Kotaku
Home Cpns dan PPPK Terbaru! Berikut Ini Rincian Formasi CASN Kemenag 2024, Lengkap dengan Cara Daftar dan Syaratnya

Terbaru! Berikut Ini Rincian Formasi CASN Kemenag 2024, Lengkap dengan Cara Daftar dan Syaratnya

– Ada berapa formasi CASN Kemenag 2024? Kementerian Agama (Kemenag) RI diketahui menjadi salah satu instansi yang menyediakan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini.

Dilansir dari laman resminya, alokasi formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) termasuk CPNS dan PPPK Kemenag RI pada tahun ini merupakan yang terbesar di sepanjang sejarah Kemenag.

Hal ini karena, terdapat banyak ASN Kemenag yang mana memasuki usia pensiun, adanya pemekaran wilayah, sampai alih status penegerian sekolah-sekolah di bawah naungan Kemenag.

“Pegawai kami yang memasuki usia pensiun pada 2024 sampai 2028 itu ada 48.991 ASN. Nah ini tentu menjadi konsen kami terkait usia pensiun pada rentang empat tahun ke depan,” tegas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan resminya.

Nah, untuk mengetahui lebih rinci terkait jumlah formasi CPNS Kemenag 2024, dibawah ini merupakan penjelasan lengkapnya.

Formasi CASN Kemenag 2024

Kemenag RI secara resmi mengumumkan akan membuka sebanyak 20.772 formasi untuk CPNS tahun 2024. Diketahui, sebelumnya Kemenag mengajukan 151.489 formasi ASN kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Akan tetapi, setelah ditinjau oleh Kemenpan-RB, usulan formasi Kemenag RI yang disetujui adalah hanya sebanyak 110.553. Formasi ini terdiri dari CPNS dengan sebesar 20.772, sementara untuk PPPK adalah sebanyak 89.781.

Untuk informasi lebih jelasnya, dibawah ini adalah rincian formasi CASN Kemenag 2024:

  • CPNS: 20.772
  • PPPK: 89.781
  • Total Formasi: 110.553

Formasi ini diajukan oleh Kemenag RI untuk kebutuhan sejumlah jabatan. Mulai dari penghulu, penyuluh agama, pengawas jaminan produk halal, talenta digital, penempatan IKN, tenaga pendidik, sampai dengan jabatan lainnya yang berkaitan erat dengan pelayanan dasar Kemenag.

Adapun, untuk tenaga pendidik yang terdiri dari guru madrasah, guru Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Atas Katolik, dan dosen perguruan tinggi keagamaan negeri. Formasi untuk tenaga pendidik ini sementara didetilkan oleh Kemenag yang mana direncanakan berjumlah ribuan.

Cara Cek Formasi CPNS Kemenag 2024

Formasi CPNS Kemenag dapat dicek dengan melalui website resmi BKN dan Kemenag RI. Untuk bisa mengecek formasinya, yuk ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Melalui Website BKN

  • Silahkan Anda buka website resmi BKN di https://sscasn.bkn.go.id
  • Selanjutnya tekan menu ‘Info Lowongan
  • Di bagian ‘Simulasi Pemilihan’ silahkan Anda isi kolom sesuai dengan kebutuhan yang dilamar: Jenis Pengadaan: (CPNS), Instansi: (Disesuaikan dengan pilihan), Tingkat pendidikan: (Lulusan terakhir) dan Pendidikan: (Jurusan)
  • Jika telah selesai mengisi seluruh kolom, maka tekan ‘Cari
  • Lalu akan muncul formasi yang dibuka sesuai dengan jurusan masing-masing.

2. Melalui Website Kemenag RI

  1. Silahkan Anda buka situs https://casn.kemenag.go.id
  2. Pada bagian menu samping, silahkan Anda pilih “Formasi
  3. Lalu tekan “CPNS” atau “CPPK” untuk bisa melihat formasi selengkapnya.
  4. Perlu Anda ketahui, pengecekan formasi CPNS Kemenag RI ini hanya dapat dilakukan hanya ketika pendaftaran sudah dibuka.

Jadwal Pendaftaran CPNS Kemenag 2024

Terbaru! Berikut Ini Rincian Formasi CASN Kemenag 2024, Lengkap dengan Cara Daftar dan Syaratnya (1)

Jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK untuk Kemenag RI tahun 2024 ini masih belum diumumkan secara resmi. Akan tetapi, mengutip dari laman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), jadwal penerimaan CPNS tahun ini akan dibuka pada bulan Juni mendatang.

Walaupun belum ada tanggal pastinya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) lewat laman resminya telah mengumumkan bahwa akan dilakukan selama tiga periode pendaftaran CASN 2024. Berikut ini adalah rinciannya:

  • Periode 1 (Minggu ke-3 bulan Maret 2024): Pengumuman dan seleksi administrasi ‘Seleksi CPNS serta Seleksi Kedinasan’.
  • Periode II (bulan Juni 2024): Pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS serta PPPK.
  • Periode III (bulan Agustus 2024): Pengumuman dan seleksi administrasi CPNS dan PPPK.

Berfokus kepada periode seleksi CASN 2024 tersebut, maka pendaftaran CPNS Kemenag RI dijadwalkan akan dilakukan pada bulan Juni. Namun, jadwal ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan BKN.

Jadwal resmi pendaftaran CPNS Kemenag RI ini dapat dipantau dengan melalui website resmi BKN, Kemenag RI, dan akun media sosial masing-masing instansi.

Syarat Pendaftaran CASN Kemenag 2024

Kemenag masih belum mengeluarkan syarat pendaftaran CASN Kemenag 2024 secara resmi. Meski demikian, biasanya syarat pendaftaran CASN Kemenag RI di setiap tahunnya tidak akan jauh berbeda.

Berikut ini adalah syarat pendaftaran CPNS 2023 yang dikutip dari surat Pengumuman Nomor P-6675/SJ/B.II.2/KP.00.1/09/2023 tentang pelaksanaan seleksi CASN Kemenag RI TA 2023:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia 18-35 tahun untuk formasi dosen dengan kualifikasi pendidikan S2
  3. Usia maksimal 40 tahun untuk formasi dosen dengan kualifikasi pendidikan S3
  4. Tidak pernah dipidana penjara
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat bukan atas permintaan sendiri
  6. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS, PPPK, TNI, dan anggota kepolisian RI
  7. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta
  8. Tidak berstatus Calon PNS, PNS, Calon PPPK, PPPK, TNI atau anggota kepolisian RI
  9. Bukan anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis
  10. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan
  11. Sehat jasmani dan rohani
  12. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang telah ditentukan
  13. Mematuhi seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan di lingkungan Kemenag

Kesimpulan

Itulah di atas informasi lengkap terkait formasi CASN Kemenag 2024 lengkap dengan syarat, jadwal, dan cara daftarnya. Semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat bagi Anda para calon pelamar!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad