Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan Beserta Contohnya
Daftar isi:
KotakuID – Apakah Anda saat ini sedang mencoba untuk membuat iklan lowongan pekerjaan, namun masih bingung harus mulai dari mana? Simak cara membuat iklan lowongan pekerjaan dan contohnya di sini!
Dalam membuat sebuah iklan lowongan pekerjaan untuk di pajang di koran, brosur, atau media sosial adalah tugas yang sulit. Tidak semua orang bisa mengerti ilmu marketing atau mempunyai wawasan luas mengenai dunia periklanan. Iklan loker yang dibuat juga harus memenuhi standar agar banyak peminat yang tertarik untuk mendaftarkan diri. Lantas, seperti apa contoh iklan lowongan pekerjaan yang baik?
Apa saja yang wajib ada pada iklan dan bagaimana cara menyusunnya? Jika Anda mempunyai pertanyaan yang sama, jangan ke mana-mana dan simak penjelasannya di ulasan di bawah ini! Sebelum mengetahui ke contoh iklan lowongan pekerjaan, Anda wajib tahu cara membuatnya. Berikut ini adalah poin-poin yang wajib Anda pelajari.
Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan
Pada dasarnya tidak ada aturan baku dalam membuat lowongan pekerjaan. Namun, ada beberapa hal yang wajib di perhatikan agar lowongan pekerjaan tersebut bisa menarik minat para pembacanya. Berikut ini adalah beberapa tips dalam membuat lowongan kerja yang singkat dan ringkas.
1. Membuat Desain Iklan Yang Menarik
Anda bisa gunakan desain tampilan iklan yang menarik. Selain itu, tambahkan juga identitas perusahaan, deskripsi yang menarik serta benefit yang didapatkan oleh para kandidat jika mereka berhasil bergabung di dalam perusahaan tersebut.
2. Sebutkan Posisi dan Kualifikasi yang Dibutuhkan dengan Jelas
Sebutkan posisi yang di perlukan dengan jelas dan rinci, misalnya saja posisi admin, customer service, atau sales promotion. Anda juga bisa sebutkan kualifikasi pelamar yang harus dipenuhi seperti diantaranya lulusan pendidikan, usia, keahlian, sifat dan lain sebagainya.
3. Sertakan Alamat Pengiriman Lamaran dan Deadline Penerimaan
Sertakan alamat dalam bentuk fisik atau bisa alamat pengiriman dalam bentuk digital, seperti misalnya alamat email. Jangan lupa juga untuk menyertakan tanggal terakhir penyerahan berkas agar pelamar tidak salah dalam menerima informasi.
Struktur Penting Saat Membuat Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan
Berikut adalah beberapa informasi terkait dalam lowongan pekerjaan secara umum.
1. Informasi Perusahaan
Mencantumkan seluruh informasi tentang perusahaan terkait, bahkan secara lengkap. Mulai dari nama perusahaan, perusahaan yang bergerak di bidang apa, serta harus ada letak dan lokasi perusahaan. Atau bahkan ada beberapa mengenai foto detail dan real mengenai perusahaan.
2. Posisi Pekerjaan Dan Spesifikasi Yang Dibutuhkan
Kemudian juga sebaiknya mencakup seluruh spesifikasi dan secara detail tentang kebutuhan perusahaan kepada karyawan. Baik dari syarat, lalu ada detail karyawan, pendidikan, umur, tinggi badan dan bisa saja keadaan secara fisik yang harus di jelaskan dengan rinci. Hal ini dilakukan agar bisa lebih tersaring seluruh pendaftar yang akan masuk ke dalam perusahaan Anda.
3. Deskripsi Pekerjaan
Anda juga harus menelaskan pekerjaan pada karyawan dan detail yang di perlukan. Jelaskan dengan lebih rinci. Hal ini akan bermanfaat untuk menyaring semua pendaftar dan hanya yang akan memadai dan mempunyai kompetensi keahlian yang Anda perlukan. Kemudian, dibuktikan juga dengan sertifikasi dan dokumen terkait yang nantinya bisa di gunakan sebagai penguat kompetensi dan keahlian dari para calon karyawan terkait.
4. Benefit Karyawan
Benefit dan keuntungan karyawan dapat langsung Anda jelaskan. Mulai dari jaminan kesehatan, jaminan sosial, jaminan tempat tinggal, makan dan berbagai kebutuhan lain. Dan hal ini memang kebijakan dari setiap industri akan berbeda sesuai dengan regulasi dari industrinya masing-masing. Jelaskan juga seluruh keuntungan dan gaji dengan lebih ringkas. Hal ini dilakukan agar nantinya bisa semakin menarik minat karyawan. Misalnya saja dengan bonus bulanan, tempat tinggal yang di sediakan atau berbagai kebutuhan lainnya.
Contoh Format Iklan Loker
Iklan Lowongan Kerja
Kami Perusahaan PT. Sinar Jaya Raya unit Jakarta, menerima lowongan kerja sebagai Staff Admin dan Cleaning Service. (pria/wanita)
Persyaratan
1. Surat Lamaran Kerja
2. Foto Copy Ijazah Terakhir (minimal SD)
3. Photo Warna 3×4 5 lembar
4. Daftar Riwayat Hidup
5. Foto Copy KTP & KK
6. Surat Keterangan Berkelakuan Baik yang Masih Berlaku
Benefit
1. Gaji ke-13,
2. Upah THR,
3. Makan siang,
4. Asuransi, dan masih banyak lagi.
Surat lamaran bisa di antar langsung ke kantor kami, paling lambat tanggal 21 Agustus 2023.
Alamat. Jalan Buah Apel No. 12 C, Jakarta – Jawa Barat (022-1939301).
Tips agar Terhindar dari Lowongan Pekerjaan Palsu
Tidak hanya bisa menjadi referensi bagi pihak perusahaan, contoh lowongan pekerjaan juga dapat dimanfaatkan oleh para pencari kerja. Dengan hanya melihat contoh iklan lowongan pekerjaan yang benar, para jobseeker bisa terhindar dari lowongan kerja palsu atau fiktif.
Sebagaimana Anda ketahui bersama, mencari informasi lowongan pekerjaan di era yang serba digital ini semakin mudah. Kehadiran internet juga memungkinkan siapa pun menjelajah serta melakukan pencarian lowongan kerja dengan cepat dan efektif.
Namun, seperti pisau bermata dua, kemudahan ini juga banyak di manfaatkan oknum jahat untuk melakukan penipuan yang berkedok membuka lowongan pekerjaan. Untuk terhindar dari lowongan kerja palsu, berikut ini adalah beberapa tips agar terhindar dari lowongan pekerjaan palsu.
1. Perhatikan informasi perusahaan
Langkah yang harus Anda lakukan yaitu memastikan alamat dan nomor telepon perusahaan tersebut. Jika ternyata perusahaan yang bersangkutan mempunyai alamat berbeda dengan informasi asli yang di cantumkan, maka iklan lowongan tersebut harus dicurigai.
Selain itu, jika situs lowongan pekerjaan yang Anda buka menyajikan fitur Google Map, bisa langsung buka dan melihat lokasi perusahaan tersebut.
2. Perhatikan alamat email perusahaan
Saat akan menerima panggilan interview, pastikan alamat email perusahaan tidak memakai email web based seperti Gmail. Hal ini karena, saat perusahaan memberikan informasi panggilan interview, mereka nantinya akan langsung mengirim email dari alamat email resmi perusahaannya.
3. Cek ketika mendapatkan SMS panggilan interview
Beberapa perusahaan memang memakai fitur SMS untuk memanggil interview. Pastikan Anda melakukan konfirmasi jika mendapatkan SMS panggilan interview yang benar dan datangnya dari situs lowongan kerja yang berkualitas dan ternama.
4. Hindari permintaan uang
Hindari perusahaan yang meminta dana saat Anda di panggil untuk melakukan interview. Beberapa perusahaan gadungan ini nantinya akan memanfaatkan Anda untuk mengeluarkan dana seperti alasan dana transportasi, dana registrasi, dan masih banyak yang lainnya lagi yang bersifat merugikan. Pastikan jika tidak ada perusahaan manapun yang melibatkan dana saat Anda melamar pekerjaan.
5. Cari situs lowongan kerja yang terpercaya
Anda bisa coba mencari situs lowongan pekerjaan dengan cara menyediakan informasi lowongan kerja yang memiliki kredibilitas tinggi dan nama yang populer.
Hindari situs lowongan kerja yang banyak menyediakan iklan dengan memakai informasi yang kurang jelas dan mencantumkan beberapa informasi palsu.
Kesimpulan
Sebagai seorang HRD, dalam mencari dan mendapatkan kandidat yang tepat untuk suatu perusahaan ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Perlu strategi dalam melakukan hal tersebut, salah satunya yakni dengan membuat iklan lowongan pekerjaan. Dengan adanya cara membuat iklan lowongan kerja dan contohnya seperti di atas, Anda bisa menarik minat para kandidat potensial untuk melamar.
Demikian ulasan mengenai cara membuat iklan lowongan pekerjaan semoga ulasan di atas bisa membantu Anda ya.