Kotaku
Home Cpns dan PPPK Manfaatkan Nilai SKD 2023 untuk CPNS 2024, Begini Cara Cek Keaslian Sertifikatnya!

Manfaatkan Nilai SKD 2023 untuk CPNS 2024, Begini Cara Cek Keaslian Sertifikatnya!

Kotaku.id Manfaatkan Nilai SKD 2023 untuk CPNS 2024, Begini Cara Cek Keaslian Sertifikatnya! – Bagi peserta yang berencana mengikuti seleksi CPNS 2024, mereka memiliki opsi untuk menggunakan nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dari CPNS 2023. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua pelamar seleksi CPNS 2024 akan dapat memanfaatkan nilai SKD dari CPNS 2023 tersebut. Hal ini disebabkan oleh persyaratan bahwa nilai SKD harus memenuhi ambang batas minimum pada setiap materi yang diuji.

Sebelumnya, peserta dapat mengunduh sertifikat yang mencantumkan nilai SKD dan kemudian memverifikasinya untuk memastikan keasliannya. Informasi ini diambil dari unggahan Instagram resmi Badan Kepegawaian Negara (@bkngoidofficial) pada tanggal 14 Maret 2024.

Sertifikat dengan hasil SKD akan dikeluarkan dan berlaku hingga seleksi Pengadaan PNS 1 periode berikutnya. Namun, perlu dicatat bahwa jika seorang peserta memutuskan untuk mengikuti seleksi pada periode berikutnya, nilai SKD dari tahun sebelumnya akan dinyatakan tidak berlaku lagi.

Cara Cek Keaslian Sertifikatnya

Cara Cek Keaslian Sertifikatnya

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dijalankan untuk melakukan pengecekan terhadap sertifikat yang dimiliki:

1.      Kunjungi Situs Resmi

Langkah pertama adalah membuka browser web dan mengunjungi situs resmi untuk pengecekan sertifikat, yaitu https://sertificat.bkn.go.id. Situs ini merupakan platform resmi yang disediakan untuk memverifikasi keaslian sertifikat.

2.      Masukkan Informasi

Setelah masuk ke situs tersebut, pengguna diminta untuk memasukkan informasi yang diperlukan. Ini termasuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nomor peserta yang tercantum pada sertifikat yang ingin dicek.

3.      Unduh Hasil

Setelah memasukkan informasi yang diminta, pengguna kemudian cukup menekan tombol yang bertuliskan “Unduh” untuk melihat hasil pengecekan. Proses ini akan memberikan informasi apakah sertifikat tersebut valid atau tidak.

Selanjutnya, untuk memverifikasi keaslian sertifikat, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil:

4.      Unduh Aplikasi Validator SertifiCAT

Pertama, pengguna perlu mengunduh aplikasi bernama “Validator SertifiCAT” yang tersedia di Google Playstore. Aplikasi ini merupakan alat yang digunakan untuk memverifikasi sertifikat dengan memindai QR Code yang terdapat di dalamnya.

5.      Buka Aplikasi dan Pilih Opsi Scan

Lalu Setelah anda mengunduh aplikasi, buka aplikasi itu di perangkat Anda. Di dalam aplikasi, cari dan pilih opsi untuk memindai (scan) sertifikat.

6.      Scan QR Code pada Sertifikat

Tempelkan ponsel pintar Anda pada QR Code yang terdapat pada sertifikat yang ingin diverifikasi. Aplikasi akan secara otomatis memproses informasi dari QR Code tersebut dan memberikan hasil verifikasi keaslian sertifikat.

Untuk penetapan nilai ambang batas, berikut adalah nilai-nilai yang ditetapkan berdasarkan KepmenPANRB Nomor 651 Tahun 2023:

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) mempunyai nilai ambang batas skor 65.
  • Tes Intelegensia Umum (TIU) mempunyai nilai ambang batas skor 80.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) mempunyai nilai ambang batas skor 166.

Namun, ada pengecualian untuk beberapa kategori peserta, di mana nilai ambang batas tersebut dapat berbeda sesuai dengan kebutuhan khusus masing-masing peserta.

Tips Persiapan CPNS 2024

Tips Persiapan CPNS 2024

Cara-cara Menyiapkan Diri untuk Menghadapi Seleksi CPNS Tahun 2024 adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, sangat disarankan untuk mengalami kembali materi yang berkaitan dengan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  • Selanjutnya, penting untuk rajin berlatih dengan menjawab berbagai jenis soal yang sering muncul dalam SKD. Ada banyak sumber soal latihan SKD yang dapat diakses baik secara daring maupun luring.
  • Perlu ditekankan juga untuk terus meningkatkan kemampuan dalam menjawab soal dengan cepat dan akurat. Ini dapat dicapai melalui latihan yang konsisten dan efektif.
  • Selain persiapan akademis, jangan lupakan pentingnya menjaga kesehatan secara menyeluruh, baik secara fisik maupun mental. Kondisi fisik dan mental yang prima akan membantu Anda menghadapi tantangan seleksi dengan lebih baik.
  • Terakhir, tetaplah up-to-date dengan informasi terbaru seputar seleksi CPNS 2024. Pantau perkembangan terbaru melalui situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan situs resmi instansi yang Anda lamar. Hal ini akan membantu Anda mempersiapkan diri secara lebih terarah dan tepat.

Kesimpulan

Dengan memperhatikan semua tips di atas, Anda akan memiliki landasan yang kuat untuk menghadapi Seleksi CPNS tahun 2024 dengan percaya diri dan efektif. Ingatlah bahwa persiapan yang matang akan memberikan Anda keunggulan yang signifikan dalam menghadapi kompetisi yang ketat ini.

Saat Anda melalui proses persiapan, tetaplah fokus dan konsisten dalam upaya Anda. Jangan ragu untuk memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia, baik itu materi pembelajaran, soal latihan, atau bantuan dari instruktur atau teman sejawat.

Selain itu, jangan abaikan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Perhatikan pola makan yang seimbang, tetaplah aktif secara fisik, dan berikan waktu yang cukup untuk istirahat dan relaksasi. Kesehatan yang baik akan mendukung performa Anda dalam menghadapi tahapan seleksi yang menuntut ini.

Terakhir, tetaplah terhubung dengan informasi terbaru terkait seleksi CPNS 2024. Perubahan dan perubahan kebijakan dapat terjadi sewaktu-waktu, dan Anda perlu memastikan bahwa Anda selalu mendapatkan informasi terkini untuk mempersiapkan diri secara optimal.

Dengan kesungguhan, dedikasi, dan persiapan yang tepat, Anda akan mendapatkan peluang terbaik untuk meraih kesuksesan dalam seleksi CPNS tahun ini. Semoga segala usaha dan persiapan Anda membuahkan hasil yang memuaskan. Selamat berjuang!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad