Kotaku
Beranda Cpns dan PPPK Bocoran Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023

Bocoran Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023

Bocoran Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023

Kotakuid – Memahami dan mempelajari latihan soal tes seleksi kompetensi teknis dan prediksi soal ujian sangat diperlukan oleh peserta PPPK 2023 atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja khususnya untuk formasi guru.

Bagi para pelamar PPPK 2023 untuk formasi guru pastinya akan disajikan dengan 100 soal seleksi kompetensi.

Adapun, untuk materi tes kompetensi PPPK 2023 formasi guru ini terdiri dari manajerial, sosiokultural wawancara serta kompetensi teknis.

Selanjutnya, seleksi kompetensi teknis guru PPPK 2023 juga dilakukan dengan menggunakan sistem CAT atau Computer Assisted Test.

Nah, bagi Anda yang masih belum mengikuti seleksi kopetensi dan masih mencari bahan belajar yang berupa contoh soal tes dan prediksi soal teknis guru PPPK 2023.

Anda dapat menjadikan ulasan ini sebagai bahan belajar Anda sebelum Anda menghadapi ujian kompetensi.

Sementara itu, materi tes dibawah ini berupa prediksi soal teknis guru PPPK 2023 ini di dapatkan dari sumber buku lolos tes PPPK 2023 untuk tenaga guru..

Berikut ini adalah materi tes soal kompetensi teknis guru PPPK 2023 beserta jawabannya.

1. Seorang guru akan merancang pembelajaran untuk memudahkan para siswa untuk memahami sistem tata Surya dan karakteristik anggota tata Surya sehingga bisa memperjelas penyajian pesan secara verbal. Lalu, media apa yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut …

A. Bagan

B. APE

C. Flip Chart

D. Foto

E. Sketsa

Jawaban: D

2. Seorang siswa diminta untuk mengamati perilaku Kompas dan kawat berarus listrik yang didekatkan satu dengan yang lain. Dari hasil percobaan diketahui jika kawat yang berarus listrik mampu menyebabkan jarum Kompas didekatkan menyimpang. Hal ini menunjukkan bahwa…

A. arus listrik memagnetkan kawat

B. arus listrik memagnetkan jarum Kompas

C. arus listrik melemahkan medan magnet

D. arus listrik menciptakan medan listrik

E. arus listrik menciptakan medan magnet

Jawaban: E

3. Bu Cika sedang merancang pembelajaran materi IPA dengan Kompetensi Dasar: Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya. Kegiatan pembelajaran ini direncanakan menggunakan pendekatan saintifik, model PBL, dan metode eksperimen. Agar siswa siap untuk menerima pembelajaran, Manakah bentuk apersepsi dibawah ini yang tepat digunakan?

A. Mendemonstrasikan sifat-sifat cahaya yang mengenai benda di depan kelas kemudian men- contohkan cara melakukan pengamatan

B. Mengorientasikan siswa tentang pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari, kemudian melakukan tanya-jawab tentang pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari yang relevan

C. Siswa diminta untuk membaca teks informasi tentang pembiasan cahaya dari berbagai literatur

D. Menyampaikan penjelasan materi akibat pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari untuk mengorientasi siswa sebelum dilakukan pengamatan

E. Guru membimbing prosedur pengamatan pembiasan cahaya dari kelompok satu ke kelompok lain

Jawaban: B

4. Dalam rancangan pembelajaran ada beberapa contoh kompetensi dasar yaitu: Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya untuk mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera, maka rumusan indikator yang dapat dikembangkan guru dalam tingkatan kognitif evaluasi (C5) yang tepat yaitu …

A. Membaca teks asli Proklamasi Kemerdekaan dan mengisi peta pikiran

B. Mengamati gambar tulisan asli dari teks proklamasi selama satu menit

C. Membuat peta konsep tentang Proklamasi Kemerdekaan dalam bentuk proyek kerja

D. Mengumpulkan informasi tentang makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

E. Menjelaskan peristiwa lahirnya Proklamasi Kemerdekaan

Jawaban: D

5. Pak Agung merupakan seorang guru mata pelajaran IPA di SD Nusa Bangsa yang merupakan sekolah adiwiyata. Sebagai sekolah yang disebut dengan slogan “Green School” maka di sekolah dibuat slogan “One man One Tree” yaitu program menanam satu pohon untuk satu orang di kebun sekolah dan “One man One Rubbish” yaitu program Untuk memungut minimal satu sampah setiap harinya. Untuk bisa mendukung program ini, Pak Agung akan mengajar kepada siswa kelas VI untuk membuat produk daur ulang limbah rumah tangga. Agar Project-Based” Learning (PBL) yang diterapkan bisa berhasil, maka pertama-tama Pak Agung akan …

A. Menentukan jadwal pembuatan produk daur ulang

B. Menentukan jenis produk d ulang yang akan di daur ulang

C. Menugaskan siswa mengidentifikasi beragam limbah rumah tangga

D. Menugaskan siswa mencari dan mengumpulkan alat yang digunakan untuk pengolahan limbah rumah tangga

E. Memantau pembuatan produk daur ulang limbah rumah tangga

Jawaban: C

Itulah di atas pembahasan tentang prediksi soal sleksi kompetensi teknis PPPK Guru 2023, semoga prediksi soal di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

Gabung ke Channel Whatsapp Untuk Informasi Sekolah dan Tunjangan Guru

GABUNG
Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan