Kotaku
Home Cpns dan PPPK Bocor, Begini Skema Rekrutmen CPNS dan PPPK Tahun 2024-2030

Bocor, Begini Skema Rekrutmen CPNS dan PPPK Tahun 2024-2030

Kotaku.id Bocor, Begini Skema Rekrutmen CPNS dan PPPK Tahun 2024-2030 – Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun 2023 masih berlangsung, dan saat ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah memberikan informasi terbaru terkait rekrutmen tersebut. Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas, mengumumkan bahwa kementeriannya telah merumuskan skema baru untuk rekrutmen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang akan berlaku dari tahun 2023 hingga 2030.

Menurut Menteri Abdullah Azwar Anas, rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) selama tujuh tahun ke depan akan difokuskan pada sektor tenaga pendidikan dan kesehatan. Keputusan ini didasarkan pada hasil pemetaan yang menunjukkan bahwa sektor-sektor ini masuk dalam kategori pertumbuhan positif. Dalam konteks ini, pertumbuhan positif mengindikasikan bahwa terdapat kebutuhan yang tinggi di sektor tenaga pendidikan dan kesehatan sehingga diperbolehkan untuk menambah jumlah pegawai.

Bocor, Begini Skema Rekrutmen CPNS dan PPPK Tahun 2024-2030

Bocor, Begini Skema Rekrutmen CPNS dan PPPK Tahun 2024-2030
Bocor, Begini Skema Rekrutmen CPNS dan PPPK Tahun 2024-2030

Penentuan rencana kerja untuk sektor tenaga kesehatan dan pendidikan juga dinilai berdasarkan proyeksi kebutuhan yang berasal dari instansi yang mengelolanya, yaitu Kemendikbudristek dan Kementerian Kesehatan.  Dalam konteks ini, aspek yang termasuk dalam ranah tenaga pendidikan mencakup tenaga pengajar di tingkat pemerintah daerah (Pemda), tenaga pengajar di instansi pusat, dan bahkan tenaga pengajar di perguruan tinggi.

Sementara itu, dalam konteks sektor kesehatan, cakupannya mencangkup tenaga kesehatan (nakes) di Pemda dan instansi pusat. Secara khusus, untuk tenaga teknis fungsional, diterapkan konsep pertumbuhan nol. Ini berarti bahwa usaha diarahkan untuk mencapai keseimbangan antara jumlah tenaga yang pensiun dengan rekrutmen baru.

Di sisi lain, tenaga teknis pelaksana diatur dalam skema pertumbuhan negatif, sehingga rekrutmen pegawai baru menjadi tidak terlalu diperhitungkan. Keputusan ini terkait dengan penerapan Batas Usia Pensiun (BUP) selama periode 10 tahun yang diatur oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Oleh karena itu, Anas berharap agar dalam beberapa tahun mendatang, para pemimpin tidak mengusulkan pembukaan lowongan untuk tenaga teknis fungsional.

Persiapan Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024

Persiapan Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024
Persiapan Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024

Persiapan untuk rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2024 memerlukan strategi yang matang dan pemahaman mendalam terhadap persyaratan serta tata cara seleksi yang berlaku. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil dalam persiapan tersebut:

1.      Mengikuti Perkembangan Kebijakan dan Informasi Resmi

Pantau informasi resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), serta instansi terkait. Perubahan aturan atau kebijakan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja biasanya diumumkan secara resmi oleh pihak berwenang.

2.      Memahami Persyaratan dan Kompetensi yang Dibutuhkan

Teliti persyaratan yang dibutuhkan untuk masing-masing posisi yang dibuka. Pastikan untuk memenuhi semua kriteria yang ditetapkan, termasuk pendidikan, keahlian, dan kompetensi lainnya.

3.      Penguasaan Materi Tes Seleksi

Persiapkan diri dengan memahami jenis-jenis tes yang akan dihadapi, seperti tes kompetensi dasar, tes potensi akademik, dan tes wawancara. Peroleh bahan ajar atau latihan soal dari sumber terpercaya guna meningkatkan pemahaman dan keterampilan.

4.      Peningkatan Kualifikasi Pendidikan dan Keahlian

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan atau keahlian yang dimiliki. Sertifikasi atau pelatihan tambahan dapat memberikan nilai tambah pada profil pelamar.

5.      Pendaftaran dan Pengisian Dokumen dengan Teliti

Saat pendaftaran, pastikan untuk mengisi formulir dan dokumen dengan teliti. Pastikan semua informasi yang disampaikan akurat dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

6.      Pelatihan Wawancara

Persiapkan diri untuk menghadapi wawancara dengan membiasakan diri dengan pertanyaan yang umumnya diajukan. Latihan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dan respons positif selama proses seleksi.

7.      Networking dan Konsultasi

Jalin komunikasi dengan para profesional di bidang yang diminati. Ajukan pertanyaan dan minta masukan dari mereka yang telah berhasil melewati proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pengalaman dan saran mereka dapat menjadi nilai tambah dalam persiapan.

8.      Fisik dan Mental

Jaga kesehatan fisik dan mental. Persiapan yang baik melibatkan kondisi tubuh dan pikiran yang optimal. Pastikan diri dalam keadaan prima selama proses seleksi.

9.      Simulasi Ujian Online

Manfaatkan sumber daya daring untuk mengikuti simulasi ujian online. Ini membantu Anda akrab dengan format dan suasana ujian sehingga dapat meningkatkan performa saat hari-H.

10.  Evaluasi dan Perbaikan

Setelah setiap tahap persiapan, lakukan evaluasi terhadap kelemahan dan kekuatan. Perbaiki area yang perlu diperbaiki dan pertahankan keunggulan yang sudah dimiliki.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat diambil dalam persiapan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024. Pemahaman mendalam terhadap persyaratan, upaya meningkatkan kualifikasi, serta latihan untuk menghadapi berbagai jenis tes menjadi kunci keberhasilan. Selain itu, menjaga kesehatan fisik dan mental, serta mengikuti perkembangan informasi resmi dari instansi terkait, akan memberikan keunggulan tambahan dalam menghadapi proses seleksi.

Semoga setiap langkah yang diambil membawa kesuksesan bagi perjalanan Anda menuju menjadi bagian dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Tetaplah berkomitmen pada persiapan dan terus tingkatkan potensi diri. Sukses tidak hanya ditentukan oleh hasil akhir, tetapi juga perjalanan dan dedikasi yang Anda tanamkan dalam mencapainya.

Semoga upaya Anda membuahkan hasil yang optimal. Sukses selalu dalam perjalanan menuju karier pelayanan publik yang membanggakan. Terima kasih dan semoga berhasil!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad