Kotaku
Home Cpns dan PPPK Mengetahui Jenis Soal Tes CPNS SKD 2023

Mengetahui Jenis Soal Tes CPNS SKD 2023

Kotaku.id Mengetahui Jenis Soal Tes CPNS SKD 2023. Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah momen yang sangat dinantikan oleh banyak individu yang bercita-cita untuk menjalani karier sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Berdasarkan sumber informasi terbaru yang kami peroleh, pada tahun 2023 ini, tahapan pendaftaran Tes CPNS dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Juni, tepatnya dalam kuartal ketiga. Untuk link pendaftaran CPNS 2023 dapat diakses melalui tautan resmi di https://sscasn.bkn.go.id/.

 

Jenis Soal Tes CPNS SKD 2023
Tes CPNS

 

Sambil menantikan waktu pembukaan pendaftaran tersebut, merupakan langkah yang bijak bagi kita untuk memperkenalkan diri kita pada tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) yang merupakan bagian penting dalam proses seleksi Tes CPNS ini. Tentunya, penting bagi kita untuk memahami berbagai jenis soal yang akan dihadapi dalam tes CPNS. Pertanyaan yang muncul adalah, apa saja tipe-tipe soal yang harus kita kuasai? Selain itu, kita juga perlu memahami contoh-contoh soal beserta pembahasannya.

Nah, mari kita bersama-sama menyimak materi ini lebih lanjut agar kita bisa mempersiapkan diri secara maksimal dalam menghadapi tes CPNS yang akan datang. Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh wawasan yang lebih mendalam mengenai persiapan tes CPNS!

Jenis Soal Tes CPNS SKD 2023

Ada tiga jenis soal dalam Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk Tes CPNS, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensi Umum (TIU). Di bawah ini, kami akan memberikan penjelasan yang lebih mendalam beserta contoh soal untuk masing-masing jenis tes tersebut.

1.     Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

TKP digunakan untuk mengukur perilaku yang berkaitan dengan pelayanan publik, jejaring kerja, aspek sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme. Terdapat 35 butir soal dalam ujian ini. Dalam penilaian TKP, skala yang digunakan berkisar antara 1 hingga 5. Jika peserta tidak memberikan jawaban, maka akan diberi nilai 0. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak mengosongkan jawaban saat mengerjakan TKP karena setiap jawaban memiliki nilai tersendiri.

 

Jenis Soal Tes CPNS SKD 2023
Tes CPNS

 

2.     Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK terdiri dari rangkaian soal yang dirancang untuk mengukur pemahaman dan kemampuan dalam menerapkan nilai-nilai nasionalisme, integritas, cinta tanah air, pemahaman terhadap pilar-pilar negara, serta penguasaan Bahasa Indonesia. Dalam ujian TWK, terdapat 30 butir soal.

Penilaian pada TWK menggunakan sistem skoring sederhana, yaitu jika jawaban benar, peserta akan mendapatkan nilai 5, sementara jika jawaban salah, peserta akan mendapatkan nilai 0. Oleh karena itu, sangat penting untuk membaca soal dengan cermat dan melatih diri dalam mengerjakan soal serta memahami pembahasannya agar bisa menjawab sebanyak mungkin soal dengan benar.

3.     Tes Intelegensi Umum (TIU)

TIU mengukur tiga aspek kemampuan peserta, yaitu kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural. Kemampuan verbal dinilai melalui soal-soal yang menguji kemampuan dalam analisis analogi, silogisme, dan pemikiran analitis. Kemampuan numerik dinilai melalui soal-soal yang berkaitan dengan deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita.

Sementara itu, kemampuan figural diukur melalui soal-soal yang mengharuskan peserta membandingkan dua gambar, mengenali perbedaan dalam beberapa gambar, dan mengidentifikasi pola hubungan dalam bentuk gambar. Terdapat 35 butir soal dalam TIU, dan sistem penilaian yang digunakan sama dengan TWK, yaitu mendapatkan nilai 5 jika jawaban benar dan nilai 0 jika jawaban salah. Oleh karena itu, penting untuk memahami dan melatih diri dalam mengerjakan soal TIU dengan cermat agar dapat menjawab sebanyak mungkin soal dengan benar.

Dengan demikian, pemahaman mendalam tentang jenis soal SKD Tes CPNS yang meliputi TKP, TWK, dan TIU, serta melatih diri dalam menjawab soal dengan cermat akan membantu Anda dalam menghadapi seleksi CPNS dengan lebih percaya diri.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad