Kotaku
Home Cpns dan PPPK Ini Dia 5 Provinsi Pelamar PPPK Guru 2023 Paling Banyak

Ini Dia 5 Provinsi Pelamar PPPK Guru 2023 Paling Banyak

Kotaku.id Ini Dia 5 Provinsi Pelamar PPPK Guru 2023 Paling banyak. Pendaftaran untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 telah secara resmi ditutup. Pada kesempatan ini, kami akan mengulas lima provinsi yang memiliki jumlah pelamar terbanyak untuk posisi PPPK Guru 2023.

5 Provinsi Pelamar PPPK Guru 2023 Paling banyak
PPPK Guru 2023

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis informasi mengenai lima provinsi yang mendapatkan perhatian paling besar dalam hal jumlah pelamar untuk PPPK Guru tahun 2023, tindakan ini diambil setelah proses pendaftaran CASN 2023 ditutup pada hari Rabu, tanggal 11 Oktober 2023.

Dari kelima provinsi yang mendapatkan perhatian sebagai tempat dengan jumlah pelamar terbanyak, provinsi Sumatera Utara berhasil menduduki peringkat pertama. Terdapat total sebanyak 10.055 pelamar yang berminat untuk menjadi PPPK Guru 2023 di Provinsi Sumatera Utara.

Namun, Anda mungkin bertanya-tanya, provinsi-provinsi mana saja yang juga memiliki jumlah pelamar yang cukup signifikan untuk posisi PPPK Guru tahun 2023? Untuk mengetahui provinsi-provinsi tersebut, mari kita simak daftar berikut yang mencantumkan lima provinsi dengan jumlah pelamar terbanyak untuk PPPK Guru tahun 2023, sebagaimana yang diinformasikan melalui akun Instagram resmi BKN.

5 Provinsi Pelamar PPPK Guru 2023 Paling banyak

5 Provinsi Pelamar PPPK Guru 2023 Paling banyak
PPPK Guru 2023

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengeluarkan data terkait pelamar Program Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk posisi Guru tahun 2023. Data ini disajikan dalam bentuk statistik jumlah pelamar per tanggal Kamis, 12 Oktober 2023, yang mencakup 5 provinsi dengan jumlah pelamar terbanyak, sebagai berikut:

1.      Provinsi Sumatera Utara

Di Provinsi Sumatera Utara, terdapat sebanyak 10.237 individu yang mendaftar untuk posisi Guru PPPK tahun 2023. Dari jumlah tersebut, sebanyak 10.055 pelamar telah berhasil mengirimkan aplikasi mereka. Adapun kebutuhan formasi PPPK Guru 2023 di Provinsi Sumatera Utara mencapai 2000 formasi. Posisi yang paling diminati dalam formasi PPPK Guru 2023 di provinsi ini adalah Ahli Pertama-Guru Bimbingan Konseling.

2.      Provinsi Lampung

Provinsi Lampung melaporkan sekitar 7.289 pendaftar untuk posisi PPPK Guru 2023. Dari jumlah tersebut, 7.073 pelamar berhasil mengirimkan aplikasi mereka. Sementara itu, formasi yang paling banyak diminati di Provinsi Lampung adalah Ahli Pertama-Guru Agama Budha, dengan total kebutuhan formasi mencapai 7.130.

3.      Provinsi Jawa Barat

Di Provinsi Jawa Barat, posisi Guru Bahasa Inggris menjadi yang paling diminati. Terdapat sekitar 5.754 pendaftar PPPK Guru 2023 di provinsi ini, dan 5.644 di antaranya berhasil mengirimkan aplikasi. Jumlah kebutuhan formasi PPPK Guru 2023 di Provinsi Jawa Barat ini adalah sekitar 2000 formasi.

4.      Provinsi Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur melaporkan sebanyak 5.572 pendaftar untuk posisi PPPK Guru 2023. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.495 pelamar berhasil mengirimkan aplikasi. Kebutuhan formasi PPPK Guru 2023 di Provinsi Jawa Timur mencapai 5.885 formasi. Posisi yang paling diminati dalam formasi ini adalah Ahli Pertama-Guru Teknik Kimia Industri.

5.      Provinsi Kalimantan Barat

Pelamar PPPK Guru 2023 di Provinsi Kalimantan Barat yang berhasil mengirimkan aplikasi mencapai 3.939 orang. Jumlah pelamar yang mengirimkan aplikasi ini berasal dari total 4.045 pendaftar PPPK Guru 2023 di Provinsi Kalimantan Barat. Kebutuhan formasi PPPK Guru 2023 di provinsi ini mencapai 5.446 formasi. Ahli Pertama-Guru Agama Budha menjadi formasi yang paling banyak diminati di Provinsi Kalimantan Barat.

Data yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengenai pelamar Program Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk posisi Guru tahun 2023 di lima provinsi ini menjadi suatu tolok ukur yang sangat berharga bagi para calon guru PPPK.

Data ini tidak hanya memberikan gambaran tentang jumlah pendaftar dan formasi yang dibutuhkan, tetapi juga mengungkapkan tren dan preferensi yang berkaitan dengan formasi guru yang paling diminati di setiap provinsi. Para pelamar dapat menggunakan informasi ini untuk memahami persaingan yang ada dan merencanakan strategi mereka dalam menghadapi proses seleksi administrasi.

Misalnya, mereka dapat mengevaluasi formasi yang diminati di provinsi-provinsi tertentu dan memutuskan apakah akan bersaing dalam formasi tersebut atau mencari peluang di provinsi lain yang memiliki persaingan yang lebih rendah. Selain itu, data ini juga dapat membantu pelamar dalam menyesuaikan aplikasi mereka agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing provinsi.

Misalnya, mereka dapat menyesuaikan portofolio mereka dengan formasi yang paling banyak diminati atau mencari tambahan pelatihan atau kualifikasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan peluang mereka dalam seleksi. Selain itu, data ini juga dapat digunakan oleh instansi terkait, seperti BKN, untuk mengidentifikasi tren dalam pendaftaran PPPK Guru 2023, memastikan kebutuhan formasi terpenuhi, dan merencanakan strategi seleksi yang lebih efektif.

Secara keseluruhan, data ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang dinamika pendaftaran di lima provinsi terbanyak, yang dapat membantu pelamar dan pihak berwenang dalam mengoptimalkan proses rekrutmen dan seleksi PPPK Guru 2023.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad