Apa Itu Sales Marketing? Berikut Penjelasannya
Daftar isi:
Kotaku.ID – Istilah apa itu sales marketing mungkin bukan menjadi istilah asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Biasanya istilah ini sering diartikan sebagai seseorang yang bertugas untuk mempromosikan produk. Apakah benar demikian?
Sebenarnya sales marketing adalah pekerjaan yang memiliki tanggungjawab menjalankan strategi penjualan dan pemasaran. Tidak sampai disitu saja masih banyak tugas lainnya dari seorang sales marketing yang tidak banyak orang ketahui. Oleh karenanya, mari mengenal lebih jauh tentang apa itu sales marketing dan tugasnya dalam suatu perusahaan.
Apa Itu Sales Marketing?
Sales marketing terdiri dari dua kata yang saling berkaitan erat bahkan menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Ini merupakan salah satu profesi yang berperan penting dalam penjualan suatu produk atau jasa. Tugasnya sendiri adalah memberikan keterangan yang lengkap atau deskripsi yang jelas terhadap barang yang ditawarkannya.
Jika anda ingin bekerja sebagai sales marketing maka anda wajib menguasai kemampuan public speaking yang bagus dan bisa menarik perhatian konsumen sehingga mereka bersedia membeli produk yang anda tawarkan. Meskipun terlihat sederhana, nyatanya pekerjaan ini tidak mudah dilakukan.
Skill Seorang Sales Marketing Profesional
Karena pekerjaan ini tidaklah mudah sehingga membutuhkan skill yang cukup mumpuni dibidangnya. Berikut ini beberapa skill yang wajib dimiliki anda jika ingin bekerja sebagai sales marketing, diantaranya:
1. Komunikasi
Skill pertama, adalah mampu berkomunikasi dengan efektif terutama ketika menyampaikan sebuah pesan. Seorang sales marketing harus bisa menyampaikan sesuatu dengan singkat, jelas dan juga mudah dipahami oleh orang lain.
Kemampuan ini akan membedakan anda dengan kinerja orang lain. Semakin baik kemampuan komunikasi anda maka anda akan semakin banyak pula konsumen yang bisa anda dapatkan karena mereka tertarik atau terbujuk dengan ucapan anda.
2. Product Knowledge
Product Knowledge adalah kemampuan seseorang dalam mengenal suatu produk yang akan dijual. Ketika anda akan mempromosikan produk yang dijual tentunya anda harus mengenal terlebih dahulu produk tersebut. Seperti apa produknya, gunanya untuk apa atau kelebihan yang ditawarkannya apa saja.
Coba bayangkan seorang sales marketing yang tidak mengetahui produk yang ditawarkan? Tidak mengenal fitur, keunggulan dan alasan mengapa orang lain harus membelinya? Maka tidak akan efektif persuasif ke konsumennya.
3. Mampu Mengatasi Penolakan
Untuk menawarkan suatu produk tentunya tidak selalu mulus, terkadang anda akan dihadapkan dengan penolakan-penolakan dari konsumen. Seorang sales marketing yang profesional mampu mengatasi penolakan tersebut, bahkan mereka bisa memberikan sikap yang bijaksana ketika calon pelanggannya menolak dengan sikap yang kurang mengenakkan.
Selanjutnya, mereka akan melakukan evaluasi, apa kira-kira yang membuat calon konsumennya menolak produk yang ditawarkan. Nantinya mereka akan mencari solusi terbaik untuk hal tersebut.
4. Mendengarkan
Ternyata menjadi sales marketing tidak hanya berbicara akan produk yang dibawa saja, namun juga bisa mendengarkan konsumennya. Contohnya mendengarkan curhatan konsumen atau keluhan mereka atas permasalahan yang terjadi terkait produk yang dijual.
Dengan memiliki kemampuan menjadi pendengar yang baik, maka orang lain akan berempati kepada anda dan anda pun akan lebih memahami kebutuhan mereka. Meskipun terlihat sepele, namun jika anda menerapkan ini maka akan berdampak besar bagi anda dan konsumen.
Konsumen akan merasa lebih dihargai dan merasa keluhannya tersampaikan sehingga kedepannya akan lebih loyal terhadap anda.
5. Time Management
Skill terakhir adalah time management atau manajemen waktu. Seberapa penting skill ini mengapa seorang sales marketing wajib sekali menguasainya? Bagi seorang sales marketing waktu adalah uang sehingga jika berhasil mengoptimalkan waktu maka penjualannya pun akan meningkat. Sebaliknya, jika seorang sales marketing menghabiskan waktunya percuma maka targetnya pun tidak akan tercapai.
Tugas Seorang Sales Marketing
Setelah mengetahui apa itu sales marketing dan apa saja kemampuan atau skill yang harus dimiliki. Selanjutnya, anda harus tahu tugas seorang sales marketing jika anda ingin terjun didunia tersebut. Berikut ini beberapa tugas seorang sales marketing:
1. Menganalisis Pasar dan Tren
Tugas pertama adalah menganalisis pasar dan yang sedang trend saat ini. Tugas ini harus dijalankan oleh seorang sales marketing karena agar mereka tahu apa minat dan kebutuhan konsumen saat ini.
2. Menganalisis Kompetitor
Selain menganalisis pasar seorang sales marketing juga harus mampu menganalisis kompetitornya. Setiap bisnis selalu memiliki kompetitor di industrinya masing-masing, oleh karenanya di butuhkan sales marketing yang mampu membuat strategi bersaing.
Sales marketing harus bisa melihat dan menganalisis pesaingnya, apa yang mereka lakukan untuk marketing produknya. Kemudian anda harus memikirkan caranya mencontoh dan memodifikasi teknik tersebut agar menghasilkan penjualan yang lebih baik.
3. Menyusun Strategi Pemasaran
Setelah mencontoh dan memodifikasi marketing perusahaan kompetitor, selanjutnya sales marketing harus bisa menyusun strategi penjualannya sendiri. Fungsinya sendiri agar langkah yang diambil terukur dan sesuai dengan target.
Strategi penjualan ini direncanakan berdasarkan evaluasi yang sudah di lakukan sebelumnya. Sehingga hasilnya pun diharapkan bisa lebih baik.
4. Mengelola Tim Pemasaran
Mengelola tim pemasaran menjadi pekerjaan utama dari sales marketing. Karena pekerjaan ini bukan hanya bekerja secara individu saja namun juga secara tim atau kelompok sehingga dibutuhkan orang orang yang bisa berkomunikasi dengan baik.
Tim pemasaran bisa memberikan dampak baik pada kinerja sales marketing jika anggotanya saling berkoordinasi dan berkomunikasi secara lancar. Karena hasil dari analisis pasar dan kompetitor akan dibawa ke tim kemudian memikirkan langkah selanjutnya sampai pembagian tugas dalam promosi.
5. Mengejar Target
Seorang sales marketing juga memiliki target yang harus di capainya, target tersebut berhubungan dengan seberapa banyak konsumen yang bisa ditarik setiap bulannya. Mengejar target ini pula menjadi salah satu tugas utama dari seorang sales marketing.
Jika anda bekerja sebagai sales marketing dan bisa mendapatkan jumlah konsumen sesuai dengan target atau lebih maka kinerja anda berarti meningkat. Peningkatan kinerja ini berdampak pada banyaknya bonus yang akan didapatkan.
6. Menawarkan Produk
Seperti yang sudah di singung sebelumnya bahwa seorang sales marketing tidak jauh-jauh dalam menawarkan produk yang dimiliki sehingga harus memiliki penguasaan pengetahuan tentang produk. Dalam menawarkan produk juga dibutuhkan public speaking yang tepat sehingga konsumen tertarik untuk membelinya.
7. Merekap Hasil Penjualan
Tugas terakhir adalah merekap hasil penjualan. Setelah mendapatkan sejumlah konsumen, seorang sales marketing harus merekapnya dengan baik dan rapi sehingga dokumen tersebut akan lebih mudah di baca untuk dianalisa di kemudian hari.
Hasil rekapan ini juga bisa menjadi informasi yang sangat berguna untuk mengambil keputusan penjualan selanjutnya. Akan menggunakan strategi apa, siapa targetnya dan seperti apa produk kedepannya.
Itulah sejumlah informasi tentang apa itu sales marketing dan juga pekerjaan serta skill yang harus dimiliki. Secara garis besar jumlah pendapatan seorang sales marketing tergantung pada jumlah konsumen yang bisa didapatkan.