Kotaku
Home Beasiswa Mengenal Beasiswa Indonesia Bangkit dari Kemenag

Mengenal Beasiswa Indonesia Bangkit dari Kemenag

Beasiswa Indonesia Bangkit

Kotaku.ID – Masih banyak yang belum mengenal Beasiswa Indonesia Bangkit atau disebut juga dengan BIB. Beasiswa ini adalah bantuan dana pendidikan untuk memperoleh gelar akademik baik di jenjang S1,S2 atau pun S3. Kampus yang dipilih bisa kampus didalam negeri maupun diluar negeri. Mari simak mengenal Beasiswa Indonesia Bangkit dari Kemenag berikut ini:

Jenis Beasiswa Indonesia Bangkit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa beasiswa ini memiliki beberapa jenis, diantaranya:

1. Beasiswa Umum

Beasiswa umum sendiri terdiri dari beberapa pilihan dan jenjang, yakni meliputi:

  • Sarjana / S1 : Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan satuan pendidikan umum dan keagamaan jenjang menengah di bawah binaan kemenang seperti pondok pesantren, sekolah, tenaga kependidikan pada satuan pendidikan dan juga lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi di perguruan dalam negeri.
  • Pasca Sarjana / S2 : Untuk beasiswa S2 sendiri terdiri dari dua pilihan yakni beasiswa S2 didalam negeri dan beasiswa S2 diluar negeri. Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan S1 Perguruan tinggi keagamaan atau fakultas agama islam pada perguruan tinggi umum. Bisa juga untuk alumni program beasiswa santri berprestasi, guru pendidikan agama, guru madrasah, tenaga kependidikan dibawah kementrian agama, penyuluh agama dan lainnya.
  • Doktoral / S3 : Untuk memberikan fasilitas bagi siapa saja yang ingin mengenyam pendidikan yang lebih tinggi dari S2, maka ada beasiswa doktoral bagi dosen perguruan tinggi agama atau pegawai kementrian agama dan dosen agam di perguruan tinggi umum untuk melanjutkan studi.

2. Beasiswa Prestasi

Ada beberapa jenis beasiswa prestasi yang bisa dimanfaatkan, yakni:

  • Sarjana / S1 : Beasiswa prestasi ini diperuntukkan bagi lulusan satuan pendidikan umum dan keagamaan yang berada di bawah naungan Kemenag atau pondok pesantren maupun tenaga kependidikan satuan pendidikan menengah di bawah binaan kemenang. Bisa juga untuk lulusan SMA atau SMK yang memiliki prestasi tingkat nasional atau pun internasional. Beasiswa ini terdiri dari dua jenis yakni beasiswa di dalam negeri dan diluar negeri.
  • Magister / S2 (Double Degree) : Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan S1 perguruan tinggi keagamaan atau fakultas agama islam di perguruan tinggi umum. Tujuannya untuk mendapatkan dua gelar akademis sekaligus dalam satu periode studi dari dua perguruan tinggi berbeda baik didalam maupun diluar negeri.
  • S2 + S3 (Magister Lanjut Doktor/ PMLD) : Beasiswa ini untuk lulusan S1 perguruan tinggi keagamaan atau fakultas agama islam di perguruan tinggi umum. Atau alumni program beasiswa santri berprestasi untuk menempuh jenjang S2 dan S3 secara langsung diperguruan tinggi dalam negeri.

Jalur Beasiswa Indonesia Bangkit

Ada banyak jalur beasiswa Indonesia bangkit yang bisa di-applay untuk mendapatkan beasiswa incaran yakni:

1. Jalur LoA

LoA adalah Latter of Acceptance or Admission unconditional. Biasa dikenal juga dengan surat penerimaan dari perguruan tinggi tujuan yakni bagi pendaftaran program beasiswa yang telah memiliki LoA tanpa syarat dari perguruan tinggi tujuan ketika mendaftar.

2. Jalur Reguler

Jalur ini diperuntukkan bagi pendaftar yang tidak memiliki LoA ketika mendaftar. Pendaftar jalur ini bisa memilih maksimal 3 perguruan tinggi tujuan. Jika dinyatakan lulus seleksi sebagai calon penerima beasiswa, yang bersangkutan wajib mendapatkan LoA atau diterima di perguruan tinggi tujuan terlebih dahulu.

3. Partnership or Collaborative Program

Jalur satu ini dikenal dengan jalur kemitraan, yakni diperuntukkan bagi yang mendaftar program studi di perguruan tinggi yang sudah menjalin kemitraan dengan Kementrian Agama. Jika pendaftar dinyatakan lulus seleksi maka harus mendapatkan LoA dari perguruan tinggi tujuan tersebut.

Komponen Beasiswa

Apa saja biaya yang dicover oleh program beasiswa dari Beasiswa Indonesia Bangkit ini? diantaranya adalah:

1. Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan yang dicover mulai dari biaya pendaftaran, biaya SPP/UKT (Tuition Fee) yakni biaya per semesternya. Bantuan penelitian Skripsi atau Tesis atau Disertasi karena bersifat bantuan sehingga tidak full 100%. Bantuan Seminar Internasional untuk program beasiswa jenjang S2 atau S3 dan juga Bantuan Publikasi Jurnal Internasional bagi S2 dan S3.

2. Biaya Pendukung

Biaya pendukung yang di cover oleh program beasiswa Indonesia bangkit antara lain adalah biaya transportasi selama pendidikan, Biaya hidup bulanan atau living cost. Terdapat pula bantuan dana darurat, family allowance untuk S3, biaya aplikasi visa atau residence permit untuk beasiswa di luar negeri. Serta settlement allowance dan juga asuransi kesehatan.

3. Biaya Tambahan / Disabilitas

Tidak sampai di biaya pendukung saja yang di cover oleh program beasiswa Indonesia bangkit. Terdapat pula biaya tambahan berupa biaya transportasi pendamping, biaya asuransi kesehatan pendamping serta biaya lainnya yang bisa diajukan dan disetujui.

4. Biaya Peningkatan Kemampuan Bahasa / Afirmasi

Terakhir ada bantuan biaya peningkatan kemampuan bahasa mulai dari biaya program, biaya hidup bulanan dan juga biasa transportasi. Sangat lengkap.

itulah informasi tentang program beasiswa Indonesia bangkit dari kementrian agama. Untuk list perguruan tinggi yang bisa dipilih anda bisa CEK DISINI . 

Pilihlah universitas atau perguruan tinggi yang diinginkan, anda bisa cek dan lihat apa program studi yang bisa dipilih. Jangan lewatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar dunia pendidikan hanya di website Kotaku.ID. Karena akan ada banyak informasi terkait beasiswa dan juga CPNS atau pun PPPK.

 

 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad