Kotaku
Home Cpns dan PPPK KemenPAN-RB Buka Lowongan Baru CPNS 2024! Apa itu?

KemenPAN-RB Buka Lowongan Baru CPNS 2024! Apa itu?

Kotaku.id KemenPAN-RB Buka Lowongan Baru CPNS 2024! Apa itu? – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas, secara terbuka memaparkan niatnya untuk menggelar proses penerimaan talenta digital dalam rangka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun 2024 mendatang. Keputusan ini mencakup proses seleksi bagi CPNS 2024 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Anas menyoroti bahwa dalam konteks Indonesia, peran talenta digital seringkali terbatas pada sektor ekonomi hilir, seperti perdagangan elektronik (e-commerce) dan keuangan, terutama dalam layanan pinjaman daring. Namun, ia merasa bahwa kontribusi dari sektor hulu, yang merupakan bagian inti dari industri digital, masih belum mencapai potensi optimalnya. Oleh karena itu, rencana penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan keahlian di bidang digital diharapkan dapat menjadi katalisator yang mendorong pertumbuhan sektor ini.

Anas menjelaskan lebih lanjut bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki keahlian di bidang digital direncanakan untuk dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memberikan dampak positif dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Oleh karena itu, pihaknya berencana untuk membuka proses rekrutmen bagi para talenta digital pada tahun mendatang sebagai langkah konkret dalam mewujudkan visi ini. Pernyataan ini disampaikan oleh Anas dalam acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi AKIP, RB, dan ZI, yang disiarkan secara langsung melalui kanal resmi Youtube Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) pada Rabu, 6 Desember 2023.

KemenPAN-RB Buka Lowongan Baru CPNS 2024! Apa itu?

KemenPAN-RB Buka Lowongan Baru CPNS 2024! Apa itu?
KemenPAN-RB Buka Lowongan Baru CPNS 2024! Apa itu?

Untuk mendorong perkembangan talenta digital di sektor hulu, Anas dengan tegas menegaskan bahwa rekrutmen ini tidak hanya berfokus pada posisi di bidang pemasaran, melainkan juga akan melibatkan partisipasi dalam proses digitalisasi di berbagai sektor, termasuk pertanian dan koperasi.

Selama ini, kita telah mengenal talenta digital dalam konteks pemasaran atau layanan keuangan digital, sehingga penetrasi digital lebih dominan di bagian akhir rantai produksi. Namun, pandangan ke depan adalah untuk mendorong digitalisasi di bagian awal rantai, seperti mengaplikasikan teknologi digital dalam pertanian dan menghadirkan inovasi digital di sektor koperasi. Keyakinan ini muncul karena diharapkan akan memberikan dampak positif yang luas pada perekonomian.

Anas, sebagai informasi tambahan, sebelumnya telah mengumumkan bahwa seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2024 akan lebih difokuskan pada para lulusan baru atau fresh graduate. Langkah ini diambil karena kuota untuk fresh graduate dalam tiga tahun terakhir dinilai kurang memadai. Dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun ini, hanya 20% dari total formasi yang dialokasikan untuk fresh graduate.

Walaupun Anas belum dapat memberikan rincian terkait besaran kuota yang diusulkan untuk tahun depan, ia menyatakan bahwa dalam seleksi tahun ini, formasi yang disediakan terbatas hanya untuk sekitar 28.000 posisi. “Kemarin cuma 28.000-an (posisi). Tentu kami usulkan, kita petakan nanti kita akan cek. Saya tidak berani mendahului Presiden Jokowi untuk kami petakan. Apakah jumlahnya 100 ribu atau 200 ribu nanti kita tunggu, ini sedang koordinasi cepat keputusan Presiden,” ungkapnya saat diwawancara di Aston Hotel TB Simatupang, Jakarta Selatan, pada Rabu (23/11/2023).

Strategi Jitu Lolos CPNS 2024

Strategi Jitu Lolos CPNS 2024
Strategi Jitu Lolos CPNS 2024

Untuk berhasil lolos dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024, Anda dapat mempertimbangkan beberapa strategi yang terbukti efektif. Berikut dibawah ini adalah beberapa tips yang mungkin berguna:

1.      Pahami Syarat dan Ketentuan

Pastikan Anda memahami syarat dan ketentuan pendaftaran CPNS 2024 tahun mendatang dengan baik. Perhatikan persyaratan pendidikan, kesehatan, dan persyaratan administrasi lainnya.

2.      Pelajari Materi Ujian

Persiapkan diri Anda dengan baik untuk menghadapi tes seleksi. Pelajari materi ujian yang melibatkan pengetahuan umum, kemampuan bidang, dan tes kompetensi dasar (TKD). Gunakan sumber daya resmi dan terpercaya sebagai bahan referensi. Usahakan mengikuti kelas bimbel, karena dikelas bimbingan belajar ada ujian uji coba seperti try out.

3.      Praktik Soal-soal Latihan

Lakukan latihan soal secara rutin. Ini membantu Anda mengukur kemampuan dan kesiapan Anda untuk menghadapi jenis pertanyaan yang mungkin muncul pada saat ujian. Pastikan untuk memahami logika dan pola soal.

4.      Ikuti Pelatihan atau Bimbingan

Bergabung dengan kursus atau bimbingan khusus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dapat membantu Anda mendapatkan panduan yang lebih terarah. Ini juga dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang tata cara tes dan strategi menjawab soal.

5.      Perhatikan Waktu

Latihan dengan mengatur waktu adalah kunci sukses dalam ujian CPNS 2024. Berlatihlah untuk menjawab soal dalam batas waktu yang ditentukan agar Anda terbiasa dengan tekanan waktu.

6.      Pahami Sistem CAT (Computer Assisted Test)

Jika tes dilakukan secara komputer, pastikan Anda memahami sistem Computer Assisted Test (CAT). Latihan menggunakan sistem ini dapat membantu meningkatkan kenyamanan Anda saat mengerjakan ujian online.

7.      Rencanakan Strategi Studi

Buat jadwal studi yang terorganisir. Fokus pada materi yang paling sulit terlebih dahulu, dan pastikan Anda menyisihkan waktu untuk istirahat agar tidak kelelahan.

8.      Pantau Informasi Terkini

Tetap terinformasi tentang perubahan atau pembaruan terkait seleksi CPNS 2024. Ikuti informasi resmi dari instansi terkait dan perhatikan batas waktu pendaftaran dan pelaksanaan ujian.

9.      Perbaiki Kelemahan

Identifikasi area kelemahan Anda dan perbaiki melalui latihan dan pemahaman mendalam. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari guru atau juga teman yang berpengalaman.

10.  Tetap Tenang dan Percaya Diri

Jaga kesehatan mental Anda. Tetap tenang dan juga percaya diri saat anda menghadapi ujian. Keselarasan antara kesiapan mental dan pengetahuan teknis sangat penting.

Ingatlah bahwa persiapan yang baik dan konsisten adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi seleksi CPNS 2024 tahun mendatang. Selamat belajar dan semoga sukses!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad