Kotaku
Home Ilmu Jualan Online Contoh Teks Iklan Yang Menarik Perhatian, Wajib Di Pahami

Contoh Teks Iklan Yang Menarik Perhatian, Wajib Di Pahami

KOTAKU.ID – Sebelum membuat contoh teks iklan yang menarik perhatian anda perlu membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu sehingga iklan yang dibuat bisa diterima dan berdampak bagi pengiklan.

Berikut ini ada beberapa contoh teks iklan yang menarik dan bisa menjadi referensi untuk membuat iklan yang bagus. Namun sebelum membahasnya lebih lanjut mari kenali struktur dalam iklan terlebih dahulu.

Struktur Teks Iklan

Teks iklan juga memiliki struktur di dalamnya yang membuatnya menjadi suatu kerangka yang utuh. Struktur teks iklan sendiri terdiri dari:

  • Judul : berisikan garis besar dari iklan yang dibuat biasanya berada di bagian awal teks dan fungsinya memperkenalkan barang atau jasa yang ditawarkan.
  • Isi : selanjutnya adalah bagian isi iklan yang mengandung konten utama dari iklan yang dibuat. Biasanya berisikan anjuran maupun deskripsi sebuah produk.
  • Penutup : terakhir adalah bagian penutup yang berisikan keterangan lebih lanjut dari produk atau kampanye. Bisa berupa alamat media sosial, alamat toko dan lainnya.

Bahasa Dalam Teks Iklan

Setiap contoh  teks iklan ternyata memiliki bahasa yang digunakan masing-masing. Seperti apa bahasa tersebut? Berikut ini ciri-cirinya:

1. Terdapat Kalimat Slogan

Bahasa yang digunakan dalam sebuah teks iklan memiliki kalimat slogan di dalamnya. Tujuannya agar iklan lebih menarik audience dan mudah diingat. Biasanya slogan terdiri dari empat sampai lima kata sederhana yang mudah diingat namun memiliki daya Tarik tersendiri.

Slogan akan menjadi ciri khas dari barang atau jasa yang ditawarkan. Ketika seseorang mendengar slogan tersebut maka orang dapat mengetahui secara langsung produk apa yang ditawarkan.

2. Bersifat Persuasif

Selanjutnya bahasa dari teks iklan menggunakan kalimat persuasif. Kalimat yang digunakan bertujuan untuk meyakinkan, membujuk dan mempengaruhi audience sehingga melakukan apa yang penulis instruksikan. Kalimat teks iklan bersifat mempengaruhi sehingga audience yakin dengan produk yang ditawarkan.

3. Memakai Tampilan Non Verbal

Agar lebih menarik, contoh teks iklan seharusnya disertai dengan gambar dari produk yang bersangkutan. Jika gambar produk tersebut unik dan mudah diingat maka akan menguntungkan si pengiklan.

Pilihlah media non verbal seperti grafik, diagram, karikatur dan animasi lainnya untuk mempermudah pembaca mengingat produk.

Cara Membuat Iklan Yang Menarik

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat iklan sehingga menghasilkan iklan yang menarik perhatian. Apa saja tipsnya? Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Singkat, Padat, Jelas

Penting untuk diperhatikan, bahwa dalam suatu penelitian menyimpulkan “seseorang hanya tertarik pada sesuatu dalam 8 detik pertama, selanjutnya orang tersebut akan berpindah atau mengabaikan hal yang dilihatnya”. Fakta ini haruslah menjadi pertimbangan dalam membuat contoh teks iklan.

Pastikan anda membuat iklan yang memiliki karakter singkat, padat dan jelas. Sehingga audiencenya bisa langsung mendapatkan informasi yang ada dan tertarik dengan produk dalam detik-detik pertama. Pastinya ini menjadi tantangan tersendiri.

2. Mampu Membangkitkan Perasaan

Pembuat iklan harus bisa mengetahui bagaimana caranya membangkitkan perasaan audience lewat teks iklan yang dibuatnya. Caranya tentu dengan meningkatkan emosi dari audience dengan iklan yang dibuat.

Salah satu emosi yang ampuh meningkatkan penjualan yaitu rasa penasaran. Dengan adanya rasa penasaran, mereka akan lebih tertarik untuk mencari informasi tentang produk, bahkan membelinya. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan emosi lain untuk meningkatkan penjualan seperti percaya diri, bahagia, rindu dan lainnya.

3. Unik

Dalam sehari setiap orang bisa melihat banyak sekali iklan yang ada di media massa. PR terberat pembuat iklan adalah membuat contoh teks iklan yang unik dan berbeda dari iklan lainnya. Tidak lupa teks tersebut haruslah berhasil menarik perhatian dan mudah diingat.

Anda bisa mencantumkan fitur atau aspek menarik yang dimiliki oleh produk, ke dalam teks iklan. Tujuannya, agar audience tertarik untuk mengetahui produk lebih lanjut.

Selain itu, kamu bisa membuat slogan yang keren, lucu, dan catchy supaya mendapatkan kesan tersendiri di benak para audience.

4. Informatif

Terakhir, dalam pembuatan teks iklan haruslah bersifat informatif dan bermakna bagi audiencenya. Anda bisa mengangkat permasalahan dan solusi yang membuat audience tertarik. Tuliskan kalimat yang relevan bagi mereka sehingga mereka bisa mempercayainya.

Unsur Dalam Iklan

Dalam suatu iklan memiliki beberapa unsur, tentunya unsur ini bersifat wajib. Berikut ini unsur-unsur yang harus ada dalam suatu iklan :

  • Perhatian (attention) : pertama iklan yang dibuat haruslah mampu menarik perhatian audiens.
  • Minat (interest) : selain menarik perhatian, iklan juga harus menimbulkan rasa ingin tahu atau minat dari audiensnya.
  • Hasrat : seperti yang sudah disinggung sebelumnya iklan mampu menimbulkan hasrat audiens.
  • Kepercayaan : iklan mampu membuat audiens atau calon pelanggan dapat percaya dengan klaim atau kampanye yang disampaikan.
  • Aksi (action ) : iklan dikatakan berhasil, jika audiens telah membeli produk atau mengikuti perintah yang terkandung dalam iklan.

Media Iklan

Dimana sajakah iklan yang dibuat bisa ditampilkan? Ada banyak media menampilkan iklan yang bisa dipilih sesuatu dengan target market dan juga budget pemasaran. Berikut ini beberapa media iklan yang bisa dipilih :

  • Baliho
  • Spanduk
  • Media sosial
  • Surat elektronik
  • Papan reklame
  • Koran
  • Situs berita daring, dan lain sebagainya

Contoh Teks Iklan

Berikut ini merupakan beberapa contoh teks iklan pendek yang bisa jadi sumber referensi. Contoh ini dibuat sesuai dengan topik yang diangkat, diantaranya adalah:

1. Jasa Fotografer

“jangan lewatkan momen bersama orang tersayang. Abadikan setiap momen yang anda lalui bersama Gunung Mas Photo Studio. Gunung Mas Photo Studio teman sejati dalam setiap momen indah anda, pernikahan, wisuda, ulang tahun dan acara lainnya. Percaya foto anda pada Gunung mas Photo Studio”

2. Iklan Skincare

“Sering beraktivitas diluar ruangan membuat kulitmu kering? Jaga kelembaban kulit dengan Nature Beauty Skincare. Pakai setiap hari dan rasakan kulitmu akan lembut terawat. Dapatkan produk Nature Beauty Skincare sekarang dan anda akan berkesempatan mendapatkan hadiah khusus”

3. Teks Iklan Donat

“Nyatanya donat memang cocok jadi teman ngemil segala kondisi. Apalagi kalo ngemilnya bareng orang tersayang. Yuk sempurnakan quality time kamu bersama orang tersayang dengan Dunkey Donut. Rasanya bikin nagih seharian”

4. Teks Iklan Galon Air Mineral

“Pastikan anda minum air putih dari sumber mata air terpercaya. GalonMU merupakan terobosan baru galon dengan air dari 7 sumber mata air paling bersih di Indonesia. Jaga kesehatan mu dan keluargamu dengan konsumsi GalonMU”

5. Pasta Gigi

“tidak percaya diri karena bau mulut melanda? Tenang ada pasta gigi Dentcare. Diproduksi dengan bahan alami yang tidak berbahaya dan aman bagi kesehatan mulut dan gigi. Yuk beralih ke DentCare dan pulihkan rasa kepercayaan diri akibat bau mulut sudah sedap”

6. Teks Iklan Minyak Angin

“Masuk angin? Mual mual? Eitss jangan langsung minum obat. Coba gosok dengan minyak angin Tolak Masuk Angin. Minyak angina ini ahlinya mengatasi masuk angin, pegal-pegal, pusing dan mual akibat masuk angin. Tolak Masuk Angin mengandung aromatherapy yang efektif mengatasi masuk angin. Bye-bye masuk angin”

7. Teks Iklan Smoothies

“Ternyata untuk mendapatkan kulit sehat yang cerah merona tidak melulu menggunakan skincare. Kini hanya dengan minum satu botol smoothies Healthy Juice anda bisa memiliki kulit yang sehat dan merona.

Smoothies Healthy Juice harganya terjangkau namun manfaatnya wiiii diluar jangkauan. Segera dapatkan promo Smoothies Healthy Jus di minimarket terdekat. Promo beli 1 gratis 1 sampai 29 Februari nanti”

8. Teks Iklan Handuk

“sering berpergian? Tentunya anda membutuhkan handuk yang lain daripada yang lain. Handuk Lembut terbuat dari bahan yang lembut, anti bakteri namun ampuh menyerap air ini wajib dimiliki setiap orang yang hobi traveling. Dijamin perjalanan anda semakin nyaman dengan handuk Lembut. Daya serapnya yang tinggi dan mengandung anti bakteri menjadikannya handuk yang wangi sepanjang perjalanan walau dalam kondisi basah”

9. Teks Iklan Sabun Pencuci Piring

“noda karena minyak di piring sulit dibersihkan? Coba gunakan sabun cuci piring Segar. Tidak hanya ampuh mengusir minyak dan kerak membandel di peralatan memasak. Segar juga bisa digunakan untuk mencuci aneka buah dan sayur karena dibuat dari bahan-bahan alami. Bioguard yang terkandung dalam sabun cuci piring Segar mampu membersihkan sisa pestisida pada buah dan sayur, serta membunuh kuman hingga 99,9 persen. So, masalah piring kotor dan berlemak, tidak perlu worry lagi!”

10. Teks Iklan Jasa Terapi Kesehatan

“Kenikmatan hidup yang harus dijaga adalah nikmat sehat. Ayo mulai melakukan berbagai macam latihan setiap hari untuk menunjang kesehatan tubuh. Bergabunglah dengan terapi kesehatan 55 Bugar Center bersama 100 orang lainnya! Jangan tunda-tunda lagi, jangan sampai menyesal ketika tubuh sudah sakit. Rasakan manfaatnya hingga hari tua. Kunjungi kami di Jalan Cempaka Nomor 11, Semarang, Jawa Tengah.”

11. Teks Iklan Jasa Catering

“sajian yang enak dan lezat berasal dari Dapur Ibumue, rayakan setiap momen spesial dengan hidangan lezat dari Dapur Ibumue. Setiap makanan yang diolah menghasilkan sajian yang menggugah selera dan memiliki cita rasa tinggi. Tunggu apa lagi, pesan makanan sesuai keinginan anda , tunggu dari rumah, dan bayar saat sudah datang. Hubungi kami di WhatsApp 085678946456.”

12. Teks Iklan Jasa Bersih Rumah

“rumah berantakan namun ini bersih dalam sekejap tanpa harus capek-capek membersihkannya? Hubungi bebersih.com yang siap membantu anda membersihkan rumah hingga sudut terkecilnya. Jangan khawatir semua kotoran akan dibersihkan dan dijamin 100% amanah. Segera Kunjungi situs bebersih.com untuk informasi selengkapnya!

Contoh Teks Iklan Terkenal

Jika sebelumnya ada contoh tes iklan pendek, maka berikut ini merupakan contoh teks iklan yang sudah dikenal banyak orang. Bahkan mungkin anda pun sudah mengenal teks dan mengingat iklan apa yang menggunakannya.

Membuat teks yang menarik dan mudah diingat bukanlah yang yang mudah. Namun anda bisa mencontohnya dari teks berikut ini agar mengasyikan teks iklan yang keren namun mudah diingat:

1. Iklan Kacang Garuda

“Jangan asal makan snack. Pilih snack terbaik yang bisa bikin jantung sehat hanya kacang Garuda. Faktanya, kacang Garuda kaya akan fitosterol dan omega 9 yang justru sangat baik untuk organ jantung. Pastinya kacang Garuda sangat baik untuk kesehatan jantung hatimu.”

2. Contoh Iklan Produk Makanan Biskuit Oreo

“Biskuit enak yang bikin nongkrong asyik ya cuma Oreo. Ada banyak varian rasa yang bisa menjadi teman dalam setiap suasana. Diputer, dijilat dan dicelupin. Apalagi dengan susu hangat bersama teman-teman. Oreo, penuh keajaiban! Biskuit ajaib untuk ngumpul seru bareng teman-teman.”

3. Iklan Es Krim Walls Magnum

“Nikmati setiap momen klasik bersama es krim Magnum. Es krim coklat lembut yang dibalut dengan double coklat Belgia tebal. Apalagi untuk nongkrong seru bareng teman. Makin asyik, makin seru dengan es krim Magnum. Walls Magnum for pleasure seekers!”

4. Iklan Burger KFC

“Ini baru burger yang beda! Cita rasanya bikin nagih. Renyahnya begitu dahsyat dengan patty daging ayam utuh. Perpaduan saus sambal dan mayonaise nya semakin mengguncang lidah. Apalagi ditambah saus keju yang lumer. Rasakan tiap gigitan dari burger sensasional baru KFC. Cuma 20.000an saja!”

5. Iklan Snack Bar Soyjoy

“Katanya jadi sehat itu tidak mudah. Olahraga, makan tidak enak dan banyak minum air putih. Tapi kini semuanya sudah berbeda. Ada Soyjoy yang siap membantu hidup sehat dalam setiap momen. Soyjoy akan membuat hari-hari terasa kian menyenangkan dengan cita rasa lezatnya. Soyjoy, fruit soy bar!”

Beberapa Slogan Contoh Teks Iklan Terkenal

Nah tadi sudah disinggung bahwa iklan yang baik memiliki slogan di dalamnya yang mudah diingat oleh audience. Berikut ini beberapa slogan dari produk terkenal yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi:

  • Iklan Produk Makanan Beng Beng- Empat Kelezatan Sekali Gigit
  • Iklan Pasta Gigi Pepsodent- Cegah Gigi Berlubang
  • Iklan Produk Air Mineral “Le Minerale”- Kayak ada manis- manisnya
  • Iklan Produk Makanan Chitato- Life Is Never Flat
  • Iklan Produk Makanan “Indomie”- Seleraku
  • Iklan Produk Minuman Nutrive Benecol- Langsung Hajar Kolesterol
  • Iklan Produk Apple- Kuning Keren
  • Iklan Produk Makanan Oreo- Diputar, Dijilat, Dicelupin
  • Iklan Es Krim Walls- Semua Jadi Happy
  • Iklan Produk Restoran Mcdonald- Im Love It

Itulah informasi tentang teks iklan yang menarik perhatian. Memang tidak mudah membuat teks iklan yang berhasil menarik perhatian dan mudah diingat oleh audience. Namun dengan terus berlatih dan melakukan riset maka anda akan bisa membuat teks iklan yang menarik dan booming.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad