Forum Komunikasi Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Kotaku.id – Pembahasan kali ini akan membahas secara lengkap terkait Forum Komunikasi Modul 1.3 Visi Guru. Lebih jauh terkait forum komunikasi modul 1.3 visi guru penggerak bisa Anda peroleh dari bacaan dan video modul 1.3 mari coba untuk menguraikannya.
Forum komunikasi modul 1.3 visi guru penggerak diketahui sangat erat kaitannya dengan penyusunan visi atau visioning. Visi diperlukan oleh seorang guru penggerak dalam upaya transformasi pendidikan di lingkungan sekolah.
Visi dan imajinasi yang kuat biasanya berkaitan dengan peran guru penggerak sebagai agen perubahan. Melalui visioning, seorang guru penggerak akan mengupayakan penyelerasan kekuatan agar kelemahan suatu sistem dalam organisasi menjadi tidak relevan.
Di sinilah para CGP akan mengenal istilah inkuiri apresiatif, yaitu pendekatan yang ada di dalam manajemen perubahan dan pengelolaan lingkungan positif. Yang paling esensial terhadap pendekatan inkuiri apresiatif adalah daya dorong yang mendorong individu maupun komunitas dalam menemukan ‘impian yang paling memanggil’. Hal ini sehingga masing-masing individu dan komunitas sangat termotivasi untuk mentransformasikan impian tersebut dalam suatu tindakan. Itulah suatu impian yang benar kuat.
Mengenal BAGJA
BAGJA, adalah sebuah tahapan di dalam pendekatan Inkuiri alternatif yakni untuk mengelola perubahan. Kita akan mengenal BAGJA melalui singkatannya:
B = Buat pertanyaan utama
A = Ambil pelajaran
G = Gali mimpi
J = Jabarkan rencana
A = Atur eksekusi.
BAGJA ini biasanya dipahami dari kurva belajar, dimana dalam membiasakan sesuatu yang baru dapat melihat lintasan kurva dari seekor burung yang baru bisa terbang. Seekor burung yang baru bisa terbang, lintasan terbangnya ini akan membentuk kurva melandai ke bawah sebelum pada akhirnya meninggi ke atas.
Calon guru penggerak nantinya akan terbuka pikirannya dari kurva burung ini sebagai bekal pengetahuan dasar. Khususnya dalam memimpin dan mengelola transformasi pendidikan di level mikro. Pendekatan Inkuiri apresiatif nantinya bermanfaat ketika CGP melakukan visioning dari suatu organisasi/komunitas.
Visioning sangat penting yakni untuk menemukan kekuatan, impian, merumuskan strategi dan sejumlah langkah aksi. Khususnya dalam rangka mewujudkan impian bersama dari suatu komunitas atau kelompok. CGP mestinya mengingat seorang pemimpin harus mempunyai imaji dan visi jauh ke depan sebagai gambaran mental masa depan yang akan diimpikannya.
Tidak hanya visi dan imaji, seorang pemimpin harus piawai dalam menggali mimpi bersama, menghimpun kekuatan, merumuskan strategi dan langkah aksi dengan melalui pendekatan Inkuiri apresiatif. Yang mana mengupayakan penyelarasan kekuatan sumber daya yang dipunyainya agar kelemahan suatu sistem dalam organisasi menjadi tidak relevan lagi.
Menghimpun hal positif dan mengapresiasi hal positif yang sudah dimiliki oleh institusi sekolah menjadi modal positif untuk melakukan transformasi dan perubahan di sekolah. Pendekatan itu, cenderung akan menguatkan dan mempersatukan komponen yang dimiliki dalam suatu lembaga. Hal ini sehingga dinilai bisa menghindari friksi-friksi yang tidak perlu dan kontraproduktif dari kemajuan sekolah.
Pentingnya Visioning dan Pendekatan Inkuiri
Apresiatif dalam mengelola perubahan adalah suatu informasi yang berharga bagi guru penggerak. Hal ini karena informasi adalah bekal pengetahuan konseptual sekaligus memberikan bekal pengetahuan teknis (contohnya : tahapan BAGJA) dalam melakukan perencanaan, pengorganisasian, aksi, serta kontrol guna mewujudkan impian transformasi pendidikan di level mikro.
Ketika ditanyakan kepada CGP apakah hal kecil yang dapat dia lakukan, yang paling mungkin adalah melakukan transformasi pembelajaran di kelas. CGP mungkin saja bisa menjawab dia ingin agar setiap pembelajaran mata pelajaran yang di ampu di ruang kelas, khususnya mata pelajaran Biologi dapat menumbuhkan kreativitas peserta didik. Melalui karya yang dihasilkan (contohnya: membuat teknologi sederhana, infografis atau poster, karya literasi, dan lainnya.)
Kesimpulan
Itulah di atas pembahasan lengkap terkait sekilas tentang forum komunikasi modul 1.3 visi guru penggerak. Semoga informasi yang disampaikan terkait forum komunikasi modul 1.3 visi guru penggerak bisa bermanfaat bagi Anda.