Kotaku
Home Cpns dan PPPK KemenPUPR Buka Rekrutmen CASN 2024, Ribuan Posisi Menanti Fresh Graduate

KemenPUPR Buka Rekrutmen CASN 2024, Ribuan Posisi Menanti Fresh Graduate

WhatsApp Image 2024 04 23 at 08.10.02

Kotaku.id KemenPUPR Buka Rekrutmen CASN 2024, Ribuan Posisi Menanti Fresh Graduate – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) sedang sibuk menangani proses persetujuan terkait penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 dari berbagai kementerian. Kali ini, KemenPANRB telah menyetujui rencana penerimaan CASN 2024 yang diajukan oleh Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR). Persetujuan tersebut mencakup sebanyak 26.319 posisi CASN yang telah diusulkan oleh KemenPUPR.

KemenPUPR mengajukan rencana penerimaan CASN 2024 kepada KemenPANRB dengan beragam alasan. Salah satunya adalah untuk mendukung upaya pemenuhan kebutuhan tenaga di Ibukota Negara Nusantara dan untuk mendukung kelancaran pembangunan infrastruktur.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, menyatakan bahwa persetujuan terhadap usulan ini dilakukan untuk mendukung prioritas pembangunan nasional yang tengah dijalankan oleh KemenPUPR.

KemenPUPR Buka Rekrutmen CASN 2024

KemenPUPR Buka Rekrutmen CASN 2024

Anas dari MenPANRB menyatakan bahwa KemenPUPR memiliki tanggung jawab utama dalam memajukan pembangunan infrastruktur, termasuk proyek strategis seperti IKN. Hal ini karena infrastruktur memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kualitas layanan publik. Sejalan dengan itu, KemenPANRB memberikan dukungan penuh dengan menetapkan kebutuhan pegawai baru untuk CPNS dan PPPK di KemenPUPR pada tahun 2024.

Penetapan kebutuhan pegawai CASN 2024 untuk KemenPUPR melibatkan rekrutmen CPNS dan PPPK. CPNS akan terbuka bagi para lulusan baru yang ingin bergabung, sementara PPPK ditujukan untuk para honorer yang telah berkontribusi sebelumnya. Total kebutuhan pegawai sebanyak 26.319 orang akan terbagi menjadi CPNS dan PPPK, dengan rincian sebagai berikut:

  • CPNS Tenaga Teknis sebanyak 6.385 orang.
  • CPNS Tenaga Kesehatan sebanyak 3 orang.
  • PPPK Tenaga Teknis sebanyak 19.931 orang.

Diharapkan bahwa jumlah kebutuhan yang disebutkan dapat memadai untuk mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten. Sehingga diharapkan akan membawa inovasi baru dalam upaya pembangunan infrastruktur. Upaya pemenuhan kebutuhan SDM di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) juga sejalan dengan salah satu fokus kebijakan pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) tahun 2024. Dengan itu untuk meningkatkan efisiensi kerja Instalasi Ketenagakerjaan Nasional (IKN).

KemenPUPR memegang peran yang sangat penting dalam persiapan serta pembangunan IKN untuk memastikan keberadaannya siap diisi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada bulan Juli mendatang. “Harapannya, usulan kebutuhan dari KemenPUPR ini akan terpenuhi dengan baik, menghasilkan individu-individu berbakat dan unggul. Hal ini yang akan menjadi ujung tombak dalam percepatan pembangunan nasional, terutama dalam penyediaan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia.

Usulan Lain Untuk Tenga Kerja Non-ASN

Selain itu, usulan ini juga bertujuan untuk menangani kebutuhan tenaga kerja non-ASN yang saat ini ada di lingkup KemenPUPR,” jelas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MePUPR) Basuki Hadimuljono juga memberikan penghargaan kepada KemenPANRB atas upayanya dalam memenuhi usulan kebutuhan CASN 2024 untuk KemenPUPR. “Kami mengucapkan terima kasih kepada MenPANRB atas kesediaannya dalam memenuhi usulan ini. Semoga dengan adanya langkah ini, kami dapat mendapatkan individu-individu baru yang kompeten dan berkualitas dalam upaya membangun negara. Serta dapat mengatasi tantangan yang ada terkait kebutuhan tenaga kerja non-ASN di KemenPUPR,” ungkap MePUPR Basuki.

Diharapkan dengan adanya pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) tahun 2024 di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pembangunan infrastruktur di Indonesia dapat tersebar secara merata dengan lebih cepat.

Persyaratan mendaftar CASN KemenPUPR 2024

Persyaratan mendaftar CASN KemenPUPR 2024

Untuk dapat mendaftar dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) tahun 2024, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi, di antaranya sebagai berikut:

1.      Warga Negara Indonesia (WNI)

Untuk mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) tahun 2024, calon harus memiliki status sebagai warga negara Indonesia.

2.      Usia Minimal dan Maksimal

Calon harus berusia minimal 18 tahun pada saat mendaftar. Untuk pendaftaran sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), batas usia maksimal adalah 35 tahun, sedangkan untuk pendaftaran sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), batas usia maksimal adalah 56 tahun.

3.      Rekam Jejak Hukum

Calon tidak boleh memiliki catatan hukum yang merugikan, seperti pernah menjalani hukuman pidana. Selain itu, mereka juga tidak boleh pernah dipecat dengan tidak hormat dari jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), atau dari jabatan lainnya.

4.      Tidak Terlibat dalam Politik

Calon tidak boleh menjadi anggota atau pengurus partai politik. Hal ini bertujuan untuk memastikan independensi dan netralitas dalam menjalankan tugas sebagai pegawai negeri.

5.      Kesehatan Jasmani dan Rohani

Calon diharapkan untuk memiliki kondisi kesehatan yang prima secara fisik maupun mental, sehingga mampu menjalankan tugas-tugas sebagai pegawai negeri dengan baik.

6.      Kualifikasi Pendidikan yang Sesuai

Calon harus memenuhi kualifikasi pendidikan yang ditetapkan untuk formasi jabatan yang dilamar. Misalnya, untuk formasi jabatan yang membutuhkan lulusan sarjana, calon harus memiliki gelar sarjana sesuai dengan bidang yang ditentukan.

Dengan memenuhi semua persyaratan yang telah disebutkan di atas, calon dapat mengajukan diri untuk menjadi bagian dari tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) tahun 2024. Semoga dengan kualifikasi yang sesuai, semangat yang kuat, dan dedikasi yang tinggi. Mereka dapat memberikan kontribusi positif dalam memajukan sektor ini demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad