Kotaku
Home Pendidikan Skema Masuk Perguruan Tinggi 2023 Berubah? Cek Disini!

Skema Masuk Perguruan Tinggi 2023 Berubah? Cek Disini!

Skema Masuk Perguruan Tinggi

kotaku.id – Skema Masuk PTN Berubah? Cek disini! Hingga saat ini, proses seleksi masuk perguruan tinggi (PTN) memiliki tiga bentuk, yaitu seleksi berdasarkan prestasi (SNMPTN), seleksi melalui tes (SBMPTN), dan seleksi mandiri oleh PTN (jalur Mandiri). Ketiga bentuk seleksi ini telah mengalami perubahan skema yang signifikan, sesuai dengan aturan terbaru dalam program Merdeka Belajar.

 

Aturan Terbaru Seleksi Perguruan Tinggi Negeri
Perguruan Tinggi

 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) menjelaskan bahwa perubahan ini bertujuan untuk menciptakan proses seleksi masuk PTN yang lebih inklusif dan dapat lebih baik mengakomodasi beragam peserta didik.

Aturan Terbaru Seleksi Perguruan Tinggi Negeri

Dengan adanya perubahan baru dalam Merdeka Belajar Eps 22, siswa akan lebih fokus pada kemampuan berpikir, lebih jelas, dan lebih terpadu, termasuk tidak hanya program sarjana tetapi juga diploma tiga dan diploma empat atau sarjana terapan.

1.     SNMPTN

Pada masa mendatang, seleksi nasional SNMPTN akan memberikan penghargaan tinggi kepada pencapaian pembelajaran yang komprehensif di sekolah menengah. SNMPTN akan mempertimbangkan beberapa hal, seperti setidaknya 50% nilai rata-rata rapor dari semua mata pelajaran, dan maksimum 50% komponen penilaian minat dan bakat, dengan nilai maksimum untuk dua mata pelajaran pendukung prestasi atau portofolio untuk program seni dan olahraga.

2.     SBMPTN

Demikian pula, SBMPTN sekarang akan melibatkan Tes Potensi Skolastik (TPS) yang berfokus pada penilaian kemampuan berpikir dalam menyelesaikan masalah. Ini berarti pengujian mata pelajaran dalam proses seleksi SBMPTN dihilangkan. Tes skolastik SBMPTN akan mengukur potensi kognitif, kemampuan berpikir matematika, serta kemampuan literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

3.     SM

Sementara itu, dalam seleksi jalur mandiri, perguruan tinggi negeri (PTN) akan mengedepankan transparansi dalam beberapa aspek. Terutama, seleksi mandiri tidak akan sepenuhnya menjadi hak prerogatif PTN, sehingga menghindari persepsi bahwa seleksi mandiri hanya menguntungkan kalangan dengan keuangan lebih tinggi.

3 Cara Lolos SNBP 2024 Untuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri Impian

Berikut ini 3 Cara lolos SNBP tahun 2024 mendatang yang bisa disimak untuk calon mahasiswa yang akan masuk Perguruan Tinggi Negeri :

1.     Mencari Tahu Ketentuan Dasar Jalur SNBP

Untuk mengetahui peraturan dasar jalur SNBP, Anda perlu memahami bahwa SNBP memberikan jumlah penerimaan berbeda-beda untuk setiap sekolah. Jumlah ini ditentukan berdasarkan indeks sekolah yang mencakup berbagai kriteria seperti akreditasi sekolah, prestasi alumni di perguruan tinggi negeri yang terkait, nilai peserta UTBK dari tahun sebelumnya, dan pencapaian sekolahmu.

Kemudian, urutan peringkat siswa akan menjadi penentu dalam mengisi kuota tersebut. Semakin tinggi nilai yang Anda peroleh, semakin besar peluangmu masuk ke dalam kuota penerimaan SNBP di sekolahmu. Berikut adalah peraturan kuota penerimaan SNMPTN berdasarkan akreditasi sekolah:

  • Akreditasi A: 40% siswa terbaik di sekolah
  • Akreditasi B: 25% siswa terbaik di sekolah
  • Akreditasi C dan lainnya: 5% siswa terbaik di sekolah

2.     Memfokuskan Pilihan Pada Program Studi Yang Kita Inginkan

Sebelum mendaftar SNBP, pastikan anda telah memutuskan perguruan tinggi negeri dan program studi yang ingin anda ikuti. Pilihan ini harus dipertimbangkan dengan baik, jangan sembarangan atau mengikuti teman. Pilihlah program studi yang sesuai dengan minat dan bakatmu, sehingga anda yakin dengan pilihanmu dan siap menerimanya jika diterima melalui jalur SNBP.

3.     Mempunyai Nilai Rapor Yang Konsisten Dan Pencapaian Lain Yang Relevan

Karena tidak ada tes dalam jalur SNBP, penilaian akan didasarkan pada nilai rapormu dari semester 1 hingga semester 5. Oleh karena itu, penting untuk menjaga konsistensi nilai dalam rapormu, jangan biarkan nilai naik turun di setiap semester, sebaliknya usahakan untuk terus meningkat. Aturan terbaru juga akan mempertimbangkan semua nilai dalam rapormu, bukan hanya beberapa mata pelajaran tertentu.

Dengan berubahnya skema masuk perguruan tinggi, penting bagi calon mahasiswa untuk terus memahami peraturan terbaru dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi perubahan ini. Semoga dengan pengetahuan dan persiapan yang tepat, mereka dapat meraih kesuksesan dalam mengejar pendidikan tinggi yang mereka impikan.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad