perkenalan diri / introduction my self. Untuk bisa mengatasi permasalahan ini, guru tersebut diketahui menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.

Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ini dipilih karena dianggap mampu meningkatkan interaksi dan kerja sama antar siswa. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share mampu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa mata pelajaran bahasa Inggris, khususnya pada pokok bahasan perkenalan diri.

2. Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Melalui Penerapan Metode Permainan

Judul PTK ini adalah “Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Melalui Penerapan Metode Permainan”. PTK ini dilaksanakan oleh seorang guru olahraga di sebuah sekolah dasar.

Permasalahan yang dihadapi oleh guru tersebut yaitu rendahnya prestasi belajar pada siswa mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga, khususnya pada pokok bahasan materi bola bakar. Untuk bisa mengatasi permasalahan ini, guru tersebut menerapkan metode permainan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga.

Metode permainan yang dipilih karena dianggap mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Hasil penelitian telah menunjukkan hasil bahwa penerapan metode permainan mampu meningkatkan prestasi belajar pada siswa mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga, khususnya pada pokok bahasan materi bola bakar.

3. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Sejarah 1945 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Judul PTK ini adalah “. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Sejarah 1945 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning”. PTK ini dilaksanakan oleh seorang guru IPS di sebuah sekolah dasar.

Permasalahan yang dihadapi oleh guru tersebut yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS, khususnya pada pokok bahasan Sejarah 1945. Untuk mengatasi permasalahan ini, guru tersebut memutuskan untuk menerapkan model pembelajaran problem based learning.

Model pembelajaran problem based learning ini dipilih karena dianggap mampu mendorong siswa untuk bisa berpikir kritis dalam memecahkan suatu masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa mata pelajaran IPS, khususnya pada pokok bahasan sejarah 1945.

Itulah di atas 3 contoh PTK yang bisa Anda jadikan sebagai referensi bagi mahasiswa PPG Prajabatan tahun anggaran 2023. Mahasiswa PPG Prajabatan bisa memilih topik PTK yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi di dalam kelasnya.

Berikut ini merupakan beberapa tips dalam menyusun PTK:

  • Pilih topik PTK yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi di dalam kelas.
  • Lakukan kajian pustaka untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan topik PTK.
  • Rumuskan tujuan serta hipotesis PTK dengan jelas.
  • Rencanakan pelaksanaan PTK dengan matang.
  • Lakukan pengamatan serta analisis data secara objektif.
  • Tulislah laporan PTK secara sistematis dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah.

Semoga informasi di atas bisa membantu mahasiswa PPG Prajabatan tahun anggaran 2023 dalam menyusun PTK.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad