Kotaku
Beranda Bisnis 8 Tips Memulai Bisnis Kuliner dengan Layanan Pesan Antar

8 Tips Memulai Bisnis Kuliner dengan Layanan Pesan Antar

8 Tips Memulai Bisnis Kuliner dengan Layanan Pesan Antar

– Bisnis kuliner dengan layanan pesan antar pada saat ini semakin berkembang. Adapun, bisnis kuliner dengan layanan pesan antar berkembang sejak adanya pandemi. Perkembangan ini harusnya disambut baik, karena bisa menjadi salah satu ladang usaha dan menjadi ladang pekerjaan bagi para pencari kerja.

Hal ini karena, bisnis kuliner dengan layanan pesan antar ini cenderung mendapatkan konsumen dari media digital. Maka dari itu, Anda harus menyadari bagaimana cara menciptakan traffic dan pertumbuhan bisnis milik Anda.

Perlu diketahui, bisnis kuliner mempunyai produk utama makanan dan minuman. Pada dasarnya, bisnis ini dijalankan dengan menjajakan makanan dan minuman kepada pelanggan atau pangsa pasar. Berikut ini merupakan beberapa tips yang telah dirangkum dari berbagai sumber untuk para pelaku usaha kuliner agar meningkatkan penjualan bisnisnya.

1. Promo menarik

Tentunya, harga menjadi daya tarik untuk para konsumen yang akan membeli produk milik Anda. Harga bisa mempengaruhi psikologis konsumen.

Untuk bisa semakin menarik perhatian para calon konsumen baru, Anda bisa memberikan penawaran menarik. Contohnya menu paket lengkap. Berikan potongan harga untuk menu paket lengkap ini supaya konsumen merasa bahwa produk milik Anda worth to try.

Dengan begitu, Anda berhasil membuat konsumen merasa cocok dengan menu makanan yang Anda jual. Dan Anda juga mempunyai peluang untuk mendatangkan konsumen itu lagi ke dalam resto Anda.

2. Perhatikan nama resto

Bagi para pelaku bisnis kuliner berskala besar, penggunaan nama merchant atau nama toko tidak menjadi masalah, hal ini karena nama brand sudah banyak dikenal.

Namun, bagi orang yang sedang merintis usaha kuliner, maka Anda harus memilih nama merchant yang relevan dengan produk yang Anda jual.

kebanyakan konsumen akan mencari nama menu dibandingkan dengan nama merchant, maka Anda harus bisa membuat nama merchant-mu mempunyai identitas menu yang dijual.

3. Lokasi usaha

Strategi penentuan lokasi usaha ini diketahui sangat penting dilakukan, terutama bagi pelaku bisnis kuliner dengan layanan pesan antar. Anda harus bisa mengenali karakter dan kondisi yang ada di sekitar lokasi usaha Anda.

Utamanya, konsumen suka dengan layanan pesan antar yang bebas ongkos kirim karena lokasinya dekat dengan mereka. Dalam pelayanan pesanan online, maka Anda harus memastikan bahwa titik lokasi usaha Anda sudah tepat dan tidak membingungkan konsumen.

4. Penawaran menu

Menu makanan yang disajikan diketahui menjadi daya tarik bagi konsumen dalam bisnis kuliner. Anda bisa sajikan menu yang menarik dan mempunyai cita rasa khas serta berkualitas. Anda juga bisa mencari tahu menu makanan seperti apa yang banyak dicari oleh para konsumen.

Biasanya dengan menu-menu menarik yang menjual berbagai macam makanan mampu mendorong penjualan bisnis kuliner Anda.

5. Daftarkan diri pada dark kitchen

Dark kitchen ini berarti sebuah ruang yang fokusnya adalah untuk melayani pesanan delivery dan tidak mempunyai area dine in atau area makan di tempat.

Karena pada saat ini semakin banyak bisnis restoran yang bertransisi ke bisnis delivery atau layanan pesan antar. Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk meningkatkan produksi di dapur.

Keuntungan dari menjalankan model bisnis ini yaitu Anda tidak perlu memperhatikan konsumen yang makan di tempat. Anda bisa memilih lokasi bisnis yang sedikit jauh dari kota. Dan Anda bisa menyewa ruang kecil yang mencukupi kebutuhan dapur milik Anda di daerah pemukiman yang tetap memberikan akses ke pelanggan baru dan pelanggan tetap.

6. Foto produk

Berdasarkan pada sistem penjualan yang dilakukan secara online, sangat penting bagi Anda untuk dapat merepresentasikan menu yang tersedia dengan foto yang mampu menggugah selera.

Hal ini merupakan peluang besar untuk mencuri perhatian konsumen dengan deretan gambar dari setiap menu yang ada.

Penggunaan gambar asli juga menjadi suatu hal yang penting, karena konsumen perlu untuk mengetahui seperti apa menu yang Anda sediakan sebelum mereka membelinya.

7. Kemasan delivery

Memberikan kemasan yang menyesuaikan dengan tema ataupun konsep bisnis Anda adalah suatu bentuk strategi pelayanan.

Anda menunjukkan kepada konsumen bahwa produk yang mereka pesan bukan merupakan produk biasa. Akan tetapi produk yang memperhatikan jaminan kebersihan dan keamanan makanan saat pengiriman.

Ada beberapa rekomendasi kemasan delivery yang dapat Anda pilih, misalnya paper lunch box, paper bowl, ataupun food pail yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan restoran Anda.

8. Maksimalkan harga berdasarkan lokasi

Dengan adanya optimalisasi harga berdasarkan pada lokasi penjualan merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa meningkatkan keuntungan.

Penggunaan inovasi teknologi dan database nantinya dapat membantu Anda untuk bisa menganalisis penawaran dari kompetitor. Setelahnya, Anda bisa meningkatkan harga sesuai logika permintaan dan penawaran.

Kesimpulan

Jangan heran jika sekarang ini banyak pemilik usaha kuliner yang memanfaatkan layanan pesan antar. Hal ini karena pangsa pasar sudah meluas dan memudahkan orang banyak untuk mendapatkan makanan yang diinginkan.

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait tips bisnis kuliner dengan layanan pesan antar. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disajikan di atas bisa bermanfaat bagi Anda para pelaku usaha pemula.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan