Kotaku
Beranda Cpns dan PPPK 370 Instansi Umumkan Hasil Seleksi PPPK 2023? Apa Saja?

370 Instansi Umumkan Hasil Seleksi PPPK 2023? Apa Saja?

image 77

Kotaku.id 370 Instansi Umumkan Hasil Seleksi PPPK 2023? Apa Saja? – Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan perkembangan terbaru terkait hasil seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja PPPK 2023. Bagi para tenaga honorer yang tengah menanti pengumuman, disarankan untuk bersiap-siap dengan baik.

Informasi ini disampaikan oleh Deputi bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara, Suharmen, yang menjelaskan bahwa hasil seleksi untuk PPPK 2023 di sektor teknis dan tenaga kesehatan (nakes) sebagian besar sudah melalui proses pengolahan dan telah selesai ditandatangani oleh kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Jadi, bagi teman-teman honorer yang sedang menantikan pengumuman, sebaiknya persiapkan diri dengan baik. Suharmen, Deputi bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara, mengungkapkan bahwa hasil seleksi PPPK 2023 di sektor teknis dan tenaga kesehatan (nakes) telah mencapai tahap pengolahan yang signifikan dan sudah mendapatkan tanda tangan persetujuan dari kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN).

370 Instansi Umumkan Hasil Seleksi PPPK 2023? Apa Saja?

370 Instansi Umumkan Hasil Seleksi PPPK 2023? Apa Saja?
370 Instansi Umumkan Hasil Seleksi PPPK 2023? Apa Saja?

Sebanyak 190 instansi pemerintahan telah mengambil bagian dalam proses penandatanganan hasil seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) teknis, sementara untuk PPPK 2023 bidang nakes, jumlah instansinya mencapai 180. Meski begitu, beberapa instansi masih menunggu hasil seleksi kompetensi teknis tambahan (SKTT), sedangkan yang lainnya tengah melalui tahap verifikasi validasi (verval) data, serta proses administratif lainnya.

Dalam wawancara dengan JPNN.com pada hari Senin (11/12), Deputi Suharmen menyampaikan bahwa penandatanganan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) menandakan bahwa instansi terkait dapat segera menarik hasil seleksi kompetensi tersebut dan mengumumkannya kepada publik. Namun, ketika berbicara mengenai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023 di sektor pendidikan.

Deputi Suharmen menegaskan bahwa hingga saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum menerima secara resmi afirmasi sertifikat pendidik (serdik) dan nilai seleksi kompetensi teknis tambahan (SKTT) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Meskipun demikian, Badan Kepegawaian Negara Nasional telah mengirimkan permintaan agar Kemendikbudristek segera menyampaikan dokumen tersebut. Deputi Suharmen juga menambahkan bahwa bagi guru honorer, diharapkan kesabaran, karena meskipun Badan Kepegawaian Negara (BKN) memiliki keterbatasan dalam tindakan, mereka tetap intensif meminta informasi tersebut kepada Kemendikbudristek. Plt Karo Humas Badan Kepegawaian Negara, Nanang Subandi, menegaskan bahwa durasi pengumuman hasil seleksi PPPK 2023 tetap pada rentang tanggal 6 hingga 15 Desember 2023.

Dengan masih tersisa waktu hingga tanggal 15 Desember, terutama bagi instansi yang tidak melakukan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023, Nanang Subandi mengungkapkan, “Ditunggu saja ya. Honorer dapat memantau informasi di akun Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCASN) dan laman resmi instansi tempat mereka melamar. Badan Kepegawaian Negara juga akan menginformasikan hasilnya melalui media sosial resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN).” Walaupun begitu, hingga saat ini, banyak guru honorer yang merasa cemas mengenai hasil seleksi PPPK 2023, terutama bagi instansi yang tidak melibatkan seleksi kompetensi teknis tambahan (SKTT) namun belum mengumumkan hasilnya hingga hari ini.

Cara Memilih Instansi PPPK 2024

Cara Memilih Instansi PPPK 2024
Cara Memilih Instansi PPPK 2024

Untuk memilih instansi pada seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024, Anda perlu mengikuti langkah-langkah yang ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan instansi terkait. Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah umum yang perlu Anda lakukan:

1.      Pemahaman Syarat dan Ketentuan

Pastikan Anda memahami dengan baik syarat dan ketentuan yang berlaku untuk PPPK 2023. Bacalah informasi yang diberikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan instansi terkait mengenai persyaratan, prosedur pendaftaran, dan tahapan seleksi.

2.      Akses Portal Resmi

Kunjungi portal resmi Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCASN) yang disediakan oleh BKN. Informasi terkait PPPK 2023 biasanya akan tersedia di portal ini. (https://sscasn.bkn.go.id/)

3.      Registrasi dan Pendaftaran

Lakukan registrasi atau login ke akun SSCASN Anda. Ikuti petunjuk pendaftaran yang ada di portal. Pastikan data yang Anda masukkan akurat dan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

4.      Pemilihan Instansi

Setelah berhasil login, cari opsi atau menu yang memungkinkan Anda memilih instansi yang Anda inginkan. Pada tahap ini, Anda biasanya diberikan pilihan untuk memilih instansi dan posisi yang sesuai dengan kualifikasi dan keinginan Anda.

5.      Pemilihan Lokasi Penyelenggaraan Seleksi

Terkadang, Anda juga akan diminta untuk memilih lokasi penyelenggaraan seleksi. Pilih lokasi yang paling nyaman atau sesuai dengan domisili Anda.

6.      Verifikasi Data

Sebelum mengirimkan pendaftaran, pastikan untuk memeriksa kembali data yang Anda masukkan. Pastikan semua informasi yang diperlukan telah diisi dengan benar dan sesuai.

7.      Pengiriman Pendaftaran

Setelah yakin dengan data yang dimasukkan, kirimkan pendaftaran Anda melalui portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCASN). Pastikan Anda memahami batas waktu pengiriman pendaftaran agar tidak terlewatkan.

8.      Pantau Informasi dan Pengumuman

Pantau terus informasi yang diberikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCASN) atau media sosial resmi Badan Kepegawaian Negara. Informasi-informasi terkait seleksi, jadwal, dan pengumuman hasil akan diberikan melalui sumber-sumber tersebut.

Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan instansi terkait agar proses pendaftaran dan seleksi berjalan lancar. Jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi pihak yang berwenang atau mengakses informasi resmi yang disediakan.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan