Kotaku
Home Cpns dan PPPK Strategi Menghadapi Soal SJT PPPK Guru 2023, Tips Mendapatkan Skor Tinggi

Strategi Menghadapi Soal SJT PPPK Guru 2023, Tips Mendapatkan Skor Tinggi

image 43

Kotaku.id Strategi Menghadapi Soal SJT PPPK Guru, Tips Mendapatkan Skor Tinggi – Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) PPPK Guru merupakan salah satu tahapan seleksi yang harus dilalui oleh calon guru PPPK. SKB terdiri dari dua materi, yaitu Tes Kompetensi Teknis (TKT) dan Tes Kompetensi Manajerial (TKM). TKT menguji kompetensi guru dalam bidang pelajaran yang dilamar, sedangkan Tes Kompetensi Manajerial menguji kompetensi guru dalam hal manajerial. Salah satu materi yang diujikan dalam Tes Kompetensi Teknis adalah Tes Situational Judgement Test (SJT).

SJT merupakan tes yang mengukur kemampuan peserta dalam hal berpikir logis, berpikir kritis, dan kemampuan verbal. Soal SJT PPPK Guru bersifat penalaran dan tidak ada benar atau salah yang mutlak. Tes Seleksi Jasa Profesi Pendidikan dan Pengajaran (SJT PPPK) Guru terdiri dari empat puluh pertanyaan dan diberikan waktu pengerjaan selama enam puluh menit. Setiap pertanyaan dinilai satu poin, sehingga nilai maksimal yang dapat dicapai peserta adalah empat puluh poin. Untuk dinyatakan lulus, peserta harus mencapai nilai minimal lima puluh lima.

Strategi Menghadapi Soal SJT PPPK Guru

Strategi Menghadapi Soal SJT PPPK Guru
Strategi Menghadapi Soal SJT PPPK Guru

Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi soal SJT PPPK Guru:

1.      Pahami Format Dan Materi Soal

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami format dan materi soal SJT PPPK Guru. Soal Seleksi Jaringan Tulisan (SJT) terdiri dari 40 soal dengan durasi pengerjaan 60 menit. Setiap soal memiliki nilai 1, sehingga nilai total maksimal yang bisa diperoleh adalah 40. Nilai ambang batas kelulusan SJT PPPK Guru adalah 55. Materi soal SJT PPPK Guru meliputi

  • Penalaran logis: kemampuan untuk memahami dan menggunakan hubungan logis dalam memahami informasi
  • Berpikir kritis: kemampuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis informasi secara kritis
  • Kemampuan verbal: kemampuan untuk memahami dan menggunakan bahasa secara efektif

2.      Lakukan Latihan Soal

Latihan soal adalah salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan diri menghadapi SJT PPPK Guru. Dengan latihan soal, Anda bisa membiasakan diri dengan format dan materi soal, serta meningkatkan kecepatan dan ketepatan menjawab soal. Anda bisa menemukan soal-soal SJT PPPK Guru di berbagai sumber, seperti buku, website, atau aplikasi. Pilihlah soal-soal yang berkualitas dan sesuai dengan materi yang akan diujikan.

3.      Buat Strategi Menjawab Soal Seleksi Jaringan Tulisan (SJT)

Buatlah strategi menjawab soal yang akan Anda gunakan saat mengerjakan soal SJT PPPK Guru. Strategi ini bisa membantu Anda untuk menjawab soal dengan lebih efektif dan efisien. Berikut ini adalah beberapa strategi menjawab soal SJT PPPK Guru yang bisa Anda gunakan:

  • Bacalah soal dengan cermat dan teliti. Pastikan Anda memahami apa yang ditanyakan dalam soal.
  • Jika Anda merasa kesulitan menjawab soal, jangan terburu-buru untuk menjawabnya. Anda bisa menandai soal tersebut dan kembali menjawabnya nanti jika masih ada waktu.
  • Jawablah soal dari yang paling mudah terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menghemat waktu.
  • Jika Anda tidak yakin dengan jawaban Anda, abaikan saja. Jangan memaksakan diri untuk menjawab soal yang Anda tidak yakin.

4.      Jaga Kondisi Fisik Dan Mental

Memiliki kondisi fisik dan mental yang optimal menjadi hal yang sangat krusial ketika akan menghadapi Seleksi Jaringan Tulisan (SJT) pada Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi calon Guru.

Sebelum mengikuti ujian tersebut, disarankan untuk memastikan bahwa Anda telah beristirahat dengan cukup dan mengonsumsi makanan bergizi guna mendukung kesehatan Anda. Selain itu, penting untuk menjaga diri dari potensi stres dan kecemasan, karena kedua faktor tersebut dapat berpotensi mengganggu tingkat konsentrasi dan performa Anda selama menjawab berbagai soal yang akan dihadapi.

Cara Meningkatkan Skor Tinggi dalam SJT PPPK Guru

Cara Meningkatkan Skor Tinggi dalam SJT PPPK Guru
Cara Meningkatkan Skor Tinggi dalam SJT PPPK Guru

Dalam upaya untuk meraih skor tinggi pada ujian Seleksi Jaringan Tulisan Pribadi (SJT) PPPK Guru, terdapat beberapa saran yang dapat Anda terapkan. Pertama-tama, lakukan pengerjaan soal dengan cepat dan akurat mengingat batasan waktu yang hanya mencapai 60 menit untuk menyelesaikan 40 pertanyaan.

Selanjutnya, fokuslah pada soal-soal yang memang Anda kuasai. Hindarilah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjawab pertanyaan yang dianggap sulit. Sebaliknya, alokasikan waktu Anda secara efektif untuk meningkatkan probabilitas jawaban yang benar.

Berani menggunakan strategi yang telah Anda persiapkan juga menjadi kunci penting. Jangan ragu untuk menerapkan pendekatan yang sudah Anda siapkan sebelumnya dalam menjawab setiap soal. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi jawaban Anda. Selain itu, pertahankan kondisi fisik dan mental Anda agar tetap prima selama proses ujian. Kesehatan yang baik dapat memberikan dampak positif terhadap konsentrasi dan kinerja Anda dalam menjawab soal.

Dengan menggabungkan dan melaksanakan strategi-strategi di atas, Anda dapat meningkatkan peluang untuk meraih skor tinggi dalam Seleksi Jaringan Tulisan (SJT) PPPK Guru. Kesuksesan ini, pada gilirannya, akan membantu Anda melewati seleksi PPPK Guru secara keseluruhan.

Dengan demikian, menerapkan tips-tips tersebut dapat menjadi kunci kesuksesan Anda dalam mencapai skor tinggi pada ujian Seleksi Jaringan Tulisan (SJT) PPPK Guru tahun 2023. Ingatlah untuk menjawab setiap soal dengan cepat dan tepat, fokus pada area yang Anda kuasai, gunakan strategi yang telah Anda persiapkan, dan jaga kondisi fisik serta mental Anda dengan baik.

Dengan melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran dan persiapan, Anda dapat meningkatkan peluang untuk lulus seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru tahun 2023 dengan sukses. Semoga upaya Anda membuahkan hasil yang memuaskan dan membawa Anda menuju perjalanan karir yang sukses sebagai seorang guru.

Comment
Share:

1Comment

  1. Tes Seleksi Jasa Profesi Pendidikan dan Pengajaran (SJT PPPK) Guru terdiri dari empat puluh pertanyaan dan diberikan waktu pengerjaan selama enam puluh menit. Setiap pertanyaan dinilai satu poin, sehingga nilai maksimal yang dapat dicapai peserta adalah empat puluh poin. Untuk dinyatakan lulus, peserta harus mencapai nilai minimal lima puluh lima.

    Bagaimana bisa disimpulkan bahwa nilai minimal kelulusan adalah 50 poin, sedangkan pada kalimat sebelumnya dijelaskan bahwa terdapat 40 pertanyaan, dimana setiap pertanyaan bernilai satu, sehingga nilai maksimal yang dapat dicapai adalah 40 poin.

    Mohon diklarifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad