Kotaku
Home Cpns dan PPPK CPNS 2024 dibuka Maret dan PPPK Bulan Juni, Ini Kata BKN!

CPNS 2024 dibuka Maret dan PPPK Bulan Juni, Ini Kata BKN!

image 137

Kotaku.id CPNS 2024 dibuka Maret dan PPPK Bulan Juni, Ini Kata BKN! – Persiapkan diri Anda karena pada bulan Maret ini, tahapan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 akan dibuka, sementara untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dimulai pada bulan Juni mendatang. Informasi ini disampaikan melalui pengumuman resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang memberikan pembaruan terkini mengenai proses seleksi CPNS dan PPPK untuk tahun 2024. Dalam pengumuman tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, menjelaskan bahwa seleksi CPNS 2024 akan dilakukan dalam tiga periode berbeda.

Untuk periode pertama, pengumuman dan tahapan administrasi seleksi CPNS 2024 serta Seleksi Kedinasan akan dimulai pada minggu ketiga bulan Maret 2024. Sementara itu, periode kedua akan melibatkan pengumuman dan tahapan administrasi penerimaan CPNS dan PPPK, yang dijadwalkan berlangsung pada bulan Juni 2024.

Adapun untuk periode ketiga, pengumuman dan tahapan administrasi penerimaan CPNS 2024 dan PPPK akan diumumkan pada bulan Agustus 2024. Jadi, dengan jadwal yang telah ditetapkan ini, para calon pelamar diharapkan dapat mempersiapkan diri secara optimal untuk mengikuti setiap tahapan seleksi yang akan dilakukan oleh BKN.

CPNS 2024 dibuka Maret dan PPPK Bulan Juni, Ini Kata BKN!

CPNS 2024 dibuka Maret dan PPPK Bulan Juni, Ini Kata BKN!
CPNS 2024 dibuka Maret dan PPPK Bulan Juni, Ini Kata BKN!

Pihak yang bersangkutan juga memastikan bahwa pemerintah akan membuka 2,3 juta posisi untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), sesuai dengan arahan yang diberikan oleh Presiden Jokowi. Haryomo menyatakan, “Untuk mengakomodir formasi tersebut, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan melaksanakan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara tahun 2024 dalam tiga periode,” seperti yang diungkapkan dalam keterangan resmi pada hari Kamis, tanggal 18 Januari tahun 2024.

Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga menambahkan bahwa selama pelaksanaan seleksi CASN tahun 2023, ada beberapa catatan yang diambil oleh tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) untuk menjadi bahan evaluasi. Pertama, dalam fase seleksi administrasi, ditemukan ketidakakuratan dalam verifikasi yang dilakukan oleh Pansel Instansi.

Ketidakakuratan tersebut mencakup aspek kualifikasi pendidikan, sertifikasi yang tidak valid, pengalaman kerja, dan NIK yang tidak dapat ditemukan. Selanjutnya, pada fase pelaksanaan seleksi, masih banyak ditemukan praktik perjokian. Selain itu, pada fase hasil seleksi, terdapat konversi nilai CAT sebagai dampak dari pelaksanaan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan (SKTT), yaitu nilai CAT ≥50 persen, nilai SKTT ≤50 persen (norma umum), dan nilai CAT 70 persen + nilai SKTT 30 % (bagi guru).

Tips Buat Akun SSCASN dan Dengan Benar

Pada waktu yang akan datang, rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 akan segera dimulai, dan untuk itu, informasi mengenai langkah-langkah pembuatan akun dalam Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) beserta petunjuk menyeluruhnya akan menjadi hal yang sangat berguna.

Pemerintah telah mengumumkan niatannya untuk membuka kembali peluang rekrutmen CPNS 2024 dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tahun 2024, sebuah keputusan yang diumumkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Muhammad Azwar Anas, setelah pertemuan dengan Presiden Jokowi pada Jumat, tanggal 5 Januari 2024.

Menurut Anas, sebanyak 2,3 juta formasi akan menjadi kuota yang tersedia untuk penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di tahun 2024. Angka ini terbagi ke dalam berbagai kategori, dengan 429.183 formasi diperuntukkan untuk instansi pusat. Di antara formasi tersebut, sebanyak 207.247 kursi disediakan untuk CPNS Fresh Graduate atau umum, sedangkan 15.460 kursi lainnya diperuntukkan untuk CPNS dosen. Selain itu, terdapat 191.787 kursi untuk CPNS tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Sementara itu, penerimaan PPPK untuk tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis memiliki kuota sebanyak 221.936 kursi. Anas menekankan bahwa kebutuhan instansi daerah jauh lebih besar dibandingkan dengan instansi pusat. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah melebihi 70 persen dari total ASN yang ada di pusat.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti rekrutmen tersebut, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat akun dalam Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN)? Meskipun informasi terkait rekrutmen tahun 2024 belum diumumkan secara resmi, panduan lengkap mengenai cara membuat akun SSCASN dapat ditemukan di situs yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Indonesiabaik.id.

Cara Buat Akun SSCASN CPNS 2024

Cara Buat Akun SSCASN CPNS
Cara Buat Akun SSCASN CPNS 2024

Anda dapat mengakses portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) dengan membuka link sscasn.bkn.go.id. Setelah itu, silakan klik opsi “Buat Akun”, yang akan membawa Anda ke halaman.

1.      Langkah 1: Pengecekan Identitas

Di sana, isi dengan teliti data sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP), termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga, Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. Selanjutnya, tambahkan Nomor Handphone dan Email Pribadi yang masih aktif. Jangan lupa untuk memasukkan kode CAPTCHA yang sudah tertera. Setelah semua data di atas diisi, klik tombol “Lanjutkan” untuk melanjutkan proses pendaftaran.

2.      Langkah 2: Lengkapi Data

Pada langkah ini, masukkan Email, Nama Tanpa Gelar (sesuai dengan data Ijazah), Tempat Lahir (sesuai KTP), Kabupaten/Kota Lahir (sesuai Ijazah), dan Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah). Selanjutnya, pilih jenis kelamin yang sesuai, unggah foto scan KTP, dan ikuti petunjuk untuk mengunggah swafoto sesuai dengan ketentuan. Klik “Lanjutkan” untuk melanjutkan ke langkah yang berikutnya.

Setelah itu, Anda akan melihat tampilan “Langkah 3: Pengecekan Ulang Data”. Di tahap ini, pastikan untuk melakukan pengecekan ulang terhadap semua data yang telah dimasukkan sebelumnya. Sebelum menyelesaikan proses pendaftaran akun, sistem akan meminta konfirmasi sekali lagi apakah data yang diinput sudah sesuai atau perlu diperbarui.

Jika semuanya sudah sesuai, Anda dapat mencetak kartu informasi akun dengan memilih opsi “Cetak Informasi Pendaftaran”. Setelah mencetak kartu tersebut, lanjutkan ke proses “Login Pendaftaran”. Ini adalah panduan lengkap tentang cara membuat akun SSCASN sebagai persiapan menghadapi pembukaan CPNS 2024. Semoga panduan ini membantu Anda dengan baik!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad