Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Jawaban Lembar Kerja 2 Rencana Penguatan Kompetensi Diri Calon Guru Penggerak

Jawaban Lembar Kerja 2 Rencana Penguatan Kompetensi Diri Calon Guru Penggerak

Kotaku.id – Lembar Kerja 2: Rencana Penguatan Kompetensi Diri merupakan instrumen vital untuk Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 9 guna mengidentifikasi dan meningkatkan keterampilan mereka.

Pembahasan dibawah ini bertujuan untuk menyusun rencana pengembangan diri yang lebih efektif dengan menjawab pertanyaan terkait kunci dalam lembar kerja tersebut.

Identitas CGP

  • Nama: [Nama Lengkap CGP]
  • NIP: [Nomor Induk Pegawai]
  • Sekolah: [Nama Sekolah]
  • Angkatan: 9

Kompetensi yang Ingin Dikuatkan

CGP bertujuan untuk memperkuat kompetensi di dalam tiga aspek utama:

  • Pedagogik (Meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran berdiferensiasi.)
  • Pengembangan Diri dan Orang Lain (Menjadi mentor dan fasilitator pengembangan diri untuk guru dan staf sekolah lainnya.)
  • Kepemimpinan Manajemen Sekolah: Mengelola sekolah dengan efektif dan efisien, serta meningkatkan kualitas pembelajaran dan budaya belajar di lingkungan sekolah.

1. Pedagogik

Kompetensi: Dapat menerapkan strategi pembelajaran yang berdiferensiasi dalam pembelajaran di dalam kelas.

Indikator Keberhasilan:

  • Meningkatnya hasil belajar peserta didik secara keseluruhan.
  • Meningkatnya motivasi dan minat belajar peserta didik.
  • Terciptanya lingkungan belajar yang inklusif dan ramah untuk semua peserta didik.

Aktivitas atau upaya yang dilakukan:

  • Ikut serta pelatihan dan workshop terkait pembelajaran berdiferensiasi.
  • Mempelajari dan menganalisis berbagai macam sumber belajar terkait pembelajaran berdiferensiasi.
  • Berkolaborasi bersama dengan guru lain dalam mengembangkan dan menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi.
  • Melaksanakan refleksi dan evaluasi diri secara berkala.

Periode Pelaksanaan:

  • Jangka Pendek (1 Bulan): Ikut serta dalam pelatihan dan workshop.
  • Jangka Menengah (3 Bulan): Mempelajari sumber belajar serta berkolaborasi bersama dengan guru lain.
  • Jangka Panjang (6 Bulan): Menerapkan strategi pembelajaran yang berdiferensiasi, melakukan refleksi dan evaluasi diri.

Sumber Daya:

  • Fasilitator dan instruktur.
  • Komunitas guru.
  • Sumber belajar: buku, artikel, video dan platform online.
  • Dana: untuk pelatihan, workshop, serta sumber belajar.

Refleksi:

  • Menulis jurnal refleksi mingguan.
  • Diskusi bersama dengan fasilitator dan instruktur.
  • Meminta umpan balik dari kolega.
  • Melaksanakan evaluasi diri secara berkala.

2. Pengembangan Diri dan Orang Lain

Kompetensi: Menjadi mentor dan fasilitator pengembangan diri untuk guru dan staf sekolah lainnya.

Indikator Keberhasilan:

  • Meningkatnya kemampuan guru serta staf sekolah dalam mengembangkan diri.
  • Terciptanya budaya berkolaborasi di sekolah.
  • Meningkatnya motivasi dan kinerja guru serta staf sekolah.

Aktivitas/upaya yang dilakukan:

  • Ikut serta dalam pelatihan dan workshop terkait pengembangan diri dan kepemimpinan.
  • Mempelajari dan menganalisis berbagai macam sumber belajar terkait pengembangan diri dan kepemimpinan.
  • Berkolaborasi bersama dengan guru lain dalam mengembangkan program pengembangan diri.
  • Menjadi mentor baik bagi guru lain.
  • Memfasilitasi kegiatan pengembangan diri untuk guru serta staf sekolah lainnya.

Periode Pelaksanaan:

  • Jangka Pendek (1 Bulan): Ikut serta pelatihan dan workshop.
  • Jangka Menengah (3 Bulan): Mempelajari sumber belajar dan berkolaborasi bersama dengan guru lain.
  • Jangka Panjang (6 Bulan): Menjadi seorang mentor, memfasilitasi kegiatan pengembangan diri, melaksanakan refleksi dan evaluasi diri.

Sumber Daya:

  • Fasilitator serta instruktur.
  • Komunitas guru.
  • Sumber belajar: buku, artikel, video dan platform online.
  • Dana: untuk pelatihan, workshop, dan sumber belajar.

Refleksi:

  • Menulis jurnal refleksi berskala mingguan.
  • Diskusi bersama dengan fasilitator dan instruktur.
  • Meminta umpan balik dari para kolega.
  • Melaksanakan evaluasi diri secara berkala.

3. Kepemimpinan Manajemen Sekolah

Kompetensi: Mengelola sekolah dengan efektif dan efisien, dan meningkatkan kualitas pembelajaran dan budaya belajar di lingkungan sekolah.

Indikator Keberhasilan:

  • Tersusunnya program kerja sekolah yang lebih efesien dan efektif.
  • Terlaksananya program kerja sekolah dengan efektif.
  • Meningkatnya kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.
  • Terciptanya budaya belajar yang positif di lingkungan sekolah.
  • Meningkatnya hubungan bersama dengan stakeholders sekolah.

Aktivitas:

  • Ikut serta pelatihan dan workshop terkait kepemimpinan manajemen sekolah.
  • Mempelajari dan menganalisis berbagai macam sumber belajar terkait manajemen sekolah.
  • Mengembangkan dan mengimplementasikan program kerja di sekolah sekolah.
  • Mendorong partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan sekolah.
  • Melaksanakan evaluasi berkala pada program kerja sekolah.

Periode Pelaksanaan:

  • Jangka Pendek (1 Bulan): Ikut serta pelatihan dan workshop.
  • Jangka Menengah (3 Bulan): Mempelajari sumber belajar serta mengembangkan program kerja sekolah.
  • Jangka Panjang (6 Bulan): Mengimplementasikan program kerja sekolah, melaksanakan evaluasi, dan menyesuaikan strategi.

Sumber Daya:

  • Kepala sekolah
  • Komunitas guru.
  • Sumber belajar: buku, artikel, video dan platform online.
  • Dana: untuk pelatihan, workshop, dan implementasi program.

Refleksi:

  • Mencatat perkembangan serta tantangan dalam jurnal refleksi mingguan.
  • Melaksanakan diskusi secara rutin bersama dengan tim manajemen sekolah.
  • Meminta umpan balik dari guru, staf sekolah, serta orang tua siswa.
  • Melaksanakan evaluasi diri secara terstruktur untuk menilai kemajuan serta identifikasi area yang perlu diperbaiki.

Dengan merencanakan dan melakukan rencana penguatan kompetensi diri seperti yang dijelaskan di atas. Calon Guru Penggerak Angkatan 9 bisa dengan signifikan meningkatkan keterampilan mereka dalam pedagogik, pengembangan diri, serta kepemimpinan manajemen sekolah.

Dengan begitu, mereka akan menjadi agen perubahan secara efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan sekolah mereka. Serta berkontribusi terhadap pembentukan generasi masa depan yang jauh lebih baik.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan terkait jawaban lembar kerja 2 Rencana Penguatan Kompetensi Diri Calon Guru Penggerak. Semoga pembahasan yang disampaikan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad