Kotaku
Beranda Pendidikan Untuk Guru Contoh Tahapan BAGJA Modul 1.3 Visi Guru Penggerak Prakarsa Perubahan

Contoh Tahapan BAGJA Modul 1.3 Visi Guru Penggerak Prakarsa Perubahan

Contoh Tahapan BAGJA Modul 1.3 Visi Guru Penggerak Prakarsa Perubahan

– Berikut ini merupakan penjelasan tentang contoh Tahapan BAGJA Modul 1.3 Visi Guru Penggerak Prakarsa Perubahan. Adapun, Tahapan BAGJA ini meliputi (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi).

Para peserta calon guru penggerak nantinya akan diberikan tugas untuk mengisi Modul 1.3 Tahapan BAGJA Guru Penggerak

BAGJA adalah sebuah akronim (singkatan) dari 5 langkah utama yang akan digunakan dalam sebuah proses Inkuiri Apresiatif. BAGJA pada program guru penggerak ini juga bisa dikaitkan dengan visi misi.

Jika Anda masih merasa bingung dalam mengerjakan dan menjawab Modul 1.3 Visi Guru Penggerak, maka Anda bisa menggunakan contoh jawabannya dalam pembahasan dibawah ini.

Berikut ini adalah contoh Tahapan BAGJA Modul 1.3 Visi Guru Penggerak Tahapan BAGJA, yang dapat dijadikan sebagai referensi.

Prakarsa Perubahan: Mendapatkan Lingkar Pinggang Ideal

B-uat pertanyaan utama (Define)

  • Membuat pertanyaan utama yang nantinya akan menentukan arah penyelidikan kekuatan/potensi/ peluang; mendefinisikan tujuan; pertanyaan dibuat guna memprovokasi/ menginisiasi perubahan (prakarsa)
  • Melaksanakan tindakan untuk menggalang ataupun membangun koalisi/tim perubahan > dukungan, urgensitas

Pertanyaan

  • Hal apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan lingkar pinggang ideal dengan cara yang sehat?

Daftar Tindakan/Penyelidikan (yang harus dilakukan untuk menjawab pertanyaan)

A-mbil pelajaran (Discover)

Menyusun pertanyaan lanjutan guna menemukenali kekuatan atau potensi atau peluang dengan melalui penyelidikan; mengidentifikasi/ mengapresiasi yang terbaik dari apa yang telah ada, menemukan “inti positif”; pada setiap pertanyaan yang dibuat dengan hati-hati dan sifatnya positif

Menemukan cara menggali fakta, mendapatkan data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

Pertanyaan

  • Siapa orang yang pernah berhasil memperoleh lingkar pinggang yang ideal?
  • Bagaimana ia mengatur menu dan pola makanannya?
  • Aktivitas apa yang dia lakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan?
  • Situasi apa yang selama ini telah mendukung usaha dalam mencapai lingkar pinggang ideal?
  • Keterampilan apa yang sudah saya kuasai untuk mendukung usaha mencapai lingkar pinggang ideal?

Daftar Tindakan/Penyelidikan (perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan)

  • Mencari profil orang ataupun tokoh terkenal yang sudah pernah berhasil
  • Mencari tahu serta mencatat bagaimana ia mengatur makanan dan kegiatannya

 G-ali mimpi (dream)

  • Menyusun deskripsi kolektif apabila inisiatif terwujud
  • Membayangkan sekaligus menggambarkan masa depan
  • Gambaran masa depan yang dimunculkan dari contoh-contoh yang membumi dari masa lalu positif
  • Mengalokasikan kesempatan guna berproses bersama, multi unsur (kapan, dimana, siapa saja).

Pertanyaan

  • Apakah kebiasaan baru yang saya bayangkan terjadi saat lingkar pinggang ideal sudah tercapai?
  • Bagaimana perasaan saya dengan mempunyai lingkar pinggang ideal?
  • Apa saja hal baru yang dapat saya lakukan setelah mempunyai lingkar pinggang ideal?
  • Apa hal/sumberdaya yang dibayangkan akan tersedia untuk mempertahankan lingkar pinggang ideal?

Daftar Tindakan/Penyelidikan (yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan?)

  • Membuat gambaran atau narasi diri ketika berhasil mencapai lingkar pinggang yang ideal
  • Memajangnya di kamar lalu mengingatnya selama saya melakukan usaha- selanjutnya

J-abarkan Rencana (Design)

  • Melakukan identifikasi tindakan konkret yang dibutuhkan untuk menjalankan langkah kecil sederhana yang bisa dilakukan segera, dan langkah berani ataupun terobosan yang dapat memudahkan keseluruhan pencapaian
  • Menciptakan organisasi ideal demi mencapai mimpi
  • Mempertahankan perubahan positif, atau melakukan tindak lanjut masa lalu organisasi yang paling positif dan potensial
  • Menyusun definisi kesuksesan dalam pencapaian bertahap

Pertanyaan

  • Langkah apa saja yang paling sederhana/langkah pertama yang dapat dilakukan?
  • Berapa lama target mencapai lingkar pinggang ideal?
  • Tindakan-tindakan apa yang dapat mendukung usaha dalam mencapai lingkar pinggang ideal?
  • Bagaimana mengukur kemajuan serta melanjutkan langkah?
  • Bagaimana cara untuk saling menyemangati usaha bersama dengan mencapai lingkar pinggang ideal?

Daftar Tindakan/Penyelidikan (yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan)

  • Membuat capaian secara realistis untuk setiap minggunya
  • Membuat catatan besar target yang nantinya akan dicapai per minggu dan memajangnya di kaca lemari
  • Memasang pengingat di handphone untuk jam olahraga dan untuk menjadi pengingat pola makan sehat
  • Meminta pasangan untuk membantu mengingatkan pola makan dan olahraga

A-tur eksekusi (Deliver)

  • Menentukan siapa saja yang berperan dalam pengambilan keputusan
  • Merupakan awal atas penciptaan ‘budaya belajar apresiatif’ yang berkelanjutan
  • Menyelaraskan interaksi dari setiap orang (unsur) yang terlibat agar bisa bersama-sama menciptakan (co-create) di masa depan
  • Mendesain jalur komunikasi serta pengelolaan rutinitas (misalnya: protokol/SOP, knowledge management, monev/refleksi)

Pertanyaan

  • Siapa yang bisa mengarahkan dan memantau jenis dan pola makanan yang saya konsumsi?
  • Siapa saja yang nantinya akan saya libatkan dalam mewujudkan rencana ini? Dan berperan sebagai apa saja?
  • Kapan usaha mencapai lingkar pinggang ideal mulai dilakukan?
  • Bagaimana pencatatan kemajuan latihan guna mencapai lingkar pinggang ideal?
  • Siapa yang akan menampung curhatan terkait kesulitan melakukan usaha mencapai lingkar pinggang ideal?

Daftar Tindakan/Penyelidikan (yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan)

  • Mengajak teman sekantor yang mempunyai keinginan yang sama
  • Bergabung dengan grup pesepeda ke kantor
  • Jogging setiap pagi keliling komplek perumahan
  • Puasa Senin Kamis

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan terkait contoh Tahapan BAGJA Modul 1.3 Visi Guru Penggerak. Semoga informasi yang disampaikan di atas terkait contoh Tahapan BAGJA Modul 1.3 Visi Guru Penggerak di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan