Kotaku
Home Cpns dan PPPK Target Rekrutmen 1 Juta PPPK Guru untuk Honorer dan THK-II di Akhir 2024

Target Rekrutmen 1 Juta PPPK Guru untuk Honorer dan THK-II di Akhir 2024

Kotakuid – Kabar gembira untuk para guru honorer dan THK-II telah disampaikan secara resmi oleh Menpan RB bersama Mendikbud pada hari Senin, 27 November 2023, tepatnya setelah mengadakan pertemuan.

Sebagaimana yang diketahui, selama ini guru honorer dan THK-II masih mendapat masalah dalam hal pengangkatan agar menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kendala ini tentu membuat para guru honorer dan THK-II merasa khawatir akan keberlangsungan mata pencaharian mereka di masa yang akan datang.

Lantas, bagaimana informasi lengkap bagi guru honorer dan THK-II yang telah di sampaikan Menpan RB dan Mendikbud tersebut? Yuk simak infonya di sini.

Target Rekrutmen 1 Juta PPPK Guru

Pemerintah secara resmi membuat target untuk mengadakan rekrutmen 1 juta guru PPPK. Hal ini akan dilaksanakan secara resmi dengan batas waktu akhir tahun 2024 nanti.

Untuk mendetilkan pelaksanaan program rekrutmen ini, Menpan RB, Abdullah Azwar Anas telah mengadakan pertemuan bersama dengan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim.

MenpanRB menyampaikan bahwa target 1 juta guru PPPK adalah bentuk komitmen dari pemerintah dalam rangka peningkatan SDM dan bidang mendidikan adalah salah satu kuncinya.

“Hari ini saya bertemu dengan Mas Nadiem untuk mendetilkan terkait hal tersebut. Alhamdulillah, kami optimistis tahun 2024 target 1 juta guru PPPK bisa beres karena sekarang progresnya signifikan,” ucap Menpan.

Selanjutnya, MenpanRB menegaskan pula bahwa program yang difokuskan oleh Presiden Joko Widodo ini, akan diprioritaskan kepada para guru honorer dan THK-II yang telah sejak lama mengabdi.

Menpan juga menjelaskan bahwa tujuan pemerintah yaitu untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan menjadi 4 besar ekonomi dunia yang harus didukung dengan adanya SDM yang unggul.

Selain ditopang dengan kemajuan pendidikan, program ini juga akan didukung oleh peningkatan kualitas infrastruktur pendidikan serta asupan gizi untuk anak-anak Indonesia.

“Mudah-mudahan pertemuan dengan Mas Nadiem ini akan menjadi formula yang baik, dan kita akan terus menyisir dan memastikan tidak ada yang tertinggal,” ucap mantan kepala LKPP tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Mendikbudristek juga menjelaskan keyakinannya terkait atas pencapaian target 1 juta PPPK guru tersebut.

“Pak Menteri PANRB sangat support secara cepat sehingga kami yakin ini bisa terpenuhi,” tegas Mendikbud.

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut Menpan dan Mendikbud juga membahas mengenai pola karir dan pemerataan guru di wilatah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).

“Skema insentifnya ini kami detilkan dan nanti dituangkan di Peraturan Pemerintah,” ucap Menpan dikutip dari menpan.go.id.

“Insentifnya mulai dari sisi karir hingga insentif pendapatan, mudah-mudahan regulasinya bisa kita tuntaskan tidak lama lagi,” tambahnya mengakhiri penjelasan.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad