Kotaku
Home Cpns dan PPPK Pemerintah Buka Formasi CPNS Lulusan Pesantren, Cek Infonya!

Pemerintah Buka Formasi CPNS Lulusan Pesantren, Cek Infonya!

Kotaku.id Pemerintah Buka Formasi CPNS Lulusan Pesantren, Cek Infonya! – Alhamdulillah, kita bisa bersyukur karena MenPANRB telah membuka formasi CPNS tahun 2024, memberikan kesempatan kepada anda yang merupakan lulusan Pesantren untuk mengikuti seleksi CPNS Lulusan Pesantren. Kedua, Anas dari MenPANRB dan Yaqut Cholil dari Menag telah sepakat untuk menghadirkan terobosan baru guna memberikan akses bagi anda yang lulusan pesantren agar dapat berpartisipasi dalam seleksi CPNS. Salah satu formasi yang bisa anda pilih adalah sebagai Penyuluh Agama.

Penting untuk diketahui bahwa formasi CPNS ini dapat diisi oleh anda yang merupakan lulusan Pesantren dari Ma’had Aly. Sebagaimana dilaporkan oleh Kementerian Agama pada Rabu, 3 April 2024, ijazah dari Ma’had Aly telah diakui secara resmi. Ma’had Aly sendiri adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang berbasis pesantren.

Ma’had Aly memberikan pendidikan akademik dalam bidang penguasaan ilmu agama Islam (tafaqquh fiddin) yang berdasarkan pada kitab kuning yang diajarkan di pondok pesantren. MenPANRB menyatakan bahwa pada tahun 2024 ini, pemerintah membuka ribuan formasi untuk penyuluh agama, memberikan peluang besar bagi anda yang tertarik untuk bergabung dalam profesi tersebut.

Formasi CPNS untuk Lulusan Pesantren

Formasi CPNS untuk Lulusan Pesantren

Alhamdulillah, setelah kita mengadakan diskusi yang mendalam, kita telah mencapai kesepakatan bahwa anda, sebagai lulusan Ma’had Aly Semua pesantren di Tanah Air, akan diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS sebagai penyuluh agama,” ungkap MenPANRB Anas pada Selasa, 2 April 2034.

Anas juga menyampaikan bahwa mengenai teknis pelaksanaannya, hal tersebut akan diatur lebih lanjut oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Langkah ini merupakan bentuk pengakuan dari pemerintah terhadap kualitas dan kompetensi lulusan pesantren,” ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas. Seperti yang kita ketahui, bahwa sebelumnya formasi penyuluh agama hanya dapat diisi oleh lulusan Perguruan Tinggi Keagamaan seperti UIN, STAIN, atau IAIN. Namun, pada tahun ini lulusan Pesantren Ma’had Aly juga diberi kesempatan untuk mendaftar.

“Keputusan ini mencerminkan negara yang hadir untuk mengakui keunikan sistem pendidikan pesantren. Oleh karena itu, saya telah menyampaikan kepada rekan-rekan di Kementerian PANRB dan BKN bahwa pengakuan ini sangat penting sebagai bentuk apresiasi terhadap lembaga-lembaga pendidikan yang memiliki peran besar dalam kemajuan bangsa, termasuk di dalamnya pesantren yang telah hadir sejak zaman kemerdekaan Indonesia,” tambah Anas.

Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

Berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh para lulusan pesantren yang ingin mendaftar CPNS formasi penyuluh agama:

1.      Lulusan Ma’had Aly Dari Berbagai Pesantren Di Tanah Air

Pertama-tama, untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dalam bidang penyuluh agama, anda harus merupakan lulusan dari Ma’had Aly, yang merupakan lembaga pendidikan Islam yang tersebar luas di berbagai pesantren di seluruh Indonesia. Ini menunjukkan bahwa anda telah menjalani pendidikan agama yang mendalam dan kuat, yang dianggap penting untuk memenuhi tugas-tugas dalam bidang penyuluhan agama.

2.      Memiliki IPK Minimal 2,75

Selanjutnya, IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) minimal yang diminta adalah 2,75. Ini menandakan bahwa selain memiliki latar belakang pendidikan agama yang kuat, anda juga diharapkan memiliki kinerja akademis yang baik. Dengan memiliki IPK yang memadai, anda dapat membuktikan kemampuan akademismu yang dapat mendukung pekerjaan di lapangan.

3.      Umur Minimal 18 Tahun Dan Maksimal 35 Tahun

Selain itu, dalam hal usia, ada batasan minimum dan maksimum yang harus dipenuhi. Anda harus berusia minimal 18 tahun dan berusia maksimal 35 tahun. Batasan usia ini memastikan bahwa anda memiliki kedewasaan dan pengalaman yang cukup untuk mengemban tanggung jawab sebagai penyuluh agama. Tetapi juga memberi peluang kepada generasi muda yang berpotensi untuk bergabung dalam pelayanan masyarakat ini.

4.      Sehat Jasmani Dan Rohani

Kesehatan, baik jasmani maupun rohani, menjadi aspek penting lainnya. Sebagai penyuluh agama, anda akan berinteraksi dengan berbagai masyarakat dan situasi yang mungkin menuntut ketahanan fisik dan mental. Kesehatan jasmani dan rohani yang baik akan memastikan anda dapat melaksanakan tugas-tugasmu dengan baik dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

5.      Bebas Dari Narkoba

Selanjutnya, kebebasan dari penggunaan narkoba menjadi persyaratan penting. Penggunaan narkoba dapat merusak tidak hanya dirimu sendiri, tetapi juga kredibilitas dan integritas sebagai penyuluh agama. Dengan memastikan anda bebas dari penggunaan narkoba, anda menunjukkan komitmenmu terhadap nilai-nilai agama dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas-tugasmu.

6.      Tidak Pernah Dihukum Penjara

Terakhir, catatan hukuman penjara atau pemecatan dengan cara yang tidak hormat dari jabatan sebelumnya juga menjadi hal yang harus dihindari. Hal ini menunjukkan bahwa integritasmu sebagai calon penyuluh agama harus tetap terjag. Serta menegaskan bahwa anda memiliki reputasi yang baik dalam menjalani kewajibanmu sebagai warga negara dan anggota masyarakat.

Kesimpulan

memenuhi syarat dan ketentuan untuk mendaftar sebagai CPNS dalam bidang penyuluh agama adalah langkah penting menuju karier yang bermakna dan berarti. Dari latar belakang pendidikan yang kuat hingga kesehatan jasmani dan rohani yang terjaga, setiap kriteria memiliki peran penting dalam mempersiapkan calon penyuluh agama untuk tugas-tugas yang diemban di lapangan.

Dengan mematuhi persyaratan ini, diharapkan para calon penyuluh agama CPNS dapat memberikan kontribusi yang positif dan signifikan dalam melayani masyarakat dan memajukan kehidupan beragama di Indonesia.

Dengan memenuhi semua syarat dan ketentuan ini, diharapkan para calon penyuluh agama CPNS dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan bermakna kepada masyarakat Indonesia.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad