Kotaku
Home Cpns dan PPPK Apakah Guru TK Bisa Ikut PPPK 2024? Begini Kata Dirjen Nunuk!

Apakah Guru TK Bisa Ikut PPPK 2024? Begini Kata Dirjen Nunuk!

Contohl Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak. 1

Table of content:

[Hide] [Show]

Kotaku.id – Impian para guru TK untuk bisa ikut tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2024 pada akhirnya terkabul. Para guru TK dipastikan bisa ikut serta dalam seleksi PPPK 2024.

Sebelumnya sejumlah guru TK banyak yang mengeluhkan tidak bisa ikut seleksi PPPK di tahun 2023.  “Guru TK, Semoga ada harapan di angkat P3K,” tulis salah seorang guru di dalam grup Info Sertifikasi 2024.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek Nunuk Suryani memberi kabar bahagia untuk guru TK yang ingin mengikuti seleksi PPPK 2024. Di dalam acara live streaming Instagram Ngopi Pintar Bareng @nunuksuryani menjawab pertanyaan terkait para guru TK tersebut.

Jadwal pembukaan pendaftaran PPPK 2024 untuk kategori umum ini direncanakan dalam tiga gelombang, yakni pada bulan Maret, Juni, dan Agustus. Estimasi kebutuhan pegawai PPPK dan CPNS tahun anggaran 2024 telah diungkapkan oleh pemerintah.

Adapun, total formasi PPPK yang tersedia yakni mencapai 2,3 juta, dengan alokasi 690.822 formasi untuk CPNS dan sebanyak 1.605.694 formasi untuk PPPK. Formasi PPPK untuk umum yakni meliputi tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis dengan jumlah mencapai sebanyak 221.936 formasi.

Apakah Guru TK Bisa Ikut PPPK 2024?

Terkait pertanyaan guru TK apa bisa Ikut PPPK tahun 2024, akan dibahas dalam ulasan di bawah ini. Bapak dan Ibu guru bisa simak informasinya sampai habis ya!

Sayang sungguh sayang, untuk formasi Guru TK masih belum dibuka untuk tahun 2024 ini. Akan tetapi, Dirjen Nunuk Suryani memberi informasi alternatif bagi para guru TK yang masih berstatus honorer.

“Bisakah ikut PPPK lintas jenjang, dari PAUD ke SD karena formasi TK Tidak ada?,” tanya salah satu penonton Ngopi Pintar Bareng Bu Nunuk tersebut. Dirjen Nunuk kemudian menjawab bahwa, pemerintah membolehkan rekrutmen guru lintas jenjang.

Yang mana artinya guru PAUD juga bisa ikut seleksi guru SD. “Jadi jawabannya itu bisa, jadi kita itu sudah ada edaran dari Dirjen GTK bahwa untuk guru PG Paud itu sudah bisa mendaftar di formasi SD, untuk kelas bawah,” ucap Dirjen Nunuk.

Kabar ini tentunya memberikan secercah harapan untuk para guru TK. Guru TK boleh mendaftar sebagai guru SD. Jadi pada prinsipnya guru TK bisa ikut PPPK 2024, sesuai dengan linearitasnya. Salah satunya ya yang telah dijelaskan tadi, bisa menjadi guru SD guru kelas,” tambahnya.

“Jadi apabila di Pemda nya dibuka formasi guru kelas dan terbuka peluang, maksudnya P1 nya sudah terlibatkan semua, maka bisa bersaing untuk memperebutkan formasi. Saya terus mendo’akan yang terbaik kepada Bapak atau Ibu diluar sana. Semoga semua yang ikut seleksi segera diloloskan. Dan tentunya harus bekerja keras juga, karena tidak ada segala sesuatu yang mudah jalannya,” tambahnya.

Kesimpulan

Nah itulah di atas pembahasan lengkap terkait apakah guru TK bisa ikut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja 2024. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang di sampaikan di atas terkait apakah guru TK bisa ikut PPPK 2024 bisa bermanfaat dan membantu Anda. Untuk bapak dan ibu guru TK jangan pernah menyerah, masih ada secercah harapan untuk bisa menjadi PPPK 2024!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad