Kotaku
Home Bisnis Poin Penting yang Harus Ada Dalam Proposal Bisnis, Pelaku Bisnis Wajib Tahu!

Poin Penting yang Harus Ada Dalam Proposal Bisnis, Pelaku Bisnis Wajib Tahu!

Kotaku – Apakah sebuah bisnis perlu memiliki proposal? Jawabannya adalah tergantung dengan kebutuhan bisnisnya masing-masing. Proposal bisnis tidak sama dengan rencana bisnis, rencana bisnis diketahui dirancang untuk mengarahkan strategi dan mengumpulkan modal.

Sedangkan untuk proposal bisnis merupakan penawaran spesifik yang dirancang untuk mendapatkan lebih banyak kesempatan dalam bisnis. Biasanya, sebuah proposal diperlukan ketika pelaku usaha ingin mengajukan kerja sama atau kontrak bersama dengan perusahaan lain ataupun pemerintah.

Akan tetapi, proposal bisnis yang masuk dan diterima oleh suatu perusahaan atau pemerintah jumlahnya bisa mencapai ratusan, bahkan sampai ribuan proposal.

Maka, Anda sebagai pelaku bisnis harus membuat proposal bisnis yang menonjol dan berbeda dari yang lain. Hal ini dilakukan agar menarik perhatian dan berpeluang memenangkan kepercayaan dari calon mitra.

Pengertian Proposal Bisnis

Proposal bisnis merupakan sebuah dokumen lengkap yang disertai dengan data berisi gambaran aspek terkait bisnis yang akan dijalankan dan rencana yang akan dilakukan kedepannya. Aspek yang dimaksud di sini yaitu seluruh aspek operasional mulai dari nama bisnis, jenis bisnis, pendanaan, latar belakang pendirian, sampai dengan kekuatan dan kelemahan bisnis.

Proposal usaha yang baik yaitu proposal yang bersifat jelas dan mudah dipahami oleh pihak yang dituju. Jadi, penjelasan yang sifatnya berbelit juga harus dihindari dalam membuat proposal bisnis. Proposal ini idealnya hanya berperan sebagai alat komunikasi antara pemilik usaha serta pihak yang dituju supaya bisa memberikan gambaran bisnis yang jelas.

Pada akhirnya, proposal usaha bisa membantu pemilik usaha untuk dapat berpikir lebih kritis dan objektif, serta dapat memahami persaingan ekonomi dan analisis keuangan, termasuk salah satunya peluang sumber dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha.

Manfaat Proposal Bisnis

Poin Penting yang Harus Ada Dalam Proposal Bisnis, Pelaku Bisnis Wajib Tahu!

Setelah Anda memahami pengertian dari proposal bisnis, pelaku usaha tentunya juga harus memahami manfaatnya. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari proposal bisnis yang perlu diketahui.

1. Mengembangkan bisnis

Jika proposal bisnis yang ditulis jelas dan mampu menarik perhatian investor, maka akan ada pendanaan yang masuk sehingga bisnis menjadi lebih berkembang. Dana yang masuk bisa digunakan untuk memperbaiki berbagai macam aspek bisnis, misalnya untuk menghasilkan produk yang berkualitas terbaik dan merekrut SDM yang bertalenta unggul.

2. Mengenali iklim industri

Salah satu manfaat dari proposal bisnis yaitu untuk mengenali iklim industri. Ketika membuat proposal usaha atau proposal bisnis, pelaku usaha akan lebih mudah dalam mengenali industri tempatnya bersaing karena semua data telah tertuang dalam bentuk tulisan secara terstruktur. Persaingan pasar, strategi marketing, serta berbagai hal yang bisa membantu memperkuat fondasi usaha dapat ditinjau dengan melalui proposal bisnis.

3. Membantu evaluasi bisnis

Selanjutnya, manfaat membuat proposal usaha yaitu untuk memudahkan perusahaan melihat celah di bisnis yang dijalaninya. Mulai dari strategi marketing, kualitas produk, relevansi bisnis dengan tren pasar, sampai dengan urusan permodalan bisa dievaluasi dengan mudah karena telah dijelaskan dengan terperinci di dalam proposal.

Poin Penting yang Harus Ada Dalam Proposal Bisnis

Poin Penting yang Harus Ada Dalam Proposal Bisnis, Pelaku Bisnis Wajib Tahu! (2)

Dibawah ini merupakan beberapa poin penting yang harus ada dalam proposal usaha.

1. Solusi

Setelah Anda menuliskan paragraf pembuka, maka Anda harus mencantumkan solusi. Yang dimaksud solusi di sini yaitu tentang bagaimana bisnis Anda bisa menjadi solusi untuk kebutuhan mitra.

Solusi yang jelas dan terperinci tak hanya menunjukkan pemahaman Anda kepada masalah klien, melainkan juga memperlihatkan kemampuan Anda untuk bisa menawarkan nilai tambah. Jadi, Anda hanya perlu untuk mempromosikan dan menjanjikan solusi yang benar-benar bisa Anda berikan.

2. Manfaat

Proposal usaha yang baik akan menguraikan benefit saat bekerja sama dengan bisnis Anda. Oleh sebab itu, penting untuk mencantumkan dan menjelaskan manfaat yang bisa mereka pahami dengan mudah.

Bisnis merupakan soal keuntungan dan manfaat yang diberikan pada satu sam lain. Poin manfaat dapat membantu mitra untuk memahami mengapa mereka harus memilih Anda, dibandingkan dengan yang lain, dan juga untuk dapat memutuskan apakah mereka akan bekerja sama atau tidak.

3. Kredibilitas

Tahukah Anda? Proposal usaha harus menonjolkan kredibilitas. Jika Anda pernah bekerja bersama dengan perusahaan pada bidang yang sama atau pernah memenangkan penghargaan bisnis, maka Anda dapat menyebutkannya secara rinci. Kredibilitas dalam proposal ini dapat membantu meyakinkan calon klien, bahwa Anda merupakan mitra yang bisa diandalkan dan kompeten.

4. Sampel

Sampel harus ada pada proposal usaha, karena mereka akan memberikan bukti konkret terkait kemampuan dan kualitas kerja Anda. Hal ini dapat membantu calon klien melihat secara langsung standar kerja yang bisa Anda berikan. Sampel nantinya akan mendukung janji atau solusi yang Anda berikan (pada poin solusi) dan memberikan bukti yang nyata.

Kesimpulan

Nah itulah di atas penjelasan lengkap terkait pengertian, manfaat dan poin penting yang harus ada dalam proposal usaha. Semoga informasi yang dijelaskan di atas bisa membantu Anda para pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Setelah Anda membaca ulasan di atas ini, diharapkan pembaca mengerti poin apa saja yang harus ada pada proposal bisnis dan bisa langsung menerapkan serta membuat proposal bisnis yang baik.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad