Kotaku
Home Cpns dan PPPK MenPAN RB Tetapkan 1,6 Juta Honorer jadi Prioritas Pengangkatan ASN 2024, Intip Kategorinya!

MenPAN RB Tetapkan 1,6 Juta Honorer jadi Prioritas Pengangkatan ASN 2024, Intip Kategorinya!

Kotaku.ID – Dalam menyambut tahun 2024, pemerintah terus mengejar target karena pada UU ASN, permasalahan non ASN harus selesai pada akhir Desember tahun 2024.

MenPAN RB Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa akan memprioritaskan 1,6 Juta tenaga honorer yang akan diangkat menjadi PPPK pada tahun depan.

Pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK ini menjadi solusi paling ampuh yang dilakukan pemerintah saat ini.

Pada UU No. 20 Tahun 2023 yang disahkan pemerintah dan MenPAN RB memutuskan untuk menyelesaikan permasalahan non ASN dengan cara pengangkatan.

Proses pengangkatan ini terus dikebut. MenPAN RB pun tengah merampungkan PP turunan UU ASN 2023 yang akan menjadi aturan terbaru dalam penataan ASN.

Selain 1,6 juta tenaga honorer yang akan diprioritaskan, terdapat kabar gembira pun ada untuk honorer lainnya. MenPAN RB pun menyiapkan kuota CASN 2024 besar-besaran untuk para tenaga honorer.

Diantaranya yang akan diproyeksikan dan dituntaskan di tahun 2024 yakni dari kategori eks THK II dan non ASN lainnya yang masih tersisa dari rekrutmen 2023.

Ada lagi prioritas dari tenaga honorer yang akan diangkat menjadi ASN 2024, yakni para guru yang telah mengabdi di daerah 3T.

Jadi, pemerataan guru di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) ini pun jadi salah satu fokus penataan ASN 2024.

Lebih lanjut, pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK 2024 ini nantinya akan dibagi menjadi PPPK penuh waktu dan paruh waktu.

Sementara penilaian yang diambil MenPAN RB dalam pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK 2024 ini adalah penilaian kinerja atau peringkat terbaik dari performa kerja.

Kemudian untuk guru honorer tak perlu khawatir, karena kalian yang mengabdi di daerah 3T atau daerah tertinggal ini akan diafirmasi menjadi PPPK juga.

Honorer diprioritaskan pada CASN 2024 sebagai bentuk upaya MenPAN RB dalam penyelesaian penataan tenaga honorer sehingga bisa segera selesai.

Karena, UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN memberikan batas waktu paling lambat Desember 2024 untuk penyelesaian honorer ini.

Nah itulah kabar bahagia terkait prioritas MenPAN RB dalam pengangkatan tenaga honorer menjadi PPPK 2024 terbaru. Semoga menjadi kabar bahagia pula untuk anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad