Kotaku
Beranda Pendidikan Untuk Guru Contoh Ide Pembelajaran KSE (Kompetensi Sosial dan Emosional) Guru Penggerak

Contoh Ide Pembelajaran KSE (Kompetensi Sosial dan Emosional) Guru Penggerak

Contoh Ide Pembelajaran KSE Kompetensi Sosial dan Emosional Guru Penggerak

Kotaku.id – Yuk simak pembahasan mengenai contoh ide pembelajaran KSE atau Kompetensi Sosial dan Emosional Guru Penggerak dibawah ini.

Perlu diketahui, Kompetensi Sosial Emosional (KSE) ini diartikan sebagai kemampuan individu yang bisa memahami serta mengelola emosi, mengembangkan hubungan secara positif dengan orang lain. Dan mengambil keputusan yang tepat serta bertanggung jawab dalam beragam situasi sosial.

Sekarang ini, ada banyak calon guru penggerak yang berlomba-lomba untuk mencari informasi contoh ide pembelajaran KSE atau Kompetensi Sosial Ekonomi.

Lewat pertanyaan pemantik modul 2.2, calon guru penggerak wajib mempunyai ide pembelajaran Kompetensi Sosial Ekonomi yang nantinya akan diterapkan dalam pembelajaran.

Adapun, pembelajaran sosial dan emosional ini dilaksanakan secara kolaboratif oleh semua komunitas sekolah.

Sama dengan namanya, ada sebanyak lima kompetensi sosial emosional (KSE) yang diterapkan oleh calon guru penggerak yakni sebagai berikut.

  • kesadaran diri
  • manajemen diri
  • kesadaran sosial
  • keterampilan berelasi
  • pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Setiap SKE diketahui mempunyai tujuan masing-masing yang tidak lain dan bukan untuk membuat siswa menjadi semakin aktif dan inovatif. Bahkan mampu berpikir kritis dan mampu menjadi pemimpin.

Dibawah ini adalah contoh ide pembelajaran KSE yang bisa dilaksanakan oleh para calon guru penggerak.

  • Kesadaran diri. Dalam kegiatan inti pembelajaran, peserta didik bisa simak video pembelajaran yang telah disiapkan dan selanjutnya mengidentifikasikan masalah dalam video pembelajaran tersebut.
  • Manajemen diri. Selanjutnya, peserta bisa mengolah informasi yang berkaitan dengan materi yang diajarkan dengan adanya bantuan pertanyaan yang ada di dalam LKPD.
  • Kesadaran sosial. Peserta didik bisa saling memberikan catatan, saran serta tanggapan dari presentasi yang dilakukan oleh kelompok lain.
  • Keterampilan berelasi. Peserta didik akan melakukan diskusi dengan kelompok untuk bisa menentukan sejumlah informasi serta masalah yang akan diidentifikasi nantinya.
  • Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Setiap peserta akan bekerja sama untuk menyajikan hasil kerja diskusi dengan melalui PPT maupun info grafik sesuai kreativitas dari para peserta didik.

Itu dia di atas pembahasan mengenai contoh ide pembelajaran KSE Guru Penggerak yang perlu diketahui. Semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan