Kotaku
Home Cpns dan PPPK Rekrutmen CASN 2024 Digelar 3 Bulan Sekali, Fokus Utama untuk Guru dan Nakes

Rekrutmen CASN 2024 Digelar 3 Bulan Sekali, Fokus Utama untuk Guru dan Nakes

Rekrutmen CASN 2024 Digelar 3 Bulan Sekali Fokus Utama untuk Guru dan Nakes

KotakuID – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 tidak akan lagi diadakan dalam setahun sekali. Ada, perubahan yang dilakukan oleh pemerintah sebagai implementasi dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

Adapun, undang-undang tersebut baru disahkan pada akhir bulan Oktober lalu. Kebijakan ini memiliki tujuan dan berfokus utuk memberikan fleksibilitas dalam rekrutmen calon pegawai negeri.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas menjelaskan bahwa rekrutmen CASN ke depan tidak akan menjadi ritual tahunan, namun melainkan bisa dilaksanakan setiap tiga bulan.

“Siklus rekrutmen ASN tidak perlu setahun sekali atau dua kali dalam setahun atau satu kali dalam setahun, tetapi kedepan akan lebih cepat jadi begitu pensiun, mungkin bisa saja setahun ada tiga kali siklus rekrutmen ASN” tegas Azwar Anas.

Kebijakan ini juga diketahui diarahkan untuk bisa menghentikan rekrutmen tenaga honorer. Data pegawai ASN yang telah pensiun akan didata, dan kemudian rekrutmen akan dilaksanakan setiap tiga bulan sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun ada rekrutmen secara rutin, pemerintah tidak akan lagi melakukan rekrutmen CASN secara besar-besaran sesuai jumlah tenaga yang pensiun.

Pemilihan ini natinya akan mempertimbangkan pertumbuhan kebutuhan dalam masing-masing kementerian. Yakni dengan memperhatikan faktor digitalisasi untuk membuat birokrasi menjadi lebih efisien.

Di dalam seleksi CASN 2024, pemerintah akan berfokus untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidikan dan kesehatan sampai dengan 2030.

Tenaga teknis fungsional nantinya akan masuk ke dalam skema zero growth.

Sementara untuk tenaga teknis pelaksana akan masuk ke dalam skema negative growth. Sehingga rekrutmen baru ini akan sangat tidak dipertimbangkan.

Pemerintah juga nantinya akan membuka rekrutmen untuk talenta digital guna mendukung akselerasi ekonomi lokal dan nasional.

Demikian pembahasan tentang CASN 2024 digelar 3 bulan sekali, fokus utama untuk guru dan nakes. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad