Kumpulan Contoh Soal AKG Guru Kelas MI 2024 Beserta Jawabannya
Daftar isi:
KOTAKU.ID – Yuk simak kumpulan contoh soal AKG Guru Kelas MI 2024 dibawah ini sebagai persiapan untuk menghadapi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan.
Dilansir dari laman resmi Kemenag, AKGTK akan diadakan mulai pada tanggal 24 – 26 Juni 2024, dan wajib diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, serta guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA.
Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan atau AKGT dilakukan secara daring di Tempat Asesmen Kompetensi (TAK) yang biasanya berlokasi di satuan pendidikan madrasah terdekat di Kabupaten/Kota masing-masing.
Nah, bagi bapak/ibu guru yang nantinya akan mengikuti asesmen tersebut maka dapat mempersiapkan diri dengan mempelajari kumpulan soal AKG Guru Kelas MI 2024 dibawah ini. Selengkapnya, berikut ini kumpulan contoh soal AKG Kemenag 2024 lengkap dengan kunci jawaban.
Contoh Soal AKG Guru Kelas MI 2024 dan Kunci Jawaban
Soal 1
Untuk mendapatkan penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek …
A. kepribadian, kognitif, dan afektif
B. kognitif, kepribadian, dan psikomotor
C. afektif, kognitif, dan mental
D. kognitif, psikomotor, dan afektif
E. psikomotor, kognitif, dan minat
Jawaban: D
Soal 2
Kegiatan guru dalam melibatkan peserta didik untuk mencari informasi yang luas dan dalam terkait topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan berbagai macam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, serta sumber belajar lain; memfasilitasi interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, serta sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik dengan aktif pada setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik dalam melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan …
A. Elaborasi
B. Eksplorasi
C. Konfirmasi
D. Browsing
E. Contextual teaching learning
Jawaban: B. Eksplorasi
Soal 3
Upaya yang dapat dilakukan untuk merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal terlihat dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi
E. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
Jawaban: D
Soal 4
Penilaian portofolio bisa dilakukan dengan cara….
A. memberikan penilaian secara menyeluruh pada tugas-tugas peserta didik
B. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik
C. mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta didik untuk dapat melihat kesulitan para peserta didik dalam memahami pokok bahasan tertentu lalu kemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi
E. mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas, gambar-gambar serta hasil ulangan tiap peserta didik
Jawaban: C
Soal 5
Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal yang harus diperhatikan yaitu…
A. Alokasi waktu yang diperlukan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
B. SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan (terdapat pada silabus yang telah disusun)
C. Alat/bahan/ sumber belajar yang akan digunakan
D. Kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, dan teknik penskoran
E. Identifikasi materi ajar berdasarkan pada materi pokok/pembelajaran yang ada di dalam silabus
Jawaban: B
Soal 6
Contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, antara lain …
A. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
B. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik serta menyimpulkan suatu materi.
C. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
D. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
E. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
Jawaban: B
Soal 7
Dalam kaitannya dengan upaya untuk dapat memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran dapat berlangsung efektif, maka guru perlu berfokus pada …
A. Metode pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Gaya pembelajaran
E. Kemampuan belajar
Jawaban: C
Soal 8
Untuk dapat memudahkan penetapan desain pembelajaran, bisa mengacu pada rumusan …
A. kompetensi dasar
B. standar kompetensi
C. indikator
D. metode pembelajaran
E. sumber belajar
Jawaban: A
Soal 9
Di setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama dengan peserta didik melakukan kegiatan refleksi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk …
A. mengukur ketuntasan peserta didik
B. mengukur efektivitas proses pembelajaran
C. mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
D. menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
E. mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran
Jawaban: C
Kesimpulan
Itulah pembahasan terkait contoh soal AKG Guru Kelas MI 2024. Demikian pembahasan kali ini, semoga contoh soal diatas bermanfaat bagi para guru yang akan melaksanakan AKGTK.