Kotaku
Home Pendidikan Pembelajaran 10 Contoh Teks Prosedur dan Strukturnya

10 Contoh Teks Prosedur dan Strukturnya

Kotaku.ID – Teks prosedur merupakan teks yang menjelaskan tentang langkah-langkah dari suatu kegiatan. Ada banyak contoh teks prosedur yang bisa dengan mudah ditemukan dalam kegiatan sehari-hari.

Teks prosedur memiliki tema dan tujuan yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya dan mencari contoh teks prosedur simak artikel ini baik-baik.

Artikel ini akan mengulas tentang pengertian, struktur dan contoh teks prosedur dengan lengkap dan dalam. Berikut ini ulasannya.

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur sendiri merupakan suatu teks yang berfungsi memberikan panduan atau petunjuk dari langkah demi langkah agar seseorang bisa melakukan suatu tindakan. Tujuannya untuk mempermudah pembaca atau pengguna dalam mengikuti instruksi yang tersedia.

Bentuk contoh teks prosedur sendiri ada beberapa macam, yakni bisa berupa langkah-langkah merakit sesuatu ataupun langkah menggunakan suatu produk, petunjuk melakukan percobaan ilmiah maupun prosedur dalam mengoperasikan perangkat dan panduan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Struktur Teks Prosedur

Seperti teks pada umumnya, contoh teks prosedur juga memiliki strukturnya sendiri. Struktur dair teks prosedur sangat jelas dan terorganisir, berikut ini adalah susunannya:

  • Judul : teks prosedur dimulai dengan judul yang menggambarkan tindakan atau proses didalamnya. Judul tersebut haruslah singkat, jelas dan bisa mencerminkan isi dari prosedur yang diuraikan.
  • Tujuan : terdapat tujuan yang dijelaskan di dalam teks prosedur. Tujuan tersebut berhubungan dengan tindakan atau proses yang akan dijalani. Fungsinya sendiri memberikan gambaran kepada pembaca mengapa melakukan prosedur tersebut dan apa manfaat yang bisa didapatkan dalam melaksanakan langkah-langkah yang ada.
  • Bahan dan peralatan : pada bagian ini, akan menentukan apa saja bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan suatu prosedur. Penulis harus mencantumkan semua komponen yang dibutuhkan.
  • Langkah-langkah : inti dari teks prosedur adalah langkah-langkah yang dituliskan secara rinci yang menjelaskan cara melakukan sesuatu. Langkah-langkah dalam contoh teks prosedur haruslah disusun secara berurutan, logis dan juga mudah dipahami. Kalimat yang digunakan biasanya adalah kalimat perintah yang jelas dan sederhana sehingga pembaca lebih mudah mengikuti instruksi di dalamnya.
  • Penutup : terakhir, teks prosedur diakhiri dengan penutup yang berisikan ringkasan singkat tentang proses yang sudah dijelaskan bisa juga dengan kata ajakan untuk mencoba prosedur tersebut.

Contoh Teks Prosedur

Seperti apa contoh teks prosedur? Nah berikut ini ada beberapa contoh yang bisa dipelajari dan dipedomani sehingga nantinya bisa membuat contoh teks prosedur yang sesuai:

1. Contoh Teks Prosedur – Cara Membuat Telur Rebus

Contoh Teks Prosedur

Merebus telur mungkin terlihat mudah, padahal untuk beberapa orang untuk mendapatkan telur rebus yang sesuai selera harus melakukan beberapa percobaan terlebih dahulu. Namun dengan mengikuti langkah prosedur dibawah ini, anda bisa mendapatkan telur rebus sesuai selaras tapa banyak percobaan.

Bahan:

  • Telur
  • Air

Alat:

  • Panci
  • Kompor

Langkah-Langkah:

  1. Pertama, nyalakan kompor lalu masukan air secukupnya kedalam panci dan tunggu sampai mendidih.
  2. Kemudian, masukkan telur mentah ke dalam panci, jika air dirasa kurang tambahkan air dingin ke dalam panci hingga airnya mencapai ketinggian 1 inci di atas telur. 
  3. Selanjutnya, kecilkan api supaya air tetap mendidih, tetapi tidak terlalu kuat.
  4. Setelah itu, biarkan telur mendidih selama 2 hingga 3 menit untuk mendapatkan telur rebus dengan kuning yang masih agak cair.
  5. Sedangkan untuk mendapatkan telur rebus dengan kuning matang sempurna anda harus membiarkan selama 10 hingga 15 menit.
  6. Terakhir, gunakan sendok untuk mengangkat telur dari panci dan biarkan telur dingin secara perlahan atau bilas telur dengan air dingin untuk mendinginkannya lebih cepat.

Itulah langkah merebus telur. Semoga dengan langka tadi anda bisa mendapatkan telur rebus sesuai dengan selera. Selamat mencoba!

2. Cara Memainkan Alat Musik Angklung

Angklung adalah salah satu alat seni tradisional Indonesia. sebagai warisan seni yang berharga, kita hendaknya melestarikan dengan belajar memainkan angklung. Cara memainkan alat musik angklung tidaklah sulit. Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini.

Alat dan Bahan:

  • Alat musik angklung.

Langkah-Langkah :

  1. Pertama, pegang angklung dengan tangan kiri. Pegang angklung dengan cara memegang simpul pertemuan dua tiang angklung vertikal dan horisontal (yang berada di tengah), sehingga angklung dipegang tepat di tengah-tengah.
  2. Pegang dengan genggaman tangan dan telapak tangan menghadap ke atas maupun ke bawah.
  3. Posisikan angklung yang dipegang tegak dan sejajar dengan tubuh. Jarak angklung dari tubuh sebaiknya cukup jauh (siku tangan kiri hampir lurus) agar angklung dapat digetarkan dengan baik dan maksimal.
  4. Pegang ujung tabung dasar angklung (horisontal) dengan tangan kanan dan getarkan dengan getaran ke kiri dan ke kanan, dengan posisi angklung tetap tegak (horisontal), tidak miring agar suara angklung rata dan nyaring.
  5. Sewaktu angklung digetarkan, sebaiknya dilakukan dengan frekuensi getaran yang cukup sering sehingga suara angklung lebih halus dan rata.
  6. Mainkan angklung sambil berdiri agar hasil permainan lebih baik.

Selamat berlatih untuk melestarikan budaya kita!

3. Contoh Teks Prosedur – Cara Mematikan Komputer dengan Benar

Contoh Teks Prosedur

Belajar cara mematikan komputer yang benar ternyata sangatlah penting. Tujuannya agar komputer tidak cepat rusak atau muncul dampak negatif karena kesalahan mematikan komputer. Oleh karenanya ada beberapa tahapan mematikan komputer yang harus diperhatikan.

Langkah-Langkah :

  1. Pastikan Semua aplikasi yang digunakan sudah tertutup dengan benar.
  2. Klik menu Start (XP)/Logo Windows (7) di pojok kiri bawah.
  3. Pilih Shut down dan tunggu beberapa saat hingga komputer Anda benar-benar mati.
  4. Setelah komputer benar-benar mati, kemudian tekan tombol pada monitor dan speaker.
  5. Pastikan stabilizer dan perangkat komputer lainnya sudah benar-benar mati juga.
  6. Barulah, cabut kabel dari stop kontak. Tujuannya agar menghemat daya dan mengantisipasi terjadinya korsleting listrik.

Ternyata cara mematikan komputer yang benar sangatlah mudah, pastikan anda menerapkannya sehingga komputer tidak mudah rusak. Selamat mematikan komputer secara benar.

4. Cara Membuat Es Kopi Susu

Es kopi susu memang cocok dinikmati di siang hari yang panas. Mengkonsumsi es kopi susu bisa meningkatkan semangat dan fokus dalam bekerja. Cara membuat es kopi susu yang enak dan segar ternyata tidaklah sulit. Tinggal mengikuti langkah berikut ini.

Bahan:

  • 2 sdt kopi bubuk
  • Gula sesuai selera
  • 1 sdt susu atau creamer
  • Air panas

Alat:

  • Cangkir
  • Sendok teh

Langkah-Langkah:

  1. Pertama, siapkan segelas cangkir yang biasa anda gunakan.
  2. Lalu masukan kopi dan gula kedalam gelas tersebut.
  3. Tuangkan air panas sampai setengah gelas, dan aduk kopi hingga larut.
  4. Tambahkan susu atau creamer sesuai selera dan aduk hingga rata.
  5. Bisa tambahkan air dingin atau diamkan hingga beberapa saat.
  6. Masukan es batu dan es kopi susu siap dinikmati.

5. Contoh Teks Prosedur – Cara Membuat Keripik Singkong Balado

Contoh Teks Prosedur

Keripik singkong balado adalah salah satu camilan khas kota Padang. Rasanya sudah tidak usah diragukan lagi, maka tidak heran bila banyak yang menyukainya. Bagi yang suka makanan pedas, anda tidak perlu repot-repot ke Padang untuk mendapatkan camilan satu ini karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini caranya.

Bahan:

  • 500 gram singkong yang sudah dikupas
  • ½ sendok teh garam
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 5 buah cabe merah yang sudah dihaluskan
  • ½ sendok teh garam
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan air asam

Langkah-Langkah:

  1. Pertama, siapkan singkong lalu kupas dan cuci.
  2. Setelah beberapa singkong siap, maka irislah tipis-tipis dan tiriskan.
  3. Sembari itu, siapkan panci dan masukkan 3 gelas air campur dengan garam.
  4. Nyalakan api dan tunggu sampai mendidih.
  5. Perlahan memasukan singkong  lalu tunggu sampai singkong mengapung.
  6. Jika sudah mengapung maka angkat dan tiriskan.
  7. Lalu siapkan penggorengan dan masukan minyak goreng secukupnya.
  8. Panaskan minyak goreng lalu masukan singkong ke dalamnya hingga kuning kecoklatan.
  9. Jika sudah matang maka angkat dan tiriskan.
  10. Setelah itu tumis cabe, garam, gula dan air asam sambil diaduk-aduk.
  11. Masukkan singkong yang sudah disisihkan tadi. Kemudian aduk rata
  12. Angkat dan taruh di dalam wadah yang kedap udara.

Keripik singkong yang enak dan mudah dibuat sudah siap dinikmati.

6. Cara Membuat SIM

Contoh Teks Prosedur

Surat Keterangan Mengemudi atau SIM adalah surat penting yang harus dimiliki siapa saja yang menggunakan kendaraan bermotor. Seseorang yang sudah memenuhi kriteria haruslah memiliki SIM jika ingin menggunakan kendaraan di jalan umum. Namun seperti apa cara membuat SIM itu? Berikut ini langkahnya.

Berkas yang Harus Dipersiapkan:

  • Surat keterangan sehat.
  • Salinan identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan usia minimal 17 tahun.
  • Formulir pembuatan SIM yang sudah diisi.

Proses Pembuatan SIM:

  1. Pertama, pastikan semua berkas sudah lengkap kemudian datang ke loket pendaftaran untuk mendapatkan nomor antrian.
  2. Lakukan registrasi berupa pengisian berkas pendaftaran, mendaftarkan sidik jari, dan foto diri untuk pencetakan kartu SIM!
  3. Ikuti sesi ujian teori keselamatan berkendara! Pemohon akan diuji dengan materi tes berupa teori peraturan dan perundangan lalu lintas, keterampilan mengemudi, etika berkendara di jalan umum, dan teknik mengoperasikan kendaraan. Jika tidak lulus, bisa mengikuti ujian ulang pada sesi ujian 7 hari kemudian.
  4. Jika lolos pada sesi ujian teori, pemohon bisa lanjut mengikuti sesi ujian praktik. Pada tahap ini, pemohon akan dinilai dari kelayakan berkendara dengan secara langsung mengemudi di hadapan petugas. Materi ujian praktik, yakni mengemudi dengan berbagai kondisi dan halang rintang yang harus dilewati dengan mulus.
  5. Jika pemohon tidak lolos pada tahap ini, dapat mengikuti ujian praktik kembali dengan menunggu sesi ujian 14 hari kemudian. Apabila pemohon kembali gagal pada sesi ujian ulang ketiga dan keempat, kemudian tidak mengikuti sesi ujian ulang selama 30 hari berturut-turut, maka berkas pemohon dibatalkan dan harus mendaftar kembali dari awal.
  6. Jika pemohon lolos pada tahapan tes praktik, dapat dilanjutkan untuk proses pembayaran biaya pembuatan SIM dan pencetakan kartu SIM.

7. Cara Membuat Batik Tulis

Batik merupakan pakaian khas nusantara bahkan sudah terdaftar sebagai budaya Indonesia. Nyatanya proses pembuatan batik tidaklah mudah apalagi batik tulis, namun membutuhkan teknik, kesabaran dan ketelitian yang tinggi

Batik sebagai warisan budaya harus dilestarikan salah satunya dengan belajar membuat batik tulis. Caranya adalah sebagai berikut ini.

Alat dan Bahan :

  • Canting (alat tulis lilin yang digunakan untuk menutupi pola dan motif batik)
  • Pensil pola
  • Kain mori putih (kain sutra atau kain katun)
  • Lilin malam (wax)
  • Kompor atau alat pemanas lilin malam
  • Bahan pewarna kain

Langkah-Langkah :

  1. Pertama, siapkan kain yang akan digunakan bisa kain mori atau kain sutra.
  2. Selanjutnya buatlah motif diatas kain menggunakan pensil terlebih dahulu.
  3. Jika motif sudah selesai dibuat, meletakkan kain pada gawangan membatik dengan posisi melebar agar mudah ketika di batik.
  4. Lalu panaskan malam atau lilin dalam wajan dengan api kecil sampai malam atau lilin mencair sempurna. Pastikan menjaga suhu kompor agar stabil dengan menyalakan api yang kecil.
  5. Ambilah perlahan malam yang sudah cair menggunakan canting, tiup sebentar agar tidak terlalu panas lalu torehkan canting mengikuti motif yang sudah dibuat.
  6. Proses ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar malam tidak menetes di permukaan kain karena bisa mempengaruhi hasil motif batiknya.
  7. Setelah semua motif yang tidak ingin diberi warna tertutup oleh lilin, maka siapkan kain untuk proses pencelupan kain pada larutan pewarna.
  8. Proses pewarnaan pertama pada bagian yang tidak tertutup malam. Proses pewarnaan dimulai dengan pencelupan pada warna paling muda lalu dilanjutkan pada warna yang lebih tua dan terakhir warna yang gelap.
  9. Jika semua sudah selesai, maka jemurlah kain sampai kering.
  10. Tunggu sampai kain kering dan setelah itu masuk ke proses pelorodan yaitu lilin yang menempel dikerok dengan pisau alu kain direbus dengan air yang sudah diberi soda abu. Tujuannya untuk menghilangkan lapisan malam sehingga motif bisa terlihat dengan jelas. Untuk batik dengan warna yang kuat maka proses ini dapat diulang beberapa kali sampai warna yang diinginkan muncul.
  11. Setelah kain bersih dari malam, maka lakukanlah proses pembentukan kembali dengan penutupan malam, pewarnaan kedua dan seterusnya. Proses ini dulang sebanyak jumlah warna yang diinginkan.
  12. Tahapan terakhir adalah dengan merendam batik dalam air dingin dan dijemur.
  13. Jika kain sudah kering maka baru bisa digunakan dan dipakai.

Proses ini membutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam membatik. Meskipun sulit namun jika sudah mahir maka lama-lama akan terbiasa dan bisa melestarikan warisan nenek moyang kita.

8. Contoh Teks Prosedur – Cara Membuat Nasi dengan Rice Cooker

Contoh Teks Prosedur

Ada berbagai cara untuk memasak nasi, salah satunya menggunakan rice cooker. Mesin otomatis ini bisa menghasilkan nasi yang pulen dan lezat dengan cara yang mudah. Dari remaja hingga orang dewasa bisa melakukan memasak nasi dengan rice cooker.

Bahan:

  • Beras
  • air

Alat:

  • Rice cooker

Langkah-Langkah:

  1. Pertama, cucilah beras terlebih dahulu sampai semu kotorannya hilang dan airnya berubah menjadi jernih.
  2. Lalu tuangkan beras yang sudah dicuci ke dalam rice cooker dan tambahan air sampai setinggi satu ruas jari dari beras.
  3. Tutup rice cooker dan nyalakan rice cooker, pastikan anda sudah memilih proses pemasakan nasi.
  4. Tunggu sampai selesai dan lampu indikator emmasak mati.
  5. Diamkan ansi selama beberapa menit sebelum dihidangkan.

Penggunaan rice cooker mempermudah anda dalam memasak nasi karena tidak perlu mengawasi setiap proses memasak nasi secara terus menerus. Nasi yang dihasilkan pun lezat, pulen dan penggunaannya yang praktis menjadi nilai tambah tersendiri.

9. Cara Memasak Rendang

Rendang adalah salah satu masakan khas Indonesia yang terbuat dari daging dengan bumbu bahan dasar rempah-rempah. Selain terletak pada resep rendang, kelezatan masakan ini tentunya terletak pada cara pengolahan. Begini caranya:

Bahan :

  • 1 ½ kg daging tanpa lemak, potong 4×4 cm
  • 2 liter santan dari 2 butir kelapa (sebaiknya jangan santan instan)
  • Bumbu penyedap:
  • 2 batang daun serai, memarkan
  • 2 lembar daun kunyit, simpulkan
  • 2 cm asam kandis/gelugur
  • 4 lembar daun jeruk purut

Bumbu halus:

  • 12 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 100 g cabai merah besar
  • 100 g cabai merah keriting
  • 5 butir kemiri
  • 2 cm lengkuas
  • 3 cm kunyit, bakar
  • 2 cm jahe, bakar
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt jintan, sangrai
  • ½ sdm ketumbar
  • ½ sdt pala
  • Penyedap rasa secukupnya

Langkah-Langkah:

  1. Potong daging sapi tipis-tipis sesuai dengan selera Anda.
  2. Haluskan bumbu yang harus dihaluskan tadi.
  3. Masukan santan di wajan setelah itu daun jeruk, daun kunyit, serai, asam, irisan bawang merah.
  4. Masukan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, aduk rata.
  5. Masak santan berbumbu sambil sesekali diaduk selama 20 menit.
  6. Setelah mulai tampak mengeluarkan minyak, Masukkan potongan daging, masak dengan api sedang sampai santan mengering dan tampak berminyak serta daging mulai empuk berarti rendang sudah masak.
  7. Angkat dan sajikan

Ternyata sajian rendang yang lezat tidak membutuhkan proses yang sulit karena bisa dibuat sendiri dari rumah.

10. Contoh Teks ProsedurCara membuat Twibbon Ucapan Lebaran

Contoh Teks Prosedur

Di masa pandemi saat ini, Twibbon bisa menjadi alternatif untuk menyampaikan ucapan lebaran kepada saudara, teman, hingga dijadikan status di media sosial. Bahkan, ada banyak Twibbon yang bisa diakses secara gratis.

Twibbon dilengkapi berbagai fitur elemen seperti foto, tulisan, dan template-template yang bervariasi. Salah satu website Twibbon yang menjadi favorit warganet adalah Twibbonize. Di sini pengguna dapat langsung membuat tanpa harus mendaftar.

Kelebihan lain, pengguna bisa membuat Twibbon lewat ponsel. Jadi, tidak harus repot-repot membuka laptop atau komputer.

Langkah-Langkah:

  1. Buka situs Twibbon. Bisa klik di sini (https://www.twibbonize.com/)
  2. Setelah masuk pada halaman utama, akan nampak “trending hari ini”. Saat lebaran ini arus pengguna Twibbonize cukup padat. Tapi pelayanan tetap berjalan lancar.
  3. Jika ingin mencari template lain, ketik saja kata ‘Idul Fitri’, ‘Eid Mubarak’, ‘Lebaran’ dan semacamnya. Untuk template lebih banyak bisa klik “lihat semua”
  4. Setelah itu klik template yang diinginkan.
  5. Pada bagian bawah desain Twibbon akan muncul tombol ‘pilih foto’. Klik tombol tersebut lalu masukkan foto yang ingin dimasukkan dalam Twibbon. Setelah itu klik OK
  6. Atur foto sesuai ukuran yang diinginkan. Jika sudah klik ‘Crop’
  7. Selanjutnya, klik ‘Download’ untuk mengunduh Twibbon yang sudah dibuat. Secara otomatis Twibbon akan disimpan dalam perangkat pengguna.
  8. Twibbon siap untuk dikirimkan ke teman, kerabat, atau dijadikan story untuk media sosial.

Selamat mencoba!

Itulah 10 contoh teks prosedur yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Masih banyak contoh teks prosedur lainnya dan bisa ditemukan di sekitar anda, misalnya saja contoh teks prosedur membuat mie instan, contoh teks prosedur menyalakan smartphone, contoh teks prosedur membuat minuman bahkan buku resep juga termasuk contoh teks prosedur.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad