Kotaku
Home Cpns dan PPPK Kisi-Kisi Materi Soal SKB CPNS Instansi DPR RI 2023

Kisi-Kisi Materi Soal SKB CPNS Instansi DPR RI 2023

Kotakuid – Kisi-kisi materi soal SKB CPNS instansi DPR RI akan dibahas dalam pembahasan dibawah ini. Bagi para pelamar yang akan mengikuti seleksi bisa simak ulasannya dengan baik.

Para peserta baru saja menyelesaikan tahap kedua yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Para pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib ikut serta dalam Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan yaitu Seleksi Kompetensi Dasar. Pelamar yang berhasil lolos dalam tahap SKD harus mengikuti tahap SKB sebagai tahapan pelengkap.

Seleksi SKB rencananya akan menjadi salah satu tahapan seleksi CPNS dan PPPK yang akan di adakan pada tanggal 16 sampai 22 Desember untuk CPNS. Sedangkan tanggal 15-6 Desember 2023 mendatang adalah untuk seleksi PPPK.

Seleksi tambahan ini diketahui bertujuan untuk bisa meningkatkan keterampilan dan kemampuan peserta, yang juga jadwal dan materi SKB pada setiap instansi akan berbeda-beda.

Ada beberapa instansi yang mewajibkan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan ada juga instansi yang mewajibkan calonnya melalui beberapa tahapan seleksi, salah satunya yaitu instansi Setjen Dewan Perwakilan Daerah (DPR) RI.

Namun kembali lagi tidak semua instansi mempunyai penerapan tes yang sama. Sebagian instansi akan mencakup beberapa tes sekaligus, seperti diantaranya Psikotes, Tes kesegaran jasmani, Tes potensi akademik, Tes kemampuan bahasa asing, Tes kesehatan jiwa, Tes praktek kerja, Uji penambahan nilai dari sertifikat kompetensi, Wawancara, serta Tes lain sesuai persyaratan jabatan.

Berfokus pada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Setjen Dewan Perwakilan Daerah (DPR) RI tahun 2023, peserta merupakan peserta yang sebelumnya telah dinyatakan lolos dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan kode P/L.

Yang mana materi soal SKB dengan CAT CPNS 2023 ini telah tertuang dalam surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) nomor B/3187/M.SM.01.00/2023.

Adapun, selanjutnya peserta dapat mempersiapkan diri untuk ikut serta SKB cpns 2023.

Silahkan Anda simak materi soal SKB dengan menggunakan sistem CAT seleksi CPNS DPR RI 2023 per jabatan di bawah ini.

Materi soal SKB menggunakan metode CAT seleksi CPNS DPR RI 2023

1. Ahli Pertama – Analis Legislatif

– Kompetensi Umum: Konsep pembagian kekuasaan negara (eksekutif, legislatif, dan yudikatif) dan Konsep sistem pembentukan peraturan perundang-undangan

– Kompetensi Khusus:

  • UU MD3
  • Peraturan Presiden tentang Setjen DPR RI
  • Peraturan Menteri PANRB Nomor 11 Tahun 2022
  • Konsep dasar, teknik dan metode analisis
  • Konsep analisis deskriptif
  • Konsep dasar, teknik, dan metode asistensi dalam melakukan asistensi keahlian untuk mendukung pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang lembaga legislatif
  • Konsep dan teknik pemaparan hasil analisis

2. Ahli Pertama – Analis Pemantauan Peraturan Perundang-Undangan Legislatif

– Kemampuan Umum: Penyelenggaraan Negara, Kelembagaan DPR dan DPD dan Manajemen ASN

– Kemampuan Khusus: Sistem Pendukung (Supporting system) DPR dan DPD, JF Analis Pemantauan dan Pengkajian Evaluasi Peraturan Perundang-Undangan

3. Ahli Pertama – Perisalah Legislatif

– Kompetensi Umum: Kelembagaan Negara dan Sejarah Indonesia dan Manajemen ASN dan Pembentukan Perundang-Undangan

– Kompetensi Khusus: Kelembagaan DPR, Jabatan Fungsional Perisalah Legislatif dan penulisan sesuai PUEBI dan Instansi Pembina dan Instansi Pengguna Jabatan Fungsional Perisalah Legislatif

4. Terampil – Asisten Perisalah Legislatif

– Kompetensi Umum: Kelembagaan Negara dan Sejarah Indonesia dan Manajemen ASN dan Pembentukan Perundang-Undangan

– Kompetensi Khusus: Kelembagaan DPR, Jabatan Fungsional Perisalah Legislatif dan penulisan sesuai PUEBI dan Instansi Pembina dan Instansi Pengguna Jabatan Fungsional Asisten Perisalah Legislatif

Waktu Pengerjaan Soal SKB CPNS 2023

Total waktu ketika mengerjakan soal SKB CPNS 2023 yaitu sekitar 90 menit, dengan rincian jumlah soal berikut ini

  • 100 soal untuk jenis soal yang tidak dominan dengan hitungan
  • 80 soal untuk jenis soal yang dominan dengan hitungan

Setiap Instansi bisa mempunyai jumlah dan jenis SKB yang berbeda-beda. Ada beberapa Instansi yang memiliki syarat SKB dilakukan dengan metode sistem CAT saja dan ada juga Instansi yang syaratnya pelamar untuk mengikuti sejumlah tahapan seleksi seperti diantaranya Psikotest, tes kesegaran jasmani, dan wawancara.

Selain itu, diketahui pada tahun ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai panitia seleksi nasional tersebut mencatat jumlah pelamar yang telah mendaftar yakni 2.409.882 orang.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad