Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Contoh dan Cara Mengisi Essay PPG Prajabatan 2023

Contoh dan Cara Mengisi Essay PPG Prajabatan 2023

Kotakuid – Contoh dan cara mengisi essay PPG Prajabatan 2023 merupakan salah satu syarat yang dibutuhkan saat mendaftar program. Pengisian essay dapat dilakukan melalui laman resmi SIMPKB PPG Prajabatan.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan diketahui di rancang untuk mengatasi masalah kompetensi para tenaga pendidik yang masih rendah di wilayah Indonesia. Program ini diperuntukkan bagi lulusan D4 dan S1 yang akan berkarier sebagai guru profesional.

Dikutip dari laman resmi PPG Kemdikbud, PPG Prajabatan dapat diikuti lewat serangkaian seleksi, salah satunya adalah mengisi essay.

Cara Mengisi Essay PPG Prajabatan 2023

Essay PPG Prajabatan diketahui terdiri dari beberapa pertanyaan terkait dengan alasan calon peserta menjadi guru, hambatan, kekurangan serta kelebihan, dan pengalaman organisasi.

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang para calon pendaftar, sekaligus untuk melihat komitmen dan motivasi mereka dalam hal mengikuti program.

Pengisian essay PPG Prajabatan 2023 dilaksanakan melalui laman SIMPKB PPG. Berikut ini adalah langkah tepat mengisi essay PPG Prajabatan 2023.

  • Silahkan Anda buka laman SIMPKB PPG Prajab melalui https://ppg-prajab.simpkb.id.
  • Selanjutnya, pilih menu essay di bagian halaman utama. Akan muncul daftar pertanyaan yang harus dikerjakan oleh calon peserta.
  • Isilah essay secara berurutan sesuai dengan topik yang telah ditentukan.
  • Jawab essay dengan to the point menggunakan kalimat efektif.
  • Simpan seluruh jawaban dengan terpisah di penyimpanan online. Pertanyaan tersebut kemungkinan akan ditanyakan kembali di tahap selanjutnya yaitu wawancara, sehingga bisa memudahkan para peserta dalam menjawab secara konsisten.

Contoh Essay PPG Prajabatan 2023

Berikut ini adalah beberapa contoh essay PPG Prajabatan 2023 yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

1. Apa yang memotivasi Anda menjadi guru? Apa yang Anda lakukan untuk bisa mewujudkannya?

Motivasi saya menjadi seorang guru yaitu saya bisa menjadi manfaat bagi banyak orang. Guru adalah profesi yang mulia dan sangat penting untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM) di negara Indonesia. Untuk bisa mewujudkan impian tersebut, saya melanjutkan kuliah pendidikan guru di Universitas Ahmad Dahlan. Saya juga secara rutin mengikuti seminar terutama yang berkaitan dengan pengembangan kompetensi guru.

2. Tantangan apa yang Anda hadapi untuk mewujudkan motivasi tersebut?

Tantangan yang saya alami untuk mewujudkan cita-cita saya yaitu keterbatasan biaya untuk membayar kuliah. Untuk bisa mengatasi tantangan tersebut, saya mengambil pekerjaan sampingan sebagai Content Writer (Penulis Konten/Artikel) dan berusaha mengatur jadwal kuliah dan kerja secara seimbang.

3. Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai guru?

Keinginan besar saya adalah untuk membantu mencerdaskan bangsa, terutama anak-anak yang mempunyai keterbatasan finansial di daerah terpencil seperti di desa saya. Saya ingin mereka bisa mendapatkan pendidikan yang layak sama seperti anak-anak yang tinggal di kota besar.

Itulah di atas penjelasan tentang cara mengisi essay PPG Prajabatan 2023 yang tepat dan efektif. Semoga penjelasan tentang cara mengisi essay PPG Prajabatan 2023 di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad