Tips Promosi yang Bikin Produk Milikmu Dilirik Konsumen
Daftar isi:
Tips Promosi Produk – Saat ini, promosi merupakan langkah wajib yang dilakukan dalam mengenalkan produk. Dengan melakukan promosi yang tepat, akan lebih mudah untuk mendatangkan konsumen untuk melirik dan membeli produk.
Dijaman yang serba teknologi, promosi juga mengikuti perkembangan tersebut. Sekarang, banyak media promosi dilakukan lewat online yang bisa menyortir pemirsa dengan jangkauan yang diinginkan.
Meski terlihat mudah, banyak orang yang belum tahu cara jitu melakukan promosi. Pada kesempatan ini, Kami akan membahas bagaimana tips mempromosikan suatu produk yang baik dan benar. Namun sebelum itu, Alangkah lebih baik mengetahui definisi promosi.
Apa itu Promosi
Dikutip dari KBBI, promosi merupakan langkah pengenalan dalam memajukan usaha. Promosi berasal dari bahasa Inggris yaitu kata promote yang artinya mengembangkan. Di dalam bisnis, untuk pengenalan dalam memajukan usaha tentu dilakukan dengan mengenalkan produk yang dipasarkan.
Kegiatan promosi tidak hanya pengenalan produk saja, tapi bagaimana cara agar konsumen tertarik dengan produk dan membelinya. Sebelum melakukan promosi, biasanya pelaku usaha akan melakukan riset keadaan pasar sehingga dapat dilakukan penekanan biaya operasi promosi nantinya.
Manajemen promosi umumnya dilakukan oleh bagian pemasaran. Dalam melakukan tugasnya, bagian pemasaran atau marketing diharapkan mampu mendengarkan kebutuhan pelanggan dengan baik. Selain itu, bagian marketing ditugaskan untuk membangun pesona perusahaan melalui pemantauan persaingan pasar.
Adapun tujuan dilakukan kegiatan promosi adalah sebagai berikut:
- Untuk menyebarluaskan informasi tentang perusahaan dan produk yang dipasarkan.
- Meningkatkan angka penjualan melalui peningkatan penjualan produk.
- Melakukan proses branding berupa membangun citra produk melalui penerapan visi & misi.
- Mempengaruhi dan menarik konsumen untuk membeli produk melalui argumen dan deskripsi yang mumpuni.
Setelah memahami apa itu promosi, lalu dari kamu ada yang bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan penjualan dari promosi. Kegiatan promosi harus direncanakan dengan strategi agar hasilnya powerfull.
Tips Promosi Produk
1. Manfaatkan Platform Media Sosial untuk Membangun Audiens
Seperti yang dijelaskan di awal artikel, pemanfaatan teknologi informasi jangan dilewatkan dalam melakukan berbagai kegiatan pemasaran termasuk promosi.
Saat ini, banyak platform media sosial yang menyediakan jasa promosi untuk meningkatkan trafik penjualan. Bahkan, promosi lewat media sosial, kamu bisa memilih klasifikasi audiens yang ingin kamu targetkan.
Umumnya, promosi lewat media sosial dilakukan melalui layanan media sosial sebagai berikut:
Facebook Ads
Facebook ads merupakan layanan iklan berbayar yang disediakan Facebook yang banyak digunakan oleh pebisnis untuk kegiatan promosi produk. Bagaimana tidak, Facebook merupakan perusahaan raksasa dengan banyak pengguna didalamnya.
Fitur di Facebook ads sangat memanjakan pengguna. Pengguna dapat meninjau pemirsa atau audiens melalui pemilihan gender, rentang usia, lokasi, dan radius wilayah. Selain itu pengguna dapat memilih durasi iklan yang tentunya dapat disesuaikan dengan budget.
Instagram Ads
Tidak jauh berbeda dengan Facebook ads, Instagram ads memiliki fitur untuk memilih target audiens. Namun yang perlu ketahui, Instagram ads dapat mendapat jangkauan organik yang lebih tinggi.
Pada dasarnya, dalam memilih platform untuk melakukan advertising, kamu perlu jeli melihat audiens yang menggunakan platform media sosial tersebut.
Nyatanya, orang yang memiliki Facebook belum tentu memiliki Instagram, begitu pula sebaliknya. Sehingga melakukan promosi produk target audiens tepat sasaran dan membeli produk yang ditawarkan.
Selain menentukan platform, perlu pembangunan konten postingan yang menarik. Perpaduan gambar yang baik dengan copywriting yang menarik tentu akan menambah daya tarik audiens.
2. Memberikan Penawaran dan Event yang Menarik Perhatian Konsumen
Saat melakukan promosi, banyak jenis penawaran dan event yang bisa dijadikan metode untuk membuat mereka tertarik dengan produkmu.
Sebagai contoh kamu bisa mengadakan promosi event seperti beli satu gratis satu, program cash back, giveaway yang membuat calon pembeli akan melirik produk. Dapat dibilang, promosi ini sangat efektif jika melihat dari kacamata konsumen yang tertarik dengan promosi tersebut.
Selain itu bisa melakukan penawaran dalam bentuk diskon dan flash sale yang membuat pembeli berbondong-bondong membeli produkmu. Mengapa tidak, konsumen akan tergiur dengan harga yang lebih murah dari biasanya.
Dalam mengadakan promosi berbentuk event atau penawaran spesial ini dapat dilakukan di waktu tertentu saja. Biasanya memilih waktu pekerja gajian dan melakukan aktivitas belanja. Kegiatan event dan penawaran ini jika dilihat secara kasar memang menurunkan pendapatan per penjualan produk, namun akan meraup keuntungan berupa produk yang terjual lebih banyak dan mengenalkan perusahaan.
3. Menerapkan Program Loyalitas Pelanggan
Program loyalitas pelanggan bisa diterapkan agar pelanggan setia membeli produk dari waktu ke waktu. Kamu bisa memberikan kartu member dan memberikan potongan harga bagi pelanggan yang sudah melakukan transaksi dalam jumlah tertentu.
Tujuan dari program ini yaitu memastikan pelanggan akan terus datang dan membeli produk dalam memenuhi pencapaian jumlah target transaksi. Selain itu, pelanggan akan merasa dihargai dan hati pelanggan akan tertuju pada produk dan bisnismu.
Demikian penjelasan mengenai tips promosi produk. Perlu diingat, setiap bisnis memiliki target audiens yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat!