Kotaku
Home Cpns dan PPPK Pendaftaran Polsuspas 2024: Berikut ini Jadwal, Syarat, Alokasi Kebutuhan dan Cara Pendaftarannya

Pendaftaran Polsuspas 2024: Berikut ini Jadwal, Syarat, Alokasi Kebutuhan dan Cara Pendaftarannya

– Pemerintah kembali membuka lagi penerimaan Kepolisian Khusus Pemasyarakatan atau Pendaftaran Polsuspas 2024. Polsuspas dapat disebut juga sebagai penjaga tahanan yang memiliki tugas untuk menjaga keamanan serta keselamatan narapidana di dalam tahanan.

Polsuspas berada pada naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Oleh karena itu, untuk menjadi seorang Polsuspas maka pendaftar harus mengikuti seleksi pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kapan jadwal pendaftaran Polsuspas 2024? Bagaimana syarat, alokasi, dan cara daftarnya? Berikut ini informasi lengkap terkait jadwal pendaftaran Polsuspas Tahun 2024:

Jadwal Pendaftaran Polsuspas 2024

Jadwal serta tanggal resmi dibukanya pendaftaran Polsuspas Tahun 2024 belum diumumkan secara resmi oleh Kemenkumham. Akan tetapi, berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran Polsuspas akan dibuka serentak dengan pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk pengadaan CPNS dan juga PPPK.

Pendaftaran CASN Tahun 2024 kabarnya akan dilakukan sebanyak tiga periode. Berikut ini jadwal pendaftaran CASN tahun 2024 yang dikutip dari laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN):

Periode I (Minggu ke-3 bulan Maret 2024): Pengumuman dan seleksi administrasi ‘Seleksi CPNS serta Seleksi Kedinasan’

Periode II (bulan Juni 2024): Pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNNS serta PPPK

Periode III (bulan Agustus 2024): Pengumuman dan seleksi administrasi CPNS dan PPPK

Berdasarkan jadwal periode yang terdapat pada seleksi CASN 2024 tersebut, maka pendaftaran Polsuspas 2024 diperkirakan akan dibuka pada bulan Juni. Namun jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, calon pendaftar diharapkan dapat selalu memantau laman resmi baik dari website BKN dan Kemenkumham, maupun memantau akun media sosial resmi dari BKN dan Kemenkumham.

Syarat Pendaftaran Polsuspas 2024

Syarat pendaftaran polsuspas dari tahun ke tahun biasanya tidak akan jauh berbeda. Oleh karena itu untuk syarat pendaftaran Polsuspas 2024 dapat melihat tahun sebelumnya untuk dijadikan acuan. Sebagai persiapan dan referensi, berikut ini syarat pendaftaran polsuspaas tahun 2023 yang dilansir dari Pengumuman Nomor SEK.KP.02.01-633 tentang Pengadaan CPNS Kemenkumham RI Tahun 2023:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan e-ktp
  2. Kualifikasi pendidikan bagi calon pendaftar yaitu SLTA Sederajat
  3. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Pelamar dapat melamar sesuai dengan domisili yang tercantum dalam KTP. Apabila tidak sesuai dengan domisili, pelamar wajib membuat surat keterangan dari Kelurahan atau Desa yang menyatakan bahwa pelamar telah berdomisili di wilayah tersebut
  6. Bagi pelamar yang mendaftar pada jenis Kebutuhan Putra/Putri Papua dan Papua Barat, wajib berdomisili di Provinsi Papua dan Papua Barat
  7. Tinggi badan bagi pelamar yaitu 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita

Alokasi Kebutuhan Pendaftaran Polsuspas 2024

Alokasi kebutuhan Polsuspas tahun 2024 belum diumumkan secara resmi. Tapi sangat memungkinkan jika jumlah alokasi akan mirip dengan tahun sebelumnya. Sebagai acuan, pada tahun 2023 yaitu sebanyak 1000 orang yang ditempatkan di 33 kantor wilayah. Alokasi kebutuhan polsuspas secara umum yaitu sebanyak 941 formasi untuk pria dan 50 formasi untuk wanita. Selain itu, terdapat alokasi kebutuhan untuk putra Papua dan Papua Barat sebanyak 6 orang untuk pria dan 3 orang untuk wanita.

Cara Mendaftar Polsuspas

Melansir dari laman instagram Kemenkumham, pendaftaran Polsuspas 2024 dilakukan melalui website resmi pendaftaran CASN BKN. Pendaftar melakukan 2 tahap untuk dapat mendaftar, tahap pertama yaitu pembuatan akun SSCASN dan tahap kedua yaitu pendaftaran.

Berikut ini cara membuat akun di laman SSCASN untuk seleksi Polsuspas Tahun 2024

  1. Membuka website sscasn.bkn.go.id
  2. Membuka menu SSCAN kemudian klik buat akun
  3. Memasukkan data identitas diri dengan lengkap dan benar, kemudian masukkan captcha dan klik lanjutkan
  4. Memasukkan data pribadi sesuai dengan data pendaftar, upload foto KTP, kemudian pendaftar diminta untuk melakukan swafoto melalui fitur yang telah disediakan
  5. Memasukkan password, jawaban pengaman kemudian masukkan captcha dan klik lanjutkan
  6. Cek ulang data yang telah dimasukkan, ketika ada yang salah klik kembali untuk mengubah data. Jika sudah benar, klik proses pendaftaran akun
  7. Setelah pendaftaran selesai, pendaftar dapat mencetak kartu informasi dengan cara mengklik cetak informasi pendaftaran
  8. Setelah itu peserta dapat melanjutkan untuk log in dan melakukan pendaftaran dengan mengklik lanjutkan log in pendaftaran dan memasukkan username dan password sesuai dengan akun yang telah dibuat.
  9. Pelamar hanya dapat membuat akun sebanyak satu kali. Oleh karena itu, pastikan anda dapat mengingat username dan password akun pendaftaran.

Berikut ini tata cara pendaftaran Polsuspas 2024:

  1. Memasukkan NIK dan password yang sama dengan ketika mendaftarkan akun
  2. Memasukkan biodata sesuai dengan ketentuan yang tertera pada halaman pengisian
  3. Memilih jenis seleksi yang diinginkan, jika anda adalah eks THK-II pilih IYA dan masukkan nomor peserta kemudian klik selanjutnya
  4. Memilih instansi dan jenis formasi kemudian klik pilih
  5. Mengisi data pendidikan seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), nomor ijazah, tahun lulus, nama universitas, dan lain sebagainya
  6. Perlu diketahui bahwa pelamar hanya bisa melamar satu jenis instansi dan satu jenis jabatan.

Demikian informasi tentang pendaftaran Polsuspas 2024 beserta syarat dan caranya. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mendaftar Polsuspas Tahun 2024. Terima kasih, semoga sukses!

Disclaimer : Saksikan informasi update terbaru tentang pendidikan, CPNS, ASN dan informasi penting bagi guru lainnya dengan bergabung di channel telegram kami. KLIK LINK BERIKUT dan pilih JOIN.

 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad