Kotaku
Beranda Pendidikan Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman dalam Proses Pembelajaran

Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman dalam Proses Pembelajaran

maxresdefault

Kotaku.ID – Dalam artikel ini kita akan membahas bersama tentang Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman dalam Proses Pembelajaran. 

Sebelum membahas Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman, mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana menciptakan pembelajaran yang aman dan menyenangkan sesuai kodrat alam dan kodrat zaman anak? Jika ingin tahu maka anda harus membaca pembahasan mendalam ini sampai selesai.

Banyak tenaga pendidik yang masih menggunakan metode pembelajaran yang berfokus terhadap guru. Padahal hal ini belumlah tepat, pembelajaran haruslah berfokus pada peserta didik.

Setiap peserta didik memiliki background dan perkembangan kodrat yang berbeda dan unik antara satu dengan lainnya. Kodrat ini dibentuk dari sifat orangtua dan juga kondisi lingkungan dari peserta didik itu sendiri. Sedangkan kodrat zaman dari peserta didik adalah pendidikan global yang berfokus pada kemampuan anak untuk memiliki keterampilan yang penting diabad ini.

Nah, kembali ke Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman, aksi nyata merupakan ruang bagi calon guru penggerak untuk melakukan penerapan pengetahuan yang sudah di dapatkan dalam satu rangkaian Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman. Adanya aksi nyata, dimaksudkan calon guru penggerak lebih profesional dalam pengembangan proses belajar yang berkelanjutan karena menjadi kesatuan antara proses belajar dan penerapannya.

Untuk mendukung pengembangan berkelanjutan, calon guru penggerak bisa melakukan refleksi terhadap apa yang sudah dipelajarinya. Salah satu caranya dengan menuliskan pengalaman yang rasakan lewat jurnal refleksi.

Mengenal jurnal refleksi, jurnal ini harus ditulis secara rutin dan menjadi media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan sehingga memberikan kontribusi nyata dari penerapan pemikiran filosofi pendidikan.

Mengenal Jurnal Refleksi Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman

Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, jurnal refleksi haruslah di isi secara rutin. Apa saja yang disertakan didalam jurnal tersebut? Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Perasaan Melakukan Perubahan di Kelas

Tuliskan bagaimana perasaan anda dari awal sampai akhir selama proses melakukan perubahan di kelas sebagai implementasi dari apa yang sudah dipelajari dari Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman calon guru penggerak.

Tidak harus menuliskan apapun yang bagus dan bisa dicapai, namun anda bisa menuliskan bagaimana canggungnya anda atau kaku dan bingungnya anda ditahap awal dan seiring berjalannya waktu bisa menguasai yang ditakutkan tersebut.

2. Ide / Gagasan yang Timbul Sepanjang Proses Perubahan

Dibagian ini anda bisa menuliskan apa saja gagasan yang timbul selama proses perubahan. Karena dalam mengalami situasi yang baru, tentunya seseorang akan memikirkan banyak hal, salah satunya adalah ide yang muncul di kepala.

Anda bisa menuliskan, anda menjadi mengenal kodrat masing-masing peserta didik baik kodrat zaman atau pun kodrat alamnya. Kemudian bagaimana perencanaan pembelajaran kontekstual yang berpihak pada anak serta bagaimana cara berkolaborasi dengan rekan guru atau semua elemen sekolah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.

3. Pembelajaran dan Pengalaman dan Bentuk Catatan Praktik

Pada bagian ini anda bisa menuliskan bagaimana pengalaman yang didapatkan atau pembelajaran yang dirasakan. Misalnya saja anda menjadi sadar bahwa setiap peserta didik memiliki kekuatan kodrat yang berbeda, sehingga anda hanya bisa menuntun dan menebalkan laku baiknya. Memberikan ruang dan peran yang lebih besar kepada peserta didik sebagai fokus pembelajaran serta refleksi disetiap akhir pembelajaran.

4. Foto Bercerita

Dari seluruh rangkaian pelaksanaan mulai dari perencanaan, penerapan dan refleksi aksi yang dilakukan, jangan lupa untuk mengambil foto bersama peserta didik atau orang yang ikut terlibat didalamnya.

Bisa juga menyertakan bagaimana kegiatan kolaborasi anda dengan rekan guru lainnya, cara anda merancang pembelajaran, bagaimana implementasi pembelajaran di kelas serta seperti apa refleksi pembelajaran yang dilakukan.

5. Testimoni

Terakhir, anda bisa memasukan testimoni dari rekan guru atau murid yang terlibat dari proses perubahan yang anda lakukan dari Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman. Testimoni ini juga bisa ditambah dengan kritik dan saran yang membangun untuk perubahan kedepannya.

Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman dalam Proses Pembelajaran

Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman

Berikut ini adalah salah satu contoh pengisian Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman dalam Proses Pembelajaran. Ini bisa dijadikan referensi anda dalam menuliskan refleksi yang dilakukan:

1. Perasaan Melakukan Perubahan di Kelas

Perasaan ketika melakukan perubahan di kelas pada awalnya cukup terkejut dan cukup menantang karena banyak sekali perubahan yang harus dilakukan. Biasanya kegiatan pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah (guru sebagai fokus pembelajaran) dan materi yang digunakan bersumber dari buku saja.

Kini, pembelajaran harus lebih baik yakni dengan memberikan pelayanan yang merata kepada semua anak didalam satu kelas. Membuat peserta didik sebagai pusat pendidikan sehingga mereka harus lebih aktif dalam pembelajaran dan saya hanya sebagai pengarah.

Perubahan yang terjadi di dalam kelas, bukanlah hal yang mudah sehingga harus dimulai dengan perencanaan dan pemahaman yang baik tidak hanya sekedar tertulis dalam catatan namun juga aksi nyata yang diterapkan kepada anak di kelas.

2. Ide / Gagasan yang Timbul Sepanjang Proses Perubahan

Membuat pembelajaran menjadi lebih baik, menyenangkan dan inovatif tentunya bukan hal yang mudah dan membutuhkan perencanaan yang matang dalam pelaksanaannya. Sebagai guru, harus bisa menjadi fasilitator bagi peserta didik yang baik dan bisa menuntun mereka sampai ke tujuan dengan cara mereka masing-masing.

Karena itulah anda harus menjadi seorang yang bisa memberikan perhatian penuh pada semua peserta didik yang ada karena mereka memiliki minat, bakat dan kemampuan yang berbeda.

Diakhir kegiatan, guru melakukan kegiatan refleksi pada peserta didik dengan mengajukan pertanyaan bagaimana kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan hari ini. Hasil refleksi tersebut bisa di rekap dengan berbagai cara seperti mengisi google form, wawancara dan ditulis atau lainnya dan harus dipastikan bahwa itulah yang dirasakan peserta didik jujur dari dirinya sendiri.

3. Pembelajaran dan Pengalaman dan Bentuk Catatan Praktik

Pembelajaran yang dilakukan menjadi pengalaman baik bagi guru karena akhirnya merasa dan menyadari akan kemampuan peserta didik masing-masing. Jadi guru siap menuntun mereka pada tujuannya karena kodrat yang berbeda tadi.

Guru wajib memberikan ruang bagi peserta didik untuk menampilkan kreatifitas mereka didalam pembelajaran karena pendidikan yang baik berpusat pada peserta didik. Tidak lupa berikanlah refleksi pada setiap pembelajaran yang dilakukan orang murid.

4. Foto Bercerita

Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman

Pada tahap akhir ini sertakan foto anda selama pembelajaran dan sertakan dengan keterangan kegiatannya. Jangan lupa pula buatlah video Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman dalam Proses Pembelajaran.

Itulah pembahasan tentang Aksi Nyata Modul 1.1. Penerapan Kodrat Alam dan Zaman dalam Proses Pembelajaran. Ternyata sangat menyenangkan mengikuti program guru penggerak karena bisa menjadi orang yang ikut melakukan perubahan menjadi pembelajaran yang lebih baik untuk peserta didik.

Komentar
Bagikan:

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan