Kotaku
Home Cpns dan PPPK Begini Cek Pengumuman dan Ketentuan SKB CPNS KPK Tahun 2023

Begini Cek Pengumuman dan Ketentuan SKB CPNS KPK Tahun 2023

Kotaku.id Begini Cek Pengumuman dan Ketentuan SKB CPNS KPK Tahun 2023 – Yuk, simak cara yang mudah untuk mengecek informasi terkait pengumuman dan syarat ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) non CAT bagi mereka yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2023. Proses SKB CPNS KPK Tahun 2023 melibatkan tiga tahap ujian yang mencakup tes potensi dan asesmen kompetensi menggunakan komputer, wawancara, serta ujian kesehatan.

Jadwal pelaksanaan ujian SKB CPNS KPK Tahun 2023 ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu SKB CPNS dengan menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) dan SKB Non CAT. Berdasarkan jadwal resmi yang telah diumumkan, ujian SKB CPNS KPK Non CAT Tahun 2023 akan berlangsung mulai dari hari besok, Rabu (13/12) hingga tanggal 20 Desember. Pelaksanaan ujian ini tersebar di tiga lokasi, yakni Jakarta, Medan, dan Makassar. Bagi para peserta yang ingin mengetahui jadwal dan lokasi ujian SKB CPNS KPK Non CAT Tahun 2023, mereka dapat mengakses informasi melalui tautan berikut: https://rekrutmen.kpk.go.id/cpns.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait ketentuan ujian SKB CPNS KPK Non CAT Tahun 2023, silakan kunjungi situs web resmi https://rekrutmen.kpk.go.id/cpns. Jangan ragu untuk mencari penjelasan lebih mendalam agar Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti tahapan ujian tersebut.

Ketentuan SKB CPNS KPK Non-CAT Tahun 2023

Ketentuan SKB Non CAT CPNS KPK 2023
Ketentuan SKB Non CAT CPNS KPK Tahun 2023

Berikut dibawah ini Ketentuan SKB CPNS KPK Non CAT Tahun 2023:

1.      Kedatangan Awal

Datanglah ke lokasi ujian 90 menit sebelum sesi ujian tulis dimulai. Keputusan untuk tiba lebih awal ini bertujuan untuk memberikan Anda waktu yang memadai guna menyiapkan diri, mengatasi potensi hambatan seperti kemacetan lalu lintas, dan memastikan bahwa proses registrasi berjalan lancar.

2.      Persiapan Kartu Peserta Ujian

Pastikan Anda membawa Kartu Peserta Ujian yang telah dicetak melalui akun pribadi Anda di laman resmi https://daftar-sscasn.bkn.go.id/. Hal ini merupakan persyaratan penting guna memastikan identitas dan kelayakan peserta ujian. Sertakan dokumen identitas kependudukan yang sesuai, antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik asli.
  • KTP digital.
  • Kartu Keluarga (KK) asli dengan tanda tangan basah.
  • KK elektronik yang dapat diverifikasi.
  • Surat keterangan pengganti KTP asli yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, yang dapat diverifikasi. Pastikan dokumen yang Anda pilih sesuai dengan persyaratan resmi.

3.      Persyaratan Dokumen Identitas

Patuhi pedoman berpakaian yang telah ditetapkan untuk peserta ujian:

  • Gunakan kemeja lengan panjang berwarna putih polos tanpa motif untuk memberikan kesan formal dan seragam.
  • Pilih celana panjang atau rok berwarna hitam polos, bukan jeans, untuk menjaga kesan konservatif dan profesional.
  • Bagi yang menggunakan jilbab, pastikan jilbab berwarna hitam polos dengan maksimal satu pengait di leher. Hindari penggunaan bros, pin, atau peniti agar penampilan tetap sederhana.
  • Pakailah sepatu tertutup berwarna hitam untuk menunjukkan keseragaman dan ketertiban.
  • Hindari penggunaan ikat pinggang, perhiasan, atau aksesori lainnya demi menjaga kesan formal dan menghindari potensi gangguan selama ujian.

4.      Persiapan Alat Tulis untuk Setiap Tahap SKB

Pada setiap fase Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), kami mengajukan permintaan kepada para peserta untuk membawa pensil kayu sebagai alat tulis yang diperlukan. Hal ini bertujuan agar setiap peserta dapat berpartisipasi secara optimal dan nyaman dalam menjalani rangkaian kegiatan evaluasi.

5.      Persyaratan Khusus

Kami juga ingin memberikan perhatian khusus kepada peserta yang mungkin memiliki keadaan kesehatan tertentu. Oleh karena itu, kami meminta agar peserta dengan kondisi khusus ini dapat menyertakan surat keterangan dokter sebagai persyaratan. Dengan demikian, kami dapat memastikan bahwa penyelenggaraan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dapat disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan individu, menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung.

6.      Minimalkan Barang Bawaan yang Tidak Perlu pada Tes SKB

Kami ingin mengingatkan peserta akan pentingnya menciptakan suasana ujian yang efisien dan fokus. Oleh karena itu, mohon kepada semua peserta untuk tidak membawa barang-barang yang tidak diperlukan selama pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Langkah ini diambil demi kenyamanan dan kelancaran seluruh peserta dalam mengikuti kegiatan evaluasi ini, serta untuk memastikan fokus penuh pada tes yang sedang dilaksanakan.

Peraturan Khusus Tes Kesehatan SKB CPNS KPK Tahun 2023

Peraturan Khusus Tes Kesehatan SKB CPNS KPK 2023
Peraturan Khusus Tes Kesehatan SKB CPNS KPK Tahun 2023

Kehadiran diwajibkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. Peserta diharapkan tiba di lokasi tes kesehatan tepat pada pukul 07.00 waktu setempat. Selama 9 jam sebelum tes dimulai, yaitu sejak pukul 22.00 waktu setempat, diharapkan peserta menjalani puasa, di mana hanya diperbolehkan untuk minum air putih.

Sebagai persiapan, peserta diinstruksikan untuk mengisi formulir Pernyataan Persetujuan Pemeriksaan Kesehatan dengan nilai meterai sebesar Rp 10.000,00. Selain itu, formulir Daftar Riwayat Kesehatan juga harus dicetak, diberi meterai, ditandatangani, dan dibawa pada saat tes kesehatan.

Peserta diwajibkan membawa KTP asli/KTP digital/Kartu Keluarga asli/Kartu Keluarga elektronik/Surat Keterangan Pengganti KTP asli serta Kartu Peserta Ujian saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yang telah dicetak melalui akun masing-masing peserta di laman https://daftar-sscasn.bkn.go.id.

Selain itu, bagi peserta yang memiliki kondisi kesehatan khusus, diharapkan membawa Surat Keterangan Dokter. Dalam rangka menciptakan lingkungan tes yang efisien, peserta diminta untuk tidak membawa barang-barang yang tidak diperlukan selama kegiatan tes kesehatan. Semua barang pribadi yang tidak diperlukan saat tes dapat dititipkan, dan peserta diharapkan tidak membawa kendaraan pribadi, baik itu pelamar maupun keluarga/pengantar. Adapun aturan pakaian peserta saat tes kesehatan adalah sebagai berikut:

Peserta Laki-Laki

  • Kaos lengan pendek/panjang dengan warna bebas.
  • Celana panjang olahraga dengan warna bebas.
  • Sepatu olahraga dengan warna bebas.
  • Tidak menggunakan ikat pinggang, perhiasan, atau aksesori.
  • Memakai masker.

Peserta Perempuan

  • Kaos lengan pendek/panjang dengan warna bebas.
  • Celana panjang olahraga dengan warna bebas.
  • Sepatu olahraga dengan warna bebas.
  • Jilbab bergo/instan dengan warna bebas (bagi yang menggunakan jilbab) tanpa bros/pin/peniti.
  • Tidak menggunakan ikat pinggang, perhiasan, atau aksesori.
  • Memakai masker.

Semoga semua peserta dapat mematuhi pedoman dan persyaratan yang telah dijelaskan di atas untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tes kesehatan. Terima kasih atas kerjasama dan partisipasi Anda dalam menjalani proses seleksi ini. Semoga berhasil!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad