Kotaku
Beranda Pendidikan Untuk Guru Lengkap! Ini Contoh Rukol Modul 2.1 Guru Penggerak Terbaru 2024

Lengkap! Ini Contoh Rukol Modul 2.1 Guru Penggerak Terbaru 2024

KOTAKU.ID – Pembahasan dibawah ini akan menjelaskan secara lengkap terkait contoh rukol modul 2.1 guru penggerak terbaru 2024. Perlu diketahui, salah satu tugas yang perlu dilakukan oleh Guru Penggerak yaitu membuat ruang kolaborasi (rukol) sesama peserta. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menerapkan Modul 2.1, yaitu Pembelajaran Berdiferensiasi. Lalu, bagaimana contoh rukol tersebut dan bagaimana cara membuatnya?

Guru Penggerak adalah para pendidik yang berasal dari seluruh Indonesia yang mana telah menyelesaikan program rekrutmen Guru Penggerak. Adapun untuk ini telah dibuka pendaftarannya untuk Angkatan 11 hingga 27 Oktober mendatang.

Sehubungan dengan program ini, Guru Penggerak 2024 bisa membuat ruang kolaborasi antara sesama guru. Sesuai pada Modul 2.1, mereka nantinya diperintahkan untuk memberikan pelajaran kepada murid sesuai dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Pembelajaran Berdiferensiasi ini diketahui dideskripsikan sebagai metode yang memusatkan belajar pada murid. Dengan demikian, mereka bisa leluasa untuk dapat menaikkan potensinya masing-masing.

Adapun hal yang dilihat dari murid ini yaitu minat, kesiapan belajar, dan profil belajarnya. Selanjutnya, memfokuskan juga terhadap sistem belajar melalui proses, konten, serta produk pembelajarannya.

Isi Tugas Rukol Modul 2.1 Guru Penggerak

Rukol Modul 2.1 ini berisikan beberapa macam hasil analisis guru pada kondisi murid-muridnya sebelum menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang mana fokusnya ada pada anak didiknya. Dibawah ini merupakan isi tugas rukol Modul 2.1 tersebut.

1. Formulir Pemetaan Kebutuhan Belajar Murid

Di bagian ini, dideskripsikan tujuan pembelajaran, nama, preferensi gaya belajar, sampai dengan kesiapan belajar peserta didik.

2. Pemetaan Kebutuhan Belajar Murid Berdasarkan Kesiapan Belajar

Dari formulir sebelumnya, guru nantinya akan mengetahui tingkat kesiapan masing-masing siswa. Bagian ini juga berfungsi untuk dapat menjabarkan masing-masing nama peserta didik serta tingkatan kesiapan belajarnya.

3. Pemetaan Kebutuhan Belajar Murid Berdasarkan Profil Belajar

Di bagian ini akan dijelaskan masing-masing profil belajar siswa yang sesuai pilihan siswa, misalnya saja da visual, kinestetik, atau auditori. Kemudian mereka nantinya akan diberikan diferensiasi sesuai dengan profilnya, contohnya terkait dengan proses atau produk yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Setelah itu guru bisa melanjutkan isi rukol Modul 2.1 Guru Penggerak 2024 dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP.

Adapun, RPP ini berisi sejumlah informasi sebagai berikut.

  1. Kompetensi Inti
  2. Kompetensi Dasar
  3. Tujuan Pembelajaran
  4. Kegiatan Pembelajaran
  5. Penilaian Pembelajaran

Cara Membuat Rukol Modul 2.1 Guru Penggerak 2024

Berikut ini merupakan penjelasan lengkap terkait cara untuk membuat rukol Modul 2.1 Guru Penggerak 2024.

  1. Silahkan buat gambaran pembelajaran dan tujuannya, misalnya bertujuan untuk mengajarkan materi iklan;
  2. Selanjutnya membuat skenario pembelajarannya, mulai dari diskusi seluruh kelas, kerja individu/pasangan/kelompok kecil, sampai dengan membuat kelompok kecil baru;
  3. Mereka nantinya akan berdiskusi terkait materi yang dibahas;
  4. Kelompok nantinya akan dipersatukan lagi ke dalam kelompok besar untuk berdiskusi;
  5. Memberikan tugas sesuai pada kemampuan individu, misalnya saja membuat iklan;
  6. Silahkan buat pertanyaan dan jawaban skenario pembelajaran pertama terkait kebutuhan belajar murid yang perlu didukung guru;
  7. Menjawab pertanyaan terkait cara guru untuk menentukan kebutuhan belajar peserta didik;
  8. Menjelaskan strategi pembelajaran berdiferensiasi tentang apa yang digunakan;
  9. Berikan jabaran terkait cara guru memberikan nilai pada masing-masing siswa

Contoh Rukol Modul 2.1 Guru Penggerak

Berikut ini merupakan contoh tugas ruang kolaborasi modul 2.1 guru penggerak tahun 2024:

Tugas 1: Menyusun Rencana Pembelajaran dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi

Tujuan:

  • Dapat membuat rencana pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi
  • Dapat berkolaborasi dengan sesama CGP untuk dapat membuat rencana pembelajaran

Langkah-langkah:

  1. CGP akan membentuk kelompok dengan anggota minimal sebanyak 3 orang
  2. Setiap kelompok perlu salah satu mata pelajaran yang akan diajarkan
  3. Setiap kelompok akan membuat rencana pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi
  4. Setiap kelompok akan mempresentasikan rencana pembelajarannya di depan kelompok lain
  5. Kelompok lain akan memberikan masukan dan saran untuk rencana pembelajaran yang telah dipresentasikan

Tugas 2: Menyusun Instrumen Penilaian dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi

Tujuan:

  • Dapat membuat instrumen penilaian dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi
  • Dapat berkolaborasi dengan sesama CGP untuk dapat membuat instrumen penilaian

Langkah-langkah:

  1. CGP wajib membentuk kelompok dengan anggota minimal 3 orang
  2. Setiap kelompok harus memilih salah satu mata pelajaran yang akan diajarkan
  3. Setiap kelompok akan membuat instrumen penilaian dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi
  4. Setiap kelompok harus mempresentasikan instrumen penilaiannya di depan kelompok lain
  5. Kelompok lain memberi masukan dan saran untuk instrumen penilaian yang telah dipresentasikan

Tugas 3: Melaksanakan Refleksi Pembelajaran dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi

Tujuan:

  • Dapat melakukan refleksi pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi
  • Dapat berkolaborasi dengan sesama CGP untuk melaksanakan refleksi pembelajaran

Langkah-langkah:

  1. CGP perlu membentuk kelompok dengan anggota minimal sebanyak 3 orang
  2. Setiap kelompok perlu salah satu mata pelajaran yang telah diajarkan
  3. Setiap kelompok melaksanakan refleksi pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi
  4. Setiap kelompok menyampaikan presentasi terkait hasil refleksi pembelajarannya di depan kelompok lain
  5. Kelompok lain memberi masukan dan saran untuk hasil refleksi pembelajaran yang telah dipresentasikan

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait contoh rukol modul 2.1 guru penggerak 2024 terbaru. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan terkait contoh rukol modul 2.1 guru penggerak 2024 terbaru di atas bermanfaat bagi Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan