Kotaku
Home Cpns dan PPPK Tips Jitu Lulus Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK 2024, Awas Jangan Sampai Keliru!

Tips Jitu Lulus Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK 2024, Awas Jangan Sampai Keliru!

event registration 3441960 1280

Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 yang akan segera dibuka, pelamar akan dihadapkan pada beberapa tahap pendaftaran hingga ujian.

Tahap pertama yang harus dilakukan calon CPNS dan PPPK 2024 adalah mendaftarkan diri pada situs resmi https://sscasn.bkn.go.id/.

Kemudian pelamar akan mengisi dokumen yang dijadikan patokan dalam kelulusan seleksi administrasi CPNS dan PPPK 2024.

Namun, dari banyaknya pelamar CPNS dan PPPK masih dapat ditemukan kesalahan yang membuat peserta gagal dan tidak dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Lalu bagaimana supaya lulus seleksi administrasi CPNS dan PPPK? Simak ulasan tips dan trik lulus seleksi administrasi berikut ini.

Pahami Persyaratan dan Ketentuan

Seleksi CPNS dan PPPK 2024 yang dilaksanakan dalam beberapa tahap, dimana tahap awal adalah proses pendaftaran. Dalam proses ini akan dipilih peserta yang sesuai dengan kualifikasi dan yang dipersyaratkan pada pendaftaran calon ASN.

Sehingga jika ingin lulus seleksi administrasi harus memperhatikan dengan baik persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Untuk persyaratan setiap formasi, pelamar dapat melihat informasi pada setiap lembaga atau instansi yang dituju. Dengan mengetahui syarat dan ketentuan pelamar dapat melihat apakah kualifikasi yang dimiliki telah masuk dalam persyaratan.

Persiapkan Dokumen Terlebih Dahulu

Dalam mengikuti seleksi administrasi, peserta akan membuat akun di situs resmi pendaftaran kemudian mengisi beberapa informasi serat diharuskan mengunggah dokumen pendaftaran. Nah, untuk memudahkan dan keyakinan diri sendiri kamu dapat mempersiapkan semua dokumen sebelum hari pendaftaran.

Karena dokumen yang harus dimasukkan cukup banyak, pasti akan membutuhkan waktu yang cukup banyak. Dengan waktu tersebut terkadang akan ada orang yang buru-buru hingga melakukan kesalahan dalam seleksi administrasi CPNS.

Untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan, maka lebih baik, mempersiapkan dokumen persyaratan sedini mungkin.

Awas Situs Palsu

Pastikan saat mengikuti seleksi CPNS dan PPPK kamu mendaftar pada situs resmi BKN. Jangan sampai salah dan masuk pada situs palsu. Melihat informasi terkait seleksi CPNS dan PPPK hanya pada instansi dan lembaga resmi. Perlu diingat bahwa semua rangkaian seleksi CPNS maupun  PPPK baik pendaftaran dan ujian adalah gratis dan tidak dipungut biaya. Pastikan hanya mendaftar pada situs SSCN resmi oleh BKN.

Pastikan Nomor Ijazah

Saat memasukkan nomor seri ijazah pastikan sudah sesuai dengan dokumen yang dimiliki. Begitu juga saat mengunggah dokumen ijazah pastikan kembali apakah yang kamu masukkan itu telah sesuai. Jangan sampai salah mengunggah dan dapat membuat kamu tidak lolos seleksi administrasi CPNS.

Pastikan Foto dan Dokumen Terlihat Jelas

Pada pendaftaran kamu akan diminta untuk memasukkan foto terbaru beserta dokumen kelengkapannya. Dalam hal ini kamu harus memastikan foto yang kamu unggah jelas dan tidak buram. Begitu pula dengan dokumen seperti ijazah dan transkrip nilai laulakub pemindaian atau scan dengan benar dan jelas. Jika dokumen tidak terbaca maka dapat membuat kamu tidak lolos seleksi administrasi.

Pastikan Kualifikasi Pendidikan dan Usai Sesuai

Supaya kamu dapat lolos seleksi administrasi CPNS dan PPPK maka pastikan bahwa kualifikasi yang kamu miliki telah sesuai dengan formasi yang dilamar. Setiap posisi dalam pemerintahan mempunyai kualifikasi pendidikan yang wajib dimiliki oleh pelamar. Misal jika kualifikasi pendidikan yang diminta adalah S1 Pendidikan Bahasa Indonesia/S1 Sastra Indonesia maka jika kamu bukan termasuk kualifiaksi tersebut kamu tidak akan dapat lolos seleksi administrasi.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah batas usia pelamar. Pastikan kamu telah masuk dalam batas usia yang dipersyaratkan.

Perhatikan Format Dokumen

Dalam proses mengunggah dokumen pada akun SSCASN terdapat format dokumen serta ukuran yang harus kamu perhatikan. Format untuk dokumen sebaiknya adalah PDF sehingga jika kamu ingin menggunakan dokumen pastikan formatnya benar. Jika belum benar kamu dapat melakukan convert dokumen secara online. Lalu yang perlu diperhatikan lagi adalah ukuran dokumen yang diminta, biasanya akan ada lusa untuk minimal atau maksimal dokumen yang dapat diunggah. Pastikan dokumen telah sesuai agar tidak menghambat pendaftaran.

Syarat Dokumen CPNS

Mengacu pada CPNS 2023 terdahulu maka perhatikan untuk persyaratan dokumen berikut ini

  • Scan pas foto berlatar belakang merah, ukuran 200kb, draf format jpeg.
  • Scan swafoto dengan ukuran minimal 200kb dengan format jpeg atau jpg.
  • Surat lamaran, menggunakan ukuran maksimal 300 kb dengan format pdf.
  • Scan ijazah asli dengan ukuran maksimum adalah 1000 kb menggunakan format pdf.
  • Scan KK, dan KTP, maksimal 500 kb menggunakan format file pdf.
  • Scan transkrip nilai, ukuran minimal 500kb, format pdf
  • Scan dokumen pendukung lain sesuai persyaratan instansi dan lembaga pemerintahan, ukuran minimal 800 kb format pdf.

Cepat Ajukan Sanggah

Jika kamu dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi CPNS dan PPPK, jangan panik karena kamu masih mendapatkan masa sanggah. Dimana periode ini adalah untuk mengajukan sanggahan serta memperbaiki kesalahan yang mungkin dilakukan. masa sanggah akan dilakukan setelah pengumuman seleksi administrasi, sehingga jika kamu menemui kesalahan pada dokumen yang terunggah  cepat lakukan prosedur sanggah untuk membenarkan.

Cek Berkali-berkali

Sebelum menyelesaikan pendaftaran sebaiknya kamu mengecek kembali semua data yang sudah diisi serta dokumen yang diunggah satu persatu untuk memastikan telah benar dan sesuai dengan ketentuannya.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad