Kotaku
Home Bisnis 5 Strategi Marketing TikTok untuk Meningkatkan Penjualan Online

5 Strategi Marketing TikTok untuk Meningkatkan Penjualan Online

Kotakuid – TikTok merupakan sebuah aplikasi konten video yang akhir-akhir ini sedang ramai. Tidak hanya di Indonesia, platform ini mampu menggaet pasar digital hampir diseluruh negeri. Tidak heran jika pengguna yang telah mendownload aplikasi ini mencapai miliaran pengguna.

Dengan banyaknya pengguna di platform ini, Anda bisa mmanfaatkan TikTok sebagai platform promosi jualan atau digital marketing. Berikut ini adalah strategi marketing TikTok yang harus Anda lakukan agar bisnis Anda semakin laris manis. 

1. Ketahui Cara Kerja TikTok

TikTok merupakan salah satu platform media sosial yang fokus pada sharing konten video. Setiap video pada TikTok memiliki banyak variasi durasi mulai dari 15 detik dan ada yang 60 detik.

Platform ini bisa menjadi sarana untuk dijadikan promosi produk bisnis. 

Caranya, Anda bisa membuat konten sebuah video produk, kemudian tambahkan efek video dan latar musik yang bisa menarik audience.

Nantinya, para pengguna TikTok dapat memberikan komentar, like, dan share video produk tersebut. Semakin bisa berinteraksi dari pengguna, semakin tinggi pula peluang Anda akan dipromosikan oleh TikTok ke pengguna lainnya. 

Sementara itu, dengan engagement rate yang lebih tinggi dari Instagram, TikTok tentunya sangat cocok bagi Anda khususnya dalam membangun brand awareness produk dengan lebih optimal.

2. Mencari Ide Konten Menarik untuk Video TikTok

Apakah Anda sudah tahu mengenai cara kerja TikTok? Nah, saat ini Anda tinggal mencari ide konten video menarik untuk strategi marketing TikTok.  

Faktanya, tidak jauh berbeda ketika akan membuat konten blog.  Anda dapat mencoba tool seperti Ahrefs atau Ubersuggest untuk mengetahui tren kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan audiens atas produk bisnis Anda. Kemudian, Anda bisa jadikan sebagai sebuah konten.

Cara lainnya, Anda bisa bertanya kepada audiens lewat postingan di media sosial atau bisa melakukan polling atas beberapa topik pilihan yang disukai. 

Namun, pada umumnya, ide konten TikTok untuk bisnis tentu membahas mengenai seputar product launching, tutorial, dan hashtag challenge. 

3. Pakai Hastag dalam Memposting Video

Apa Anda ingin strategi marketing TikTok Anda bisa berhasil? Jangan pernah lupa untuk memakai hashtag di setiap video yang Anda buat. 

Pihak TikTok sendiri menjelaskan bahwa hastag adalah salah satu bagian dari informasi video, menjadi rujukan untuk memberikan rekomendasi video kepada para pengguna lain.

Akan tetapi, jangan sembarang menggunakan hashtag juga, ya. Gunakan hastag yang paling relevan dengan konten dan bisnis Anda. 

Misalnya saja, untuk konten tutorial makeup, Anda dapat menambahkan hashtag #tutorialmakeup atau #makeupchallenge.

Bahkan, untuk bisas terlihat menonjol, gunakan branding promo yang sedang Anda lakukan. Contohnya profuk Wardah membuat hashtag #WardahBeauty untuk promosi event Wardah Fashion Festival.

Dengan menggunakan hashtag tersebut, maka video Anda semakin banyak diketahui orang, dan Anda bisa kenal produk bisnis Anda dengan lebih baik, bukan?

4. Melakukan Kerjasama dengan Influencer 

Meskipun dapat dikatakan lebay, daya pikat influencer mampu membius pengikutnya menggunakan suatu produk yang cukup berhasil.  Tidak heran, 86 persen marketer telah mempercayakan influencer untuk meningkatkan penjualan serta brand awareness.  

Apakah Anda mau bukti? Brand jam tangan dari Daniel Wellington berhasil meningkatkan penjualan hingga 4700 persen hanya dalam tiga tahun saja. Mantap sekali bukan? Hal itu semua berkat influencer lho.

Yang lebih menariknya lagi, mereka menggunakan semua jenis influencer, mulai influencer mikro influencer hingga beauty influencer terkenal seperti Charlotte Letitia Crosby.

Paling penting dalam strategi ini, Anda bisa memilih influencer yang sesuai dengan target audience dan tujuan promosi Anda.

5. Konsisten Dalam Memposting Konten

Rajin memposting adalah pangkal sukses menaikan brand awareness. Apa benar demikian? Saat Anda memposting video, follower Anda nantinya akan melihatnya. Kemudian, ketika mereka menyukainya, akan tampil juga di halaman follower pengguna tersebut. Semakin banyak like, video Anda bisa menjadi bisa ditampilkan dan masuk ke halaman for you page. 

Bayangkan jika hal itu terjadi setiap hari. Tujuan untuk membangun brand awareness yang kuat tentu semakin bisa tercapai, bukan?

Kesimpulan

Itulah di atas penjelasan tentang Strategi Marketing TikTok untuk Meningkatkan Penjualan Online. Tips penting strategi marketing dalam aplikasi ini adalah selalu update konten berkaitan dengan kata kunci yang sedang viral. Jika hal ini dilakukan maka penjualan Anda bisa meningkat. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad