Mengenal Strategi Organic Marketing – Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Table of content:
Strategi Organic Marketing – Bisnis apapun itu pastilah membutuhkan strategi marketing yang baik dan tepat, karena market adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis. Dari sekian banyak strategi marketing yang ada, ada satu strategi bernama organic marketing yang digadang-gadang efektif digunakan.
Dalam artikel ini mari kita bahas bersama apa itu organic marketing untuk meningkatkan loyalitas konsumen pada produk milik kita.
Mengenal Organic Marketing
Dikenal sebagai strategi pemasaran alami yang mengarahkan trafik situs efektif namun dengan modal yang sangatlah minim. Strategi marketing alami ini dijamin tidak akan menghabiskan keuangan perusahaan terlalu banyak untuk iklan.
Karena marketing alami dinilai memiliki banyak kelebihan dengan tujuan membangun hubungan emosional antara perusahaan dengan target audience. Sehingga banyak perusahaan yang memilih menggunakannya.
Strategi Organic Marketing
Nah, seperti apa marketing alami yang bisa dijalankan? Langsung saja berikut ini beberapa strategi marketing alami yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan banyak audience:
1. Kenali Target Audiens Anda
Pertama, langka yang sangat penting dalam pemasaran organik adalah memahami siapa target audiens Anda (konsumen). Dengan mengenali target audience anda bisa memikirkan bagaimana cara mendekati mereka atau seperti apa iklan yang bisa menarik perhatian mereka.
Anda bisa melakukan identifikasi siapa kira-kira yang akan tertarik dengan produk atau layanan Anda. Selanjutnya buatlah strategi pemasaran yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.
2. Gunakan Konten Berkualitas
Membuat Konten berkualitas merupakan kunci dalam pemasaran organik. Anda bisa membuat konten yang informatif, relevan, dan menarik bagi konsumen.
Berikut ini berbagai format konten yang bisa digunakan seperti artikel blog, video, infografis, atau posting media sosial untuk menarik perhatian dan menjaga keterlibatan para konsumen. Masalah biaya, mungkin di awal akan sedikit besar, namun konten-konten ini evergreen atau awet sepanjang masa, jadi akan menghemat anggaran perusahaan.
3. Optimalisasi SEO
Bagi anda yang menggunakan situs website, keterlibatan SEO (Search Engine Optimization) menjadi strategi penting dalam pemasaran organik. Penggunaan SEO yang tepat bisa mengoptimalkan konten anda agar bisa ditemukan di mesin pencarian dengan cepat.
Bagaimana cara membuatnya? Dengan memilih kata kunci yang pas, menggunakan kata efektif, memasukan tag dan URL yang tepat. Ini akan membantu situs Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian dan meningkatkan visibilitasnya.
4. Memanfaatkan Media Sosial
Siapa yang saat ini tidak memiliki media sosial? Dari usia anak-anak sampai orang tua sudah melek teknologi bermain emas sosial. Jadi benar rasanya, jika media sosial merupakan platform yang sangat efektif untuk melakukan promosi produk secara organic.
Banyak sekali pilihan media sosial yang bisa digunakan mulai dari facebook, instagram dan TikTok. Anda bisa memaksimalkan promosi dengan membuat akun di semua media sosial popular.
Jangan lupa buat profil bisnis yang menarik di platform tersebut. Buatlah agenda rutin untuk membagikan konten yang menarik perhatian konsumen secara teratur, ikuti tren terkini, dan aktif berinteraksi dengan mereka.
5. Berikan Nilai Tambah
Berikan nilai tambah terhadap konten yang anda bagikan kepada konsumen. Jadi bukan hanya konten iklan promosi saja yang anda posting, namun konten-konten yang masih relate dengan produk.
Misalnya saja berbagai informasi berguna, berikan tips atau panduan, dan jawab pertanyaan mereka dengan penuh perhatian. Dengan memberikan nilai tambah ini konsumen akan lebih loyal mengikuti akun social media anda karena banyak konten bermanfaat di dalamnya, meskipun belum menggunakan produk anda.
6. Jangan Lupa Buat Konten Yang Mobile Friendly
Kini semua akses informasi didapatkan lewat smartphone, sehingga pemilik perusahaan harus memikirkan bagaimana informasi produk bisa sampai ke konsumen lewat smartphone. Salah satunya adalah membuat konten namun konten yang mobile friendly.
Ada beberapa aspek yang bisa diterapkan untuk membuat konten yang mobile friendly yaitu konten yang responsive dan interaktif, kecepatan memuatnya cepat, memiliki tombol lebih besar, gambar tidak terlalu besar. Jika memiliki kemampuan cek out di konten maka bisa menjadi nilai plus.
7. Membuat Blog
Selain konten yang berhubungan dengan media social, rasa-rasanya blogger juga bisa dijadikan salah satu media untuk melakukan organic marketing. Anda bisa menuliskan tentang kelebihan produk dalam konten tersebut dan tips-tips terkait. Misalnya produk kecantikan bisa menuliskan tips menjaga kelembaban wajah, tips mengatasi jerawat dan lain sebagainya.
8. Manfaatkan Influencer
Saat ini semakin banyak influencer yang bisa diajak bekerjasama dengan mempromosikan produk anda, harganya pun bervariasi, terdapat banyak influencer dengan harga endorse yang terjangkau.
Anda bisa mengajak kerjasama para influencer yang relevan dengan produk Anda agar membantu memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran merek. Cari influencer yang memiliki audiens yang sesuai dengan konsumen Anda, dan bekerja sama dengan mereka untuk mempromosikan produk atau layanan Anda melalui konten yang mereka hasilkan.
9. Mulai Program Afiliasi
Program afiliasi dinilai memiliki poin tambahan untuk meningkatkan penjualan produk tanpa tambahan biaya iklan. Seperti apa pemasaran afiliasi ini? setiap orang yang join program afiliasi harus menjual beberapa produk untuk mendapatan bonus. Program ini sudah banyak diadopsi oleh produk-produk terkenal.
Sayangnya, perusahaan tidak akan tahu berapa banyak penjualan yang bisa didapatkan oleh affiliate. Namun anda bisa membuat target untuk mereka, sehingga kemungkinan mereka menjual dibawah target lebih kecil.
Dengan menerapkan program afiliasi, bisa membuat penjualan lebih besar karena banyak penjualan berasal dari affiliate. Hal ini dikarenakan affiliate sudah mengenal pasar, tahu produk yang di lingkungannya laris atau tidak.
10. Pantau Dan Analisis Hasil
Jika semua strategi sudah dilakukan maka anda tinggal memantau dan menganalisis hasil. Langkah ini sangatlah penting, sehingga harus dilakukan secara teratur dan terstruktur.
Gunakan alat analitik untuk melacak lalu lintas situs web, keterlibatan konten, dan konversi. Analisis ini akan memberikan wawasan berharga tentang apa yang berfungsi dan apa yang perlu ditingkatkan dalam strategi pemasaran Anda.
Penutup
Itulah informasi tentang strategi marketing organic yang bisa dilakukan. Namun perlu diingat bahwa pemasaran secara organic membutuhkan waktu yang lumayan lama dibandingkan dengan iklan berbagai, selain itu tentunya membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Anda bisa terus menguji dan mengoptimalkan strategi sesuai dengan respons konsumen dan tren pasar yang terbaru. Dengan konsistensi dan fokus, Anda dapat membangun kehadiran online yang kuat dan menghasilkan hasil yang baik dalam pemasaran organik.