Kotaku
Beranda Lainnya Apakah Perbedaan yang Paling Mendasar Antara KKM Dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran?

Apakah Perbedaan yang Paling Mendasar Antara KKM Dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran?

siswa sekolah dasar ilustrasi 120411093327 641

Kotaku.ID – Berikut ini merupakan jawaban dari soal apakah perbedaan yang paling mendasar antara KKM dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran?

Dari pertanyaan apakah perbedaan yang paling mendasar antara KKM dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, kita bisa tahu bahwa ada perbedaan antara KKM dengan kegiatan pembelajaran biasa. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

Perbedaan KKM dan Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Bagi yang mencari referensi tentang apakah perbedaan yang paling mendasar antara KKM dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, maka simak baik-baik penjelasan lengkapnya berikut ini.

Soal

Apakah perbedaan yang paling mendasar antara KKM dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran?

A. KKM dirumuskan di awal tahun ajaran, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat dirumuskan di tengah proses belajar
B. KKM hanya berupa indikator angka, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berupa deskripsi konkret mengenai kompetensi yang perlu dikuasai peserta didik
C. KKM dirumuskan oleh kepala sekolah, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru
D. KKM tidak dapat berubah sepanjang tahun, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan materi

Jawaban

B. KKM hanya berupa indikator angka, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berupa deskripsi konkret mengenai kompetensi yang perlu dikuasai peserta didik

Pembahasan Soal

KKM lebih merujuk pada angka atau nilai minimal yang harus dicapai oleh peserta didik dalam suatu mata pembelajaran sehingga mereka bisa dinyatakan tuntas atau tidak. Indikator KKM berupa nilai seperti 70 atau 75 dan harus di capai oleh peserta didik ketika tes atau ujian evaluasi di sekolah.

Sedangkan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran jauh lebih luas, mencakup deskripsi konkret tentang kompetensi atau hasil pembelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik. Meskipun dalam ketercapaian tujuan pembelajaran tidak ada indikator nilai minimal, namun mencakup hal yang lebih luas seperti aspek pengetahuan, keterampilan, sikap dan pemahaman yang harus dimiliki oleh peserta didik.

Jadi kriteria ini lebih berfokus pada pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang diberikan melalui keterampilan dan bagaimana pemahaman mereka akan materi tersebut. Tentunya hal ini mencakup hal yang lebih rinci tentang apa yang dicapai oleh siswa, karena tidak berfokus pada nilai saja.

Kesimpulan

Jadi jawaban dari soal apakah perbedaan yang paling mendasar antara KKM dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah KKM hanya berupa indikator angka, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berupa deskripsi konkret mengenai kompetensi yang perlu dikuasai peserta didik.

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan