Kotaku
Home Pendidikan Tips Atasi Overthinking, Dijamin Manjur

Tips Atasi Overthinking, Dijamin Manjur

brain gbb045192a 640

Jangan Khawatir berikut tips atasi overthinking ala kotaku.id. Akibat terlalu banyak berpikir dan menyalahkan segala hal yang mungkin saja akan terjadi. Jika dibiarkan maka akan merasa gelisah karena terbebani, lebih buruknya kamu bisa saja sakit karena kondisi tubuh juga terpengaruh oleh faktor psikologis.

Buat kamu yang merasa “ini tidak dapat dibiarkan, aku harus mengatasi rasa berpikir berlebihan ini”, sebetulnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari dan mengatasi overthinking ini. Jika kamu tidak dapat membenahi dirimu, maka alangkah lebih baiknya konsultasi dengan pihak yang lebih ahli dalam bidang tersebut seperti ke psikolog.

Apakah kamu termasuk orang yang overthinking? Memang tidak ada definisi secara pasti tentang hal ini, tapi kamu bisa mengenalimu bagaimana sifat dan sikap orang yang overthinking

Overthinking itu adalah?

Sesuai dengan namanya, overthinking mengartikan kepada proses pemikiran tentang hal yang sama atau serupa berulang kali. Sederhananya perasaan overthinking merupakan sebuah kebiasaan orang mikirin sesuatu secara terus menerus (looping) dan semakin menumpuk yang mengakibatkan perasaan cemas hingga stres.

Lalu apakah overthinking itu berbeda dengan rasa khawatir biasa? Pikiran seseorang biasanya terpengaruh oleh lingkungan sekitar. Tapi secara tidak sadar, pikiran juga dipengaruhi oleh sifat dalam mengambil keputusan. Terkadang, disini rasa khawatir muncul yang memungkin mereka mengambil keputusan dengan beberapa opsi yang bisa dipilih.

Semisal terbendung rasa khawatir, apakah kamu bisa mengerjakan suatu project? Apakah jika dikerjakan dengan kemampuan saat ini bisa berjalan mulus. Dari sini kamu bisa menemukan solusi dengan tidak memikirkan hal tersebut, namun mendorong untuk mengatasi masalah tersebut. Maka dari situ terdapat aksi yang menyelesaikan suatu masalah rasa khawatir.

Berbeda dengan overthinking, pikiranmu akan terus mengumpulkan skenario terburuk yang kenyataanya belum tentu akan terjadi.

Jika kamu beranggapan overthinking itu sebagai gangguan, maka itu tidak sepenuhnya benar. Overthinking itu merupakan perilaku yang membuatmu terus kepikiran hal tersebut yang kemudian menjadi kebiasaan buruk.

Daripada terus memikirkan hal sepele yang membebani, lebih baik kamu memahami faktor penyebab overthinking.

Penyebab Overthinking

Ada beberapa penyebab kamu merasa overthinking terus, salah satunya yaitu meragukan diri sendiri. Ini seringkali terjadi ketika kamu tidak yakin apakah yang dilakukan dirimu sudah tepat, atau malah kacau. Overthinking juga disebabkan oleh tingkat stres.

Pada dasarnya, memang rasa stres tidak dapat dihindari dan muncul di saat yang gak tepat. Rasa stres bisa timbul akibat aktivitas seperti pekerjaan yang padat tiap harinya. Namun kenyataanya manusia bukan mesin yang bisa terus bekerja.

Sebaliknya tidak memiliki pekerjaan juga dapat menimbulkan rasa stress juga. Jadi sesuatu yang luar kemampuan dan keinginan yang sering menjadi faktor penyebab stres.

Faktor penyebab overthinking yang lainnya yaitu kecemasan yang tinggi. Orang yang cemas biasanya pikirannya tak karuan kemana arahnya. Apalagi jika masalah tersebut baru pertama kali terjadi, bisa jadi tingkat kecemasan memicu terganggunya faktor kejiwaan yang berdampak kepada kesehatan.

Setelah mengetahui penyebab overthinking, lalu gimana cara mengatasinya? Apakah caranya rumit yang membuatmu semakin gak karuan? Tenang, simak pembahasan sebagai berikut ya!

Tips Atasi Overthinking

Ketahui bahwa setiap masalah pasti ada solusinya. Begitu pula dengan overthinking, kamu bisa mengatasi dengan mempertimbangkan hal berikut.

Sadari gimana caramu berfikir

Tidak perlu berpikir jauh-jauh keluar, overthinking merupakan masalah dari dirimu sendiri. Jadi hal pertama yang perlu kamu ketahui yaitu memahami caramu berpikir.

Apakah pikiranmu muncul karena perasaan gugup, khawatir atau sedih? Lalu kenali bagaimana emosi utama yang menyebabkan suatu pemikiran terjadi. Sederhananya, gimana cara menanggapi pikiran dengan kesadaran diri. Ingat, pola pikir dapat diubah. Kamu dapat mengubah pola pikir yang overthinking melalui kesadaran diri dengan mengetahui cara berpikirmu.

Berusaha mengenali masalah

Masalah memang sering muncul dalam kehidupan. Wajar hal itu terjadi karena kita memang dilibatkan untuk terus berkembang setiap waktunya. Masalah belum tentu mengakibatkan kita terjerumus ke arah yang buruk, namun suatu masalah bisa saja menyebabkan kita sadar terhadap bagaimana diri kita sendiri.

Ingat bahwa manusia memiliki logika, kamu harus siap setiap saat menghadapi suatu percobaan entah itu masalah atau lainnya. Pada fase ini, kamu perlu orang lain yang menjadi mentor untuk membantu kita solve the problem, mungkin bisa meminta masukan atau juga saran. Untuk selanjutnya kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengelola jawaban tersebut.

Cari kegiatan positif

Setiap orang mempunyai kegiatan yang disukai. Termasuk juga kamu, coba cari tahu ketika kamu menjalankan aktivitas tersebut. Bisa jadi dapat menghilangkan rasa cemas yang menyelimuti pikirannu.

Healing salah satunya! Dengan melakukan kegiatan yang berdampak kepada pikiran semakin segar dan membaik, tentu tidak ada salahnya jika healing dapat mengatasi masalah overthinking.

Temukan Angel berbeda

Overthinking disebabkan karena rasa cemas. Coba tenangkan pikiran dan keluar dari perspektif dengan mengubah sudut pandangmu memahami suatu hal, termasuk juga masalah.

Ada banyak sekali faktor yang mengakibatkan terbentuknya pandangan seseorang. Pandangan bisa terbentuk bisa dari pengalaman, lingkungan, aturan dan sebagainya.

Jika kamu beranggapan jika kamu akan mencoba sesuatu maka akan gagal, bagaimana jika merubah pandanganmu bahwa itu akan berhasil.

Keluarkan rasa overthinking! Semoga bermanfaat.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad