Mulai Dari Diri Modul 3.3 Guru Penggerak (Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Peserta Didik)
Daftar isi:
- 1. Apa yang Anda ketahui mengenai program sekolah yang berdampak pada peserta didik?
- 2. Sejauh mana sekolah memanfaatkan kekuatan sekolah untuk dijadikan sebagai program yang berdampak kepada peserta didik?
- 3. Apa yang ingin Anda ketahui lebih lanjut mengenai program yang berdampak pada peserta didik?
- 4. Apa yang menjadi harapan Anda sebagai calon guru penggerak dalam memaksimalkan potensi sekolah untuk dijadikan sebagai program sekolah yang berdampak pada peserta didik ?
- 5. Pengetahuan, pengalaman, serta manfaat apa saja yang ingin Anda dapatkan pada modul ini?
Kotaku.id – Dalam Aktivitas pembelajaran Mulai Dari Diri Pengelolaan Program yang Berdampak pada peserta didik. Guru sebagai peserta dapat memberikan tanggapan pada beberapa pertanyaan pemantik. Berikut ini merupakan contoh beberapa tanggapan pada pertanyaan pemantik.
1. Apa yang Anda ketahui mengenai program sekolah yang berdampak pada peserta didik?
Program yang dibuat, disusun dan disepakati oleh sekolah atas data hasil analisis kebutuhan peserta didik akan dijadikan sebagai rujukan misalnya seperti minat. Pengembangan potensi/kekuatan/sumber daya manusia khususnya peserta didik menjadi sasaran utama program sekolah yang berdampak pada peserta didik.
2. Sejauh mana sekolah memanfaatkan kekuatan sekolah untuk dijadikan sebagai program yang berdampak kepada peserta didik?
Selama ini sekolah telah memberikan keleluasaan secara penuh terhadap guru untuk mengembangkan proses belajar yang bisa mengeksplorasi kemampuan peserta didik sebagai modal manusia. Bahkan setiap guru juga dianjurkan untuk mengelola dan memanfaatkan modal lingkungan alam untuk dijadikan sebagai sumber belajar. Misalnya seperti berkunjung langsung kepada petani di sawah dan di kebun yakni dengan berbincang santai menggali informasi terkait hasil alam dan mata pencaharian. Guru terkadang melakukan kunjungan ke kantor pemerintahan desa untuk mengetahui bentuk penyajian data yang menarik. Dan tepat dari data-data yang berhubungn dengan masyarakat yakni misalnya sekitar seperti gambar presentasi pengumpulan pajak perblok di dalam satu desa.
3. Apa yang ingin Anda ketahui lebih lanjut mengenai program yang berdampak pada peserta didik?
Bentuk Program sekolah seperti apa yang bisa mewakili dan mengakomodir keperluan belajar peserta didik sehingga program tersebut dapat berdampak kepada peserta didik.
4. Apa yang menjadi harapan Anda sebagai calon guru penggerak dalam memaksimalkan potensi sekolah untuk dijadikan sebagai program sekolah yang berdampak pada peserta didik ?
Adanya proses yang melibatkan semua warga sekolah untuk mengidentifikasi potensi yang dmiliki sekolah yang mana selanjutnya mengolah. Dan memanfaatkan potensi tersebut untuk bisa meningkatkan ekosistem pendidikan yang mana berpihak pada peserta didik. Potensi yang dimiliki sekolah mampu dijadikan dasar untuk penyusunan program yang berpihak kepada peserta didik. Harapannya dengan data tersebut mampu memudahkan pihak sekolah untuk bisa membuat program sekolah yang berpihak pada peserta didik.
5. Pengetahuan, pengalaman, serta manfaat apa saja yang ingin Anda dapatkan pada modul ini?
Bagaimana cara untuk membuat perencanaan program sekolah yang berdampak pada peserta didik secara berkelompok.
- Mendalami materi terkait dengan bentuk program sekolah
- Dapat mengidentifikasi tahapan membuat program
- Mampu membuat program yang mana berorientasi pada kepemimpinan peserta didik
Demikian pembahasan mengenai aktivitas pembelajaran Mulai Dari Diri Pengelolaan Program yang Berdampak pada peserta didik. Semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda.