Honorer Harus Tahu, Ini Tahapan Pendaftaran SSCASN PPPK Guru 2023

Table of content:
KotakuID – Proses pendaftaran penerimaan PPPK guru 2023 sudah dimulai pada tanggal 20 September lalu.
Pemerintah telah resmi membuka 573.496 formasi ASN untuk tahun 2023, dan dari jumlah tersebut formasi khusus PPPK guru mencapai 296.084 orang.
Pendaftaran PPPK Guru tahun 2023 mempunyai dua jenis pendaftar, yaitu kebutuhan umum dan khusus.
Kebutuhan umum terbuka untuk lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang telah terdaftar dalam data kelulusan profesi guru Kemendikbudristek. Dan guru yang terdaftar di dalam Dapodik Kemendikbudristek.
Sementara itu, penempatan dan prioritas pelamar juga menjadi bagian penting pada proses seleksi ini.
Dengan guru yang telah lulus Passing Grade PPPK akan mendapatkan prioritas utama, diikuti dengan guru THK – II. Ada juga guru honorer sekolah negeri dengan pengalaman lebih dari 3 tahun.
Berikut ini adalah tahapan pendaftaran SSCASN PPPK Guru 2023 yang perlu diikuti oleh para calon pelamar:
1, Daftar Akun PPPK Guru 2023
- Silahkan kunjungi situs resmi pendaftaran di laman https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun.
- Jika sudah maka isi informasi pribadi seperti NIK, Nama Lengkap, Tempat Tanggal Lahir, No Handphone, dan Email.
- Selanjutnya buat password akun SSCASN dan jawab pertanyaan keamanan.
- Jika sudah maka upload foto KTP dengan ukuran maksimal 200 KB.
- Lakukan verifikasi dengan swatoto.
- Selanjutnya, cetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti pendaftaran.
2. Penentuan Prioritas
Sistem nantinya akan menentukan prioritas dengan ketentuan sebagai berikuy:
- P1 wajib untuk mendaftar sampai Resume
- P2 dan P3 tidak bisa turun status jika tidak tersedia formasi yang dibuka
- P4 dapat mendaftar saat formasi untuk P4 masih tersedia
- P3 dan P4 bisa naik status jadi P2 jika termasuk THI.
Dalam proses ini ada tahapan konfirmasi oleh para peserta.
3. Daftar Formasi PPPK Guru 2023
- Silahkan isi biodata lengkap.
- Pilih jenis seleksi (PPPK Guru) dan pendidikan sesuai dengan DAPODIK dan Jabatan.
- Unggah dokumen yang dibutuhkan, seperti resume.
- Cetak Kartu Pendaftaran sebagai bentuk bukti pendaftaran.
4. Seleksi Administrasi
- Panitia kemudian akan memverifikasi data pelamar.
- Hasil seleksi administrasi ini akan diumumkan.
- Pelamar yang tidak lulus seleksi administrasi bisa melakukan sanggahan.
- Panitia selanjutnya akan mengumumkan hasil sanggahan.
- Pelamar yang dinyatakan lulus bisa mencetak Kartu Ujian.
- Pelamar dengan pelaksanaan seleksi di luar negeri tidak bisa melakukan proses seleksi administrasi.
5. Seleksi Kompetensi
- Peserta yang berhasil lolos seleksi administrasi akan dikirimkan data ke dalam CAT-BKN untuk melakukan Ujian Seleksi Kompetensi.
- Nilai seleksi kompetensi ini akan dikirimkan ke SSCASN untuk pengolahan nilai.
6. Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2023
- Panitia kemudian akan mengumumkan hasil seleksi kompetensi.
- Pelamar yang dinyatakan lulus wajib melakukan pemberkasan.
Persyaratan ini merupakan bagian penting dari proses pendaftaran PPPK Guru 2023, dan calon pelamar diharapkan bisa memahaminya dengan baik.
Selain beberapa tahapan di atas, calon pelamar juga wajib memenuhi persyaratan dokumen yang dibutuhkan ketika mendaftar.
Dengan persiapan yang baik, calon pelamar akan meningkatkan peluang mereka untuk meraih posisi sebagai PPPK Guru 2023.
Semoga informasi di atas bisa membantu para calon pelamar agar mempersiapkan diri dengan baik untuk ikuti proses pendaftaran dan seleksi.