Kotaku
Beranda Bisnis Mengenal Konsep Bisnis: Pengertian, Fungsi dan Kategorinya

Mengenal Konsep Bisnis: Pengertian, Fungsi dan Kategorinya

Mengenal Konsep Bisnis Pengertian Fungsi dan Kategorinya

Kotaku.id – Mengenal konsep bisnis secara lebih mendalam merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis, apalagi jika masih pemula. Perlu diketahui, konsep bisnis adalah salah satu hal yang wajib ada dan tidak boleh dianggap remeh.

Konsep ini merupakan konsep awal yang Anda buat mengenai bisnis Anda, yang mana akan mempunyai peranan penting karena mencakup berbagai hal. Yakni mulai dari value sampai strategi yang nantinya akan digunakan dalam menjalankan bisnis. Konsep bisnis yang bagus dan tepat nantinya dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan utamanya.

Pengertian Konsep Bisnis

Jika diartikan secara sederhana, pengertian konsep bisnis (business concept) sama halnya dengan perencanaan sebelum menjalankan bisnis. Konsep dalam bisnis nantinya akan mencakup banyak hal. Yakni agar si pemilik bisnis dapat mencapai tujuannya dengan baik dan tidak lagi kehilangan arah dalam menjalankan usahanya.

Jika dilihat secara lebih luas, arti dari konsep bisnis yaitu sebuah ide konkret yang mempunyai komponen utama berupa strategi inti, sumber daya strategi, jaringan nilai, serta perantara pelanggan.

Dapat disimpulan, konsep bisnis merupakan gagasan utama sebelum bisnis dieksekusi. Dengan membuat konsep lebih dahulu, seorang pemilik bisnis ataupun pengusaha akan mendapatkan gambaran. Khususnya mengenai hal-hal yang harus dilakukan dan langkah serta cara tepat untuk mencapai tujuannya di awal.

Fungsi Konsep Bisnis

Mengenal Konsep Bisnis: Pengertian, Fungsi dan Kategorinya

Setiap pebisnis pastinya akan mengalami berbagai macam masalah dalam bisnisnya yang mana biasanya muncul di luar rencana. Hal ini wajar terjadi, oleh karena itu dibutuhkan perancangan konsep bisnis yang tepat supaya bisa meminimalisir risiko yang terjadi. Dibawah ini merupakan beberapa fungsi konsep bisnis yang penting untuk diketahui pebisnis.

1. Untuk Merancang Strategi Bisnis Secara Mendetail

Sudah menjadi pemahaman semua orang, bahwa pebisnis pasti akan memerlukan strategi untuk mencapai tujuan utamanya. Strategi bisnis merupakan suatu tindakan atau rencana yang dapat membantu pebisnis untuk mencapai tujuan dan memenangkan persaingan bisnis di dalam pasar.

Tanpa adanya strategi bisnis yang tepat dan matang, bisnis nantinya akan sulit untuk berkembang dan menghadapi persaingan. Strategi bisnis dapat dijadikan sebagai pedoman ataupun acuan untuk para pebisnis. Khususnya dalam menentukan arah dan mengembangkan usahanya. Dengan adanya perencanaan strategi bisnis ini, pebisnis dapat menentukan arah dari bisnisnya agar menjadi pemenang pasar.

2. Untuk Menjadikan Bisnis Lebih Terarah

Fungsi konsep bisnis selanjutnya yaitu untuk membantu pebisnis dalam menentukan serta mengambil keputusan dengan tepat. Ketika berada pada persaingan bisnis yang ketat, pengambilan keputusan pun sangat dibutuhkan. Jika konsep bisnis yang dirancang tidak matang, bisnis bisa saja kehilangan arah dan berjalan dengan tidak menentu. Konsep bisnis bisa membantu pebisnis untuk menentukan arah yang tepat untuk perkembangan bisnis.

Kategori Konsep Bisnis

Konsep bisnis digolongkan menjadi beberapa kategori yang berbeda dan seluruhnya wajib dipahami oleh para pelaku usaha. Kategori konsep bisnis ini ada beberapa macam, yakni:

  1. Online to Offline (020). O2O merupakan jenis konsep bisnis yang dapat dilakukan dengan cara membeli secara online lalu mengembalikan secara offline, begitu juga sebaliknya.
  2. Business to Business (B2B). B2B ini akan sangat membantu perusahaan dalam menjual produk. Konsep ini merupakan suatu proses menjual produk atau jasa perusahaan ke perusahaan lainnya.
  3. Business to Customer (B2C). Pada dasarnya, B2C hampir sama dengan B2C, B2C ini lebih menjual produk ataupun jasa milik perusahaan kepada pelanggan akhir.
  4. Customer to Customer (C2C). Customer to customer atau yang disebut dengan istilah C2C merupakan cara untuk menjual dan menawarkan produk maupun jasa dari pelanggan ke pelanggan lain.

Keempat kategori dalam konsep bisnis di atas harus dipahami oleh pebisnis. Hal ini dilakukan agar pelaku usaha bisa lebih mudah untuk membuat prediksi atas peluang bisnis yang ada kemudian mengembangkannya.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait konsep bisnis. Bagi para pebisnis pemula, penjelasan di atas perlu untuk disimak dengan baik. Karena akan sangat membantu kelangsungan bisnis Anda nantinya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya!

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan