Kotaku
Home Cpns dan PPPK Begini Cara Cek Formasi CPNS dan PPPK 2024 Dengan Mudah

Begini Cara Cek Formasi CPNS dan PPPK 2024 Dengan Mudah

Kotaku.idBegini Cara Cek Formasi CPNS dan PPPK 2024 Dengan Mudah – Pemerintah berencana untuk membuka kembali Seleksi CPNS dan PPPK 2024, demikian yang diumumkan oleh Menpan-RB Abdullah Azwar Anas dalam keterangan resminya pada Senin (15/1/2024). Menurutnya, rencananya CPNS tahun 2024 ini akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang. Meskipun saat ini pemerintah masih tengah melakukan pembahasan teknis dengan semua instansi terkait, pengumuman resmi akan disampaikan pada waktu yang akan ditentukan.

Abdullah Azwar Anas menjelaskan bahwa pelaksanaan seleksi awal direncanakan pada bulan Mei, dan jika formasi yang dibutuhkan belum terpenuhi, maka seleksi berikutnya dapat dibuka hingga akhir tahun 2024. Hal ini disampaikannya kepada Bisnis pada hari Senin.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa pemerintah akan memberikan prioritas pada fresh graduate atau lulusan baru, tenaga guru, dan tenaga kesehatan dalam rekrutmen CPNS 2024. Dalam sebuah video yang diunggah oleh KemenpanRB, Jokowi mengungkapkan bahwa rekrutmen CPNS 2024 akan menawarkan total formasi sebanyak 2,3 juta pada tahun 2024 ini.

Sebanyak 690 ribu formasi dalam rencana penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 akan disediakan khusus bagi para lulusan baru atau fresh graduate. Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pemerintah memberikan peluang emas bagi para lulusan baru dengan membuka kesempatan penerimaan CPNS tahun 2024, mencakup 690 ribu orang. Rinciannya, 207 ribu formasi akan tersedia di instansi pusat, sementara 483 ribu formasi lainnya akan disediakan di instansi daerah. Hal ini diungkapkan oleh Jokowi pada Jumat, 5 Januari 2024.

Selain itu, pemerintah juga berkomitmen untuk menyelesaikan penataan non-ASN berdasarkan database Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dalam konteks ini, pemerintah berencana memberikan kesempatan berkarir melalui penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 690 ribu orang. Presiden Jokowi menegaskan bahwa prioritas penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS akan diberikan kepada tenaga pengajar, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Sebagai hasilnya, pemerintah berambisi membuka sebanyak 2 juta 300 formasi pada tahun ini.

Rincian Formasi CPNS dan PPPK 2024

Rincian Formasi CPNS 2024
Rincian Formasi CPNS 2024

Pembagian kuota untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2024 dapat diuraikan sebagai berikut. Pada tingkat instansi pusat, terdapat 207.247 posisi untuk CPNS dan 221.936 posisi untuk PPPK.

Sementara itu, pada tingkat instansi daerah, kuota Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS mencapai 483.575 posisi, sedangkan untuk PPPK mencapai 1.383.758 posisi. Rinciannya untuk PPPK adalah 419.146 posisi untuk kategori Guru, 417.196 posisi untuk Tenaga Kesehatan, dan 547.416 posisi untuk Tenaga Teknis.

Dengan demikian, pengelompokan alokasi posisi ini mencerminkan upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di berbagai sektor, seperti pendidikan, kesehatan, dan bidang teknis, guna mendukung pelayanan publik yang optimal di seluruh wilayah Indonesia.

Cara Cek Formasi CPNS dan PPPK 2024 Dengan Mudah

Bagi mereka yang tertarik untuk mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dapat melakukan pengecekan terkait jumlah posisi yang tersedia di setiap instansi. Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga telah menyediakan informasi rinci mengenai jumlah posisi dan jabatan yang saat ini dibutuhkan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memeriksa formasi CPNS dan PPPK 2024:

  • Silakan mengunjungi situs resmi BKN di https://sscasn.bkn.go.id.
  • Pilih opsi “Info Lowongan” dan buka tab “Simulasi Pemilihan”.
  • Isilah kolom-kolom yang ada sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, pilih jenis Pengadaan: Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
  • Selanjutnya, tentukan instansi yang Anda minati dengan memilih opsi yang sesuai dengan preferensi pendaftar.
  • Pastikan juga untuk memilih tingkat pendidikan terakhir Anda dan jurusan yang relevan.
  • Setelah itu, klik tombol “Cari” untuk mendapatkan hasil.

Tips Cek Formasi CPNS dan PPPK 2024

Tips Cek Formasi CPNS dan PPPK 2024
Tips Cek Formasi CPNS dan PPPK 2024

Berikut ini, kami ingin memberikan sejumlah panduan yang dapat mempermudah dan mempercepat proses pemeriksaan formasi CPNS dan PPPK 2024:

  • Pastikan bahwa langkah pertama yang telah Anda lakukan adalah mendaftar dan membuat akun di SSCASN atau Sistem Seleksi CPNS Nasional. Jika belum melakukannya, Anda dapat memulainya dengan membuat akun terlebih dahulu melalui situs resmi SSCASN.
  • Isilah setiap kolom pada akun Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCASN) Anda dengan teliti dan lengkap. Pastikan bahwa semua informasi yang Anda masukkan termasuk riwayat pendidikan dan pengalaman kerja, sudah tercatat dengan benar.
  • Perhatikan secara rinci persyaratan yang diperlukan untuk setiap formasi yang Anda minati. Pastikan bahwa Anda memahami dengan baik setiap kriteria yang ditetapkan, sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi.
  • Tetap terhubung dengan informasi terkini mengenai formasi CPNS dan PPPK 2024. Pantau secara rutin dan pastikan untuk selalu memeriksa pembaruan terkait proses seleksi, agar Anda tidak ketinggalan informasi mengenai perubahan atau penambahan yang mungkin terjadi. Hal ini dapat membantu Anda agar tetap terupdate dan dapat merespon dengan baik terhadap setiap perkembangan yang terjadi.

Semoga panduan ini dapat memberikan bantuan yang bermanfaat bagi Anda dalam mengikuti proses pemeriksaan formasi CPNS dan PPPK 2024. Ingatlah untuk tetap memantau informasi terbaru, dan pastikan bahwa setiap langkah yang Anda ambil sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Semoga sukses dalam perjalanan menuju seleksi dan semoga Anda dapat meraih kesuksesan dalam mendapatkan formasi yang diinginkan. Terima kasih atas perhatiannya, dan selamat berkompetisi!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad