Kotaku
Beranda Pendidikan 50 Contoh Soal Sejarah Kelas XI SMA dan MA Beserta Kunci Jawabannya

50 Contoh Soal Sejarah Kelas XI SMA dan MA Beserta Kunci Jawabannya

– Agar ujian kenaikan kelas ini makin siap dan bisa melewatinya dengan baik, peserta didik harus giat belajar agar apa yang dipelajari bisa dikuasai. Salah satunya adalah mempelajari tentang mata pelajaran Sejarah, memang sejarah gampang-gampang susah. Berikut ini ada 50 Contoh Soal Sejarah Kelas XI SMA dan MA Beserta Kunci Jawabannya yang bisa dijadikan referensi belajar dirumah.

Contoh Soal Sejarah Kelas XI SMA dan MA Beserta Kunci Jawabannya

1. Motif utama Jepang dalam menginvasi Indonesia adalah…
A. Membuat persemakmuran Asia Timur Raya yang di dipimpin oleh Jepang
B. Membebaskan bangsa-bangsa Asia dari imperialisme bangsa Barat
C. Saudara tua dari seluruh bangsa-bangsa di Asia
D. Memenuhi kebutuhan militer Jepang
E. Menjadikan bangsa-bangsa Asia agar merdeka
JAWABAN: A

2. Langkah awal yang dilakukan Jepang untuk menguasai Asia adalah…
A. Menyerang pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour
B. Merebut kekuasaan di Indonesia dari tangan Belanda
C. Menyerang pusat militer di Amerika Serikat
D. Merebut Cina dari tangan Inggris
E. Menguasai wilayah Hongkong
JAWABAN: A

3. Daerah penghasil minyak yang pertama kali menjadi target kedatangan Jepang di Indonesia adalah…
A. Tarakan
B. Jakarta
C. Samarinda
D. Aceh
E. Surabaya
JAWABAN: A

4. Tujuan pemerintah Jepang membentuk Gerakan Tiga A adalah…
A. Menarik simpati seluruh rakyat Indonesia
B. Mematahkan perlawanan pejuang Indonesia
C. Menaklukkan pemerintahan Hindia Belanda
D. Membentuk panitia persiapan kemerdekaan
E. Mengkoordinir pengerahan tenaga romusha
JAWABAN: A

5. Dampak positif yang dirasakan Indonesia dengan pendudukan Jepang antara lain…
A. Dasar-dasar militer yang diberikan Jepang nantinya menjadi cikal bakal TNI
B. Indonesia semakin maju dalam bidang pertanian dan pendidikan
C. Sistem autarki dalam bidang ekonomi menjadikan Indonesia berswasembada
D. Para penguasa dan pemerintahan mengenal sistem uang
E. Ekonomi Indonesia mengalami peningkatan, terutama bidang perkebunan
JAWABAN: A

6. Kerja paksa pada masa Jepang disebut…
A. Romusha
B. Kerja rodi
C. Kerja wajib
D. Kinrohosi
E. Romukyokai
JAWABAN: A

7. Dibawah ini yang tidak termasuk organisasi semi militer pada masa pendudukan Jepang adalah…
A. Barisan pelopor
B. Seinendan
C. Keibodan
D. Heiho
E. Fujinkai
JAWABAN: A

8. Lembaga-lembaga semimiliter yang dibentuk Jepang selama penduduknya di Indonesia dimaksudkan untuk…
A. Mendukung Jepang dalam perang Pasifik atau perang Asia Timur Raya
B. Menyiapkan angkatan bersenjata bagi RI yang segera diberi kemerdekaan oleh Jepang
C. Melucuti tentara-tentara Belanda pasca penyerahan Belanda di Kalijati
D. Membantu Jepang menghadapi perlawanan rakyat Indonesia sendiri
E. Mendidik generasi muda Indonesia agar selaras dengan nilai-nilai yang dianut di Jepang
JAWABAN: A

9. Kebijakan ekonomi yang diterapkan oleh Jepang adalah kebijakan ekonomi perang yang artinya…
A. Hasil kegiatan ekonomi di Indonesia hampir seluruhnya dipergunakan untuk menopang perang Jepang melawan sekutu
B. Para pemimpin militer Jepang memiliki kendali sepenuhnya terhadap kebijakan ekonomi
C. Kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh Jepang dipimpin kelompok-kelompok militer
D. Sebagian besar para pelaku kebijaksanaan ekonomi berasal dari kalangan militer yang terlibat dalam perang Asia Timur Raya
E. Peralatan yang digunakan untuk menjalankan kegiatan ekonomi umumnya diperoleh dari rampasan perang
JAWABAN: A

10. Dalam bidang pendidikan dari masa pendudukan Jepang ada sebagian yang menguntungkan yaitu…
A. Digunakannya bahasa Indonesia sebagai pengantar di sekolah
B. Melahirkan golongan cerdik pandai yang mempelopori gerakan nasional Indonesia
C. Pendidikan di Indonesia diatur model pendidikan Barat
D. Melahirkan tokoh-tokoh di bidang pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara
E. Diajarkannya tulisan kanji dan hiragana
JAWABAN: A

11. Kondisi Pendidikan pada masa pendudukan Jepang memperlihatkan gambaran yang lebih buruk dibandingkan masa penjajahan kolonial Belanda. Selain jumlah murid yang menurun, jumlah guru pada sekolah dasar juga mengalami penurunan hal ini disebabkan karena…
A. Adanya pengalihan tugas guru yang semula mengajar kemudian turut dalam pemerintahan
B. Banyak guru tingkat dasar yang dikirim ke daerah perang untuk menjadi tentara
C. Banyak guru dijadikan romusha oleh pemerintah Jepang
D. Guru diharuskan untuk mengikuti organisasi militer
E. Guru diwajibkan lebih menekuni organisasi keagaman
JAWABAN: A

12. Perlawanan di Singaparna, Tasikmalaya dipimpin oleh K.H. Zainal Mustafa perlawanan ini terkait dengan tidak bersedianya K.H Zainal Mustafa untuk…
A. Melakukan seikerei
B. Menyerahkan hasil bumi
C. Bergabung dengan keibodan
D. Mengirimkan tenaga romusha
E. Bergabung dengan seinendan
JAWABAN: A

13. Pada tanggal 7 September 1944 Perdana Menteri Jepang Kuniaki Koiso memberikan pernyataan mengenai janji kemerdekaan kepada Indonesia kelak di kemudian hari. Latar belakang dari keluarnya janji Koiso ini adalah…
A. Wujud dari keputusasaan Jepang karena terus menerus mengalami kekalahan dalam perang Asia Pasifik
B. Keinginan Jepang untuk membentuk Asia Timur Raya yang damai dan aman dari gangguan tentara Sekutu
C. Sebagai wujud janji Jepang yang mengaku sebagai saudara tua dan pernah berjanji membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan bangsa Barat
D. Keinginan Jepang untuk mendapatkan dukungan dari rakyat Indonesia dalam perang Asia Pasifik
E. Keinginan Jepang merangkul golongan nasionalis yang pro terhadap Jepang dan kaum agama yang anti terhadap barat
JAWABAN: A

14. Pada tanggal 29 April 1945 Jepang membentuk BPUPKI sebagai realisasi desakan golongan nasionalis mengenai janji kemerdekaan yang diucapkan Jepang, juga sebagai siasat menyikapi kekalahan bertubi-tubi Jepang dalam perang Asia Pasifik. Tujuan dari dibentuknya BPUPKI adalah…
A. Mengumpulkan berbagai hal penting yang perlu dimiliki oleh Bangsa Indonesia sebagai sebuah negara merdeka
B. Menyiapkan kemerdekaan Indonesia
C. Menyiapkan konsep Proklamasi kemerdekaan yang merupakan hadiah dari pemerintah Jepang
D. Mengumpulkan berbagai tokoh dari seluruh penjuru tanah air untuk berperan dalam persiapan kemerdekan
E. Mempersiapkan lembaga-lembaga negara yang akan dibentuk setelah Proklamasi kemerdekaan
JAWABAN: A

15. Setelah melakukan sidang pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945, langkah yang dilakukan negara Indonesia adalah menampung aspirasi pada sidang BPUPKI. Organisasi yang bertugas menampung serta mengolah aspirasi pada Sidang BPUPKI I tersebut adalah…
A. Panitia Kecil
B. Panitia Tujuh
C. Panitia Sembilan
D. Chuo Sangi In
E. KNIP
JAWABAN: A

16. Panitia kecil atau Panitia 9 dibentuk oleh BPUPKI selama masa reses dengan tujuan membahas mengenai kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 22 Juni 1945 Panitia 9 menghasilkan pernyataan kemerdekaan yang kemudian dikenal dengan sebutan piagam Jakarta. Saat diresmikan sebagai pembukaan UUD 45 isi dalam piagam jakarta terdapat perubahan pada kalimat “Ketuhanan dengan berkewajiban menjalankan syariat-syariat Islam bagi pemeluk pemeluknya” dengan diganti dengan kalimat “Ketuhanan yang Maha Esa”. Tujuan penggantian tersebut adalah…
A. Menghormati pemeluk agama lain
B. Memudahkan pengucapan pembaca
C. Menyingkat kalimat yang terlalu panjang
D. Menghormati negara lain
E. Memudahkan pengakuan kedaulatan
JAWABAN: A

17. Pada tanggal 6 Agustus 1945 terjadi pemboman Hiroshima. Keadaan ini membuat Jepang merasa harus segera merealisasikan janji kemerdekaan Jepang. Salah satu upaya tersebut adalah dengan didirikannya PPKI dan dibubarkannya BPUPKI pada tanggal 7 Agustus 1945. Latar belakang dibubarkannya BPUPKI adalah…
A. Tugas BPUPKI telah selesai
B. Usulan golongan muda untuk membubarkan BPUPKI
C. Desakan Jepang kepada golongan nasionalis untuk membubarkan BPUPKI
D. Mundurnya Dr. Radjiman Wedyodiningrat dari ketua BPUPKI
E. Keadaan genting di Indonesia
JAWABAN: A

18. Alasan utama Golongan Muda menolak campur tangan PPKI dalam persiapan Proklamasi adalah…
A. Tidak mau ada campur tangan Jepang dalam Proklamasi Kemerdekaan
B. Karena seluruh anggota PPKI adalah orang Jepang
C. PPKI tidak siap memproklamasikan kemerdekaan
D. PPKI akan mengulur waktu kemerdekaan Indonesia
E. Keberadaan PPKI tidak diakui oleh masyarakat Indonesia
JAWABAN: A

19. Penyerahan tanpa syarat Jepang kepada sekutu didengar oleh Sutan Syahrir pada tanggal 15 Agustus 1945, tindakan yang kemudian dilakukan Syahrir adalah…
A. Memerintahkan darwis dan Wikana menculik Soekarno dan Hatta untuk memaksa melaksanakan Proklamasi
B. Menemui Moh Hatta dan menyampaikan berita tersebut namun Moh Hatta masih ragu-ragu dengan kebenaran informasinya
C. Menemui para pemuda yang dipimpin oleh Chaerul Saleh dan meminta mempersiapkan kemerdekaan
D. Menemui Ahmad Soebardjo dan meminta mempercepat sidang PPKI guna mempersiapkan kemerdekaan
E. Menemui Mayor Jenderal Nishimura dan meminta penjelasan mengenai kebenaran berita tersebut
JAWABAN: A

20. Faktor utama yang menyebabkan terjadinya peristiwa Rengasdengklok adalah…
A. Perbedaan pendapat antara golongan tua dan muda mengenai kapan akan dilaksanakan Proklamasi
B. Adanya ketidakpuasan sikap pemuda terhadap sikap Bung Karno dan Bung Hatta yang menghendaki kedudukan presiden dan wakil presiden
C. Kekhawatiran pemuda atas keselamatan Bung Karno dan Bung Hatta
D. Keinginan pemuda untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di Rengasdengklok
E. Ketidakpuasan Bung Karno dan Bung Hatta atas penderitaan rakyat
JAWABAN: A

21. Rengasdengklok dipilih menjadi tempat yang digunakan oleh para pemuda untuk membawa Ir. Soekarno dan Moh Hatta, pemilihan tempat tersebut didasarkan atas pertimbangan…
A. Letaknya yang terpencil sehingga terhindar dari kecurigaan Jepang, terdapat tentara Peta dengan persenjataan lengkap, dan mudah dipantau para pemuda
B. Rengasdengklok merupakan markas para pemuda yang memiliki persenjataan lengkap sehingga dapat diandalkan untuk menjaga keamanan
C. Memperhitungkan bahwa Jepang tidak akan pernah menduga para pemuda melarikan Soekarno Hatta ke tempat tersebut
D. Tawaran dari Djiaw Kie Song untuk menggunakan rumahnya sebagai tempat menyembunyikan Soekarno – Hatta
E. Untuk memancing tokoh tokoh golongan tua yang lain sehingga negosiasi mengenai waktu pelaksanaan Proklamasi akan sesuai dengan keinginan golongan muda
JAWABAN: A

22. Rapat penyusunan teks proklamasi dilaksanakan di rumah Laksamana Maeda dengan pertimbangan…
A. Tempatnya aman dan Maeda mendukung upaya kemerdekaan Indonesia
B. Tempatnya terpencil di luar kota
C. Adanya hubungan baik antara Maeda dengan para pejuang kemerdekaan
D. Rumah Maeda dijaga oleh prajurit–prajurit Jepang
E. Hasil kesepakatan antara golongan tua dan golongan muda
JAWABAN: A

23. Pernyataan berikut yang sesuai dengan sikap Yogyakarta dalam hal Proklamasi kemerdekaan RI adalah…
A. Yogyakarta mendukung kemerdekaan RI dengan bergabung menjadi salah satu provinsi
B. Yogyakarta memilih mendukung Belanda
C. Yogyakarta memilih netral untuk tidak memihak antara RI dan Belanda
D. Yogyakarta mengakui secara de facto kedaulatan RI
E. Sri Sultan Hamengkubuwono IX memberi selamat kepada RI atas kemerdekaannya
JAWABAN: A

24. Sikap dari Mayor Jenderal Nishimura sebagai pimpinan tertinggi Jepang di Indonesia terhadap rencana Proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah…
A. Tidak secara tegas mendukung atau menolak rencana proklamasi kemerdekaan
B. Mendukung secara penuh rencana proklamasi kemerdekaan Indonesia
C. Dilarang secara tegas Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan
D. Menghalang-halangi rencana proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia
E. Menolak menemui Soekarno dan Hatta karena Jepang sudah kalah perang
JAWABAN: A

25. Dalam perencanaan pembacaan naskah Proklamasi akan dilakukan di lapangan Ikada, dalam pelaksanaannya kemudian tempat diubah menjadi rumah Ir. Soekarno, Jalan pegangsaan Timur No. 56, hal ini dilakukan karena…
A. Menghindari bentrok dengan tentara Jepang
B. Desakan dari golongan muda
C. Lapangan Ikada sudah dijaga tentara Jepang
D. Tempatnya lebih tersembunyi
E. Dekat dari rumah Moh Hatta
JAWABAN: A

26. Tokoh yang mengusulkan secara aklamasi presiden dan wakil presiden RI adalah Soekarno dan Hatta adalah…
A. Otto Iskandardinata
B. Sayuti Melik
C. Wikana
D. Latief Hendraningrat
E. Suhud
JAWABAN: A

27. Bagaimana peran Syahrir pada masa penjajahan Jepang…
A. Membangun jaringan gerakan bawah tanah anti-fasis dan menggerakkan para pemuda untuk menuju kemerdekaan
B. Membangun hubungan baik dengan Jepang dan secara tidak langsung membangkitkan nasionalisme melalui organisasi bentukan Jepang
C. Melakukan mobilisasi massa untuk melakukan perlawanan secara fisik terhadap pihak fasis Jepang
D. Menjalin kerjasama internasional dalam rangka mendukung gerakan bawah tanah
E. Melakukan pemogokan kaum buruh
JAWABAN: A

28. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, Jepang akhirnya menyerah kepada Sekutu. Sekutu kemudian memerintah agar Jepang mempertahankan Indonesia dalam keadaan status quo, artinya…
A. Mempertahankan keadaan di Indonesia seperti apa adanya
B. Jepang tetap mempertahankan kekuasaannya di Indonesia
C. Status Jepang di Indonesia menunggu keputusan Sekutu
D. Indonesia dibebaskan untuk memutuskan pilihan
E. Seluruh pasukan Jepang harus kembali ke Jepang
JAWABAN: A

29. Sepak terjang Sekutu di Indonesia memicu perlawanan dari rakyat yang dipelopori para pemuda. Respons awal Sekutu menghadapi perlawanan rakyat Indonesia umumnya, yaitu…
A. Mengultimatum para pemuda untuk menyerahkan senjata
B. Menyerukan gencatan senjata
C. Melakukan aksi teror terhadap rakyat
D. Melakukan serangan balik secara massif
E. Menangkap tokoh–tokoh pemuda yang menggerakkan perlawanan
JAWABAN: A

30. Insiden Hotel Yamato yang terjadi pada 19 September 1945 merupakan peristiwa terjadinya…
A. Perobekan bendera Belanda (merah-putih-biru) menjadi bendera Indonesia (merah-putih)
B. Pertempuran antara Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dibantu oleh barisan pemuda dengan tentara Jepang yang persenjataannya lebih lengkap
C. Kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung
D. Balas dendam rakyat Indonesia terhadap Jepang yang menguasai Hotel Yamato
E. Peristiwa perlawanan rakyat terhadap tentara Sekutu yang terjadi di Medan
JAWABAN: A

31. Pertempuran Surabaya diawali dengan kedatangan Brigade 49/Divisi India ke-23 tentara Sekutu di bawah komando…
A. Brigadir Jenderal A.W.S. Mallaby
B. Laksamana Muda W. R. Patterson
C. Dr. Hubertus J van Mook
D. Jenderal AWS Mallaby
E. Jenderal Sir Philip Christison
JAWABAN: A

32. Meskipun pada akhirnya Surabaya berhasil dikuasai Sekutu, tetapi Pertempuran di Surabaya merupakan simbol perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan. Untuk mengenang peristiwa heroik tersebut, maka tanggal 10 November diperingati sebagai…
A. Hari Pahlawan
B. Hari Prajurit
C. Hari Angkatan Bersenjata
D. Hari Kebangkitan Nasional
E. Hari Pemuda
JAWABAN: A

33. Tanggal 23 Maret 1946 meletus pertempuran antara rakyat Bandung melawan Sekutu. Dalam pertempuran ini, dua orang pejuang Indonesia berupaya meledakkan gudang senjata Sekutu. Mereka berdua gugur setelah berhasil meledakkan gudang tersebut. Siapa dua orang pejuang tersebut…
A. Muhammad Toha dan Ramdan
B. Letkol Isdiman dan Kolonel Sudirman
C. Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Letnan Kolonel Soeharto
D. Kasman Singodimedjo dan Mr. Sartono
E. Slamet Riyadi
JAWABAN: A

34. Serangan Umum 1 Maret 1949 dilaksanakan pasukan TNI dari Brigade 10/Wehrkreise III yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Soeharto, setelah mendapat persetujuan dari…
A. Jenderal Sudirman
B. Presiden Sukarno
C. Sri Sultan Hamengku Buwono IX
D. Mohammad Hatta
E. Kolonel Sungkono
JAWABAN: A

35. Pasca jatuhnya Yogyakarta Mr. Syafruddin Prawiranegara mendapatkan mandat melalui telegram yang isinya agar membentuk Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di…
A. Bukit Tinggi Sumatera Utara
B. Kota Juang Bireuen
C. Banten Jawa barat
D. Pagaruyung Sumatera Utara
E. Makassar
JAWABAN: A

36. Belanda pada Agresi Militer Belanda II, Presiden telah memerintahkan pembentukan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Arti penting pembentukan PDRI adalah…
A. Untuk menjaga keutuhan Republik Indonesia, walaupun ibukotanya telah dikuasai oleh Belanda
B. Memancing pasukan Belanda agar keluar dari ibukota Republik Indonesia
C. Membuktikan pada dunia luar bahwa Indonesia masih ada meskipun ibukotanya telah dikuasai
D. Sebagai mata rantai agar komunikasi tidak terputus dari daerah yang satu ke daerah yang lain
E. Memecah belah kekuatan pasukan Belanda dengan menyerang berbagai ibukota Republik Indonesia
JAWABAN: A

37. KTN (Komisi Tiga Negara) merupakan komite bentukan PBB yang bertujuan menengahi pertikaian antara Indonesia dengan Belanda. Anggota KTN dari Australia yang menjadi wakil dari Indonesia adalah…
A. Richard Kirby
B. Dr. Frank Graham
C. Paul Van Zeelan
D. Mr. Roem
E. Mr. Royen
JAWABAN: A

38. Wilayah Indonesia yang diakui oleh Belanda berdasarkan Hasil dari perundingan Linggarjati adalah…
A. Sumatra, Jawa, Madura
B. Jawa, Sumatra, Kalimantan
C. Jawa, Sumatra, Sulawesi
D. Jawa Tengah, Jogja, Sumatra
E. Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat
JAWABAN: A

39. Berikut adalah keputusan Konferensi Meja Bundar, kecuali…
A. Akan dibentuk Uni Indonesia – Belanda
B. Belanda mengakui RIS sebagai negara merdeka
C. Status Irian Barat akan diselesaikan setahun sesudah pengakuan kedaulatan
D. Pembentukan TNI sebagai tentara nasional
E. RI membayar hutang – hutang Belanda
JAWABAN: A

40. Arti penting Konferensi Meja Bundar (KMB) bagi Indonesia adalah…
A. Belanda mengakui kedaulatan Indonesia
B. Tanda Belanda menyerah ingin menguasai Indonesia
C. Indonesia hebat dalam jalur diplomasi
D. Indonesia terbebas dari beban hutang
E. Indonesia mendapatkan Irian Barat
JAWABAN: A

41. Organisasi yang didirikan Soekarno muda pada masa kuliah di Technische Hoogeschool adalah…
A. Algemene Studie Club
B. Indische partij
C. Volkskraad
D. Vereenigde Oost-Indische Compagnie
E. Eerste Inlandse School
JAWABAN: A

42. Pada masa penjajahan Jepang, Soekarno dibebaskan dari pengasingan dan dimanfaatkan Jepang sebagai media untuk menarik rakyat Indonesia bergabung dengan Jepang melalui organisasi…
A. Putera
B. Gerakan 3A
C. Jawa Hokokai
D. Hizbullah
E. Keibodan
JAWABAN: A

43. Lengsernya Soekarno disebabkan satu pemberontakan oleh partai radikal di Indonesia. Peristiwa tersebut dinamakan…
A. Pemberontakan/G30S
B. Tragedi Malari
C. Tragedi Trisakti
D. Pemberontakan PRRI/Permesta
E. Tragedi Geger Pecinan
JAWABAN: A

44. Dibawah ini yang mendapatkan julukan bapak Koperasi adalah…
A. Mohammad Hatta
B. Ir. Soekarno
C. Adam Malik
D. Tan Malaka
E. Hasyim Asy’ari
JAWABAN: A

45. Dibawah ini adalah tokoh yang menjadi wakil Indonesia dalam perundingan Linggarjati sekaligus Perdana Menteri adalah…
A. Sutan Syahrir
B. Syafruddin Prawiranegara
C. Moh Hatta
D. Tan Malaka
E. Yos Sudarso
JAWABAN: A

46. Perundingan yang menghasilkan kedaulatan RI meliputi wilayah Jawa, Sumatera dan Madura adalah…
A. Perundingan Linggarjati
B. Perbandingan Hooge Veluwe
C. Perundingan Malino
D. Perundingan Renville
E. Perundingan meja bundar
JAWABAN: A

47. Indonesia memerdekakan diri pada saat terjadi vacuum of power yaitu diawali sejak tanggal 15 dan 16 Agustus 1945. Penyebutan vacuum of power dapat diartikan sebagai…
A. Jepang menyerah kepada sekutu, di Indonesia tidak ada pemerintahan yang berkuasa
B. Bangsa Indonesia belum memproklamirkan kemerdekaan
C. Bangsa Indonesia belum membentuk pemerintahan
D. Masih terjadinya perdebatan antara pemuda dan golongan tua mengenai Proklamasi
E. Jepang meninggalkan Indonesia karena pertempuran front pasifik melawan Amerika Serikat
JAWABAN: A

48. Sebelum menjadi preambule atau pembukaan UUD 1945 ketika disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945, pembukaan tersebut diambil dari satu teks naskah yang bernama…
A. Piagam Jakarta
B. Perjanjian Linggarjati
C. Dasasila Bandung
D. Pancasila
E. Ekasila
JAWABAN: A

49. Sidang BPUPKI berhasil memberikan tiga dasar yang akan menjadi acuan untuk dijadikan dasar negara. Ketiga dasar tersebut kemudian dibahas lebih lanjut dalam sebuah panitia bernama…
A. Panitia Sembilan
B. Panitia Besar
C. Chuo Sangi In
D. Panitia Tujuh
E. Konstituante
JAWABAN: A

50. Selama sidang BPUPKI I ada tiga tokoh yang mengemukakan dasar negara. Tokoh tersebut adalah…
A. Moh. Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno
B. Soebardjo, Soepomo, dan Ir. Soekarno
C. Soepomo, Dr. Radjiman Wedyodiningrat, dan Ir. Soekarno
D. Moh. Yamin, Soebardjo, dan Ir. Soekarno
E. Soebardjo, Syahrir dan Ir. Soekarno
JAWABAN: A

Itulah 50 Contoh Soal Sejarah Kelas XI SMA dan MA Beserta Kunci Jawabannya yang bisa dipelajari dari rumah sebagai persiapan untuk menghadapi ujian kenaikan kelas. Semangat belajar.

Disclaimer : Saksikan informasi update terbaru tentang pendidikan, CPNS, ASN dan informasi penting bagi guru lainnya dengan bergabung di channel telegram kami. KLIK LINK BERIKUT dan pilih JOIN.

Gabung ke Channel Whatsapp Untuk Informasi Sekolah dan Tunjangan Guru

GABUNG
Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan