Kotaku
Beranda Bisnis Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing dalam Dunia Bisnis

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing dalam Dunia Bisnis

KOTAKU.ID – Digital marketing atau pemasaran adalah salah satu bidang yang sangat berpengaruh besar terhadap bisnis. Pasalnya, pemasaran diperlukan perusahaan untuk dapat meningkatkan penjualan produk yang dibuat oleh suatu perusahaan.

Jika Anda merasa tertarik untuk bekerja di bidang pemasaran, maka Anda wajib mengetahui kelebihan dan kekurangan bekerja di bidang pemasaran. Yuk, langsung saja simak penjelasan secara lengkapnya di bawah ini!

Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing dalam Dunia Bisnis

Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan digital marketing yang perlu pebisnis ketahui, yuk langsung saja simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

1. Kreativitas

Di bidang digital marketing, Anda nantinya dapat melatih kreativitas yang ada pada diri Anda. Hal ini akan cocok bagi Anda yang mudah bosan jika melakukan satu hal secara berulang kali. Kreativitas diperlukan agar para pembeli merasa tertarik untuk membeli produk lewat ide-ide yang Anda buat.

Adapun, salah satu daya tarik terbesar untuk bekerja di bidang digital marketing yaitu kesempatan untuk melatih otot kreatif Anda. Dari awalnya melakukan brainstorming kampanye sampai dengan mendesain grafis, pasti akan ada ruang untuk pemikiran kreatif dalam pemasaran.

2. Keanekaragaman

Pemasaran bukan merupakan suatu industri yang dapat diterapkan untuk semua orang. Ada banyak bidang spesialisasi, termasuk diantaranya pemasaran digital, media sosial, pemasaran konten, serta manajemen merek.

Anda bisa menjelajahi berbagai macam jalur dan menemukan yang paling sesuai dengan keahlian dan minat Anda. Jadi, yuk langsung saja eksplor berbagai macam jenis pemasaran yang ada serta sesuaikan dengan apa yang Anda suka!

3. Perubahan konstan

Selain adanya kelebihan di atas, pemasaran juga mempunyai kekurangan, yaitu adanya perubahan secara konstan. Dalam pemasaran, Anda harus pintar-pintar dalam membaca algoritma pasar supaya sasaranmu pas, sehingga bisa meningkatkan penjualan produk.

Pemasaran merupakan industri yang tidak pernah berhenti. Tren datang dan pergi, algoritma berubah, serta perilaku konsumen berkembang. Hal ini berarti, Anda harus mudah beradaptasi dan terbuka pada suatu perubahan agar dapat berhasil dalam pemasaran.

4. Potensi penghasilan tinggi

Salah satu pekerjaan yang ada dalam bidang pemasaran yaitu manajer pemasaran. Posisi ini mempunyai potensi penghasilan tinggi, lho. Walaupun demikian, tentu hal ini selaras dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban.

5. Persaingan tinggi

Dengan adanya penghasilan yang relatif tinggi, persaingan untuk posisi manajer pemasaran dapat dikatakan ketat. Oleh sebab itu, kekurangan dari bidang pemasaran selanjutnya adalah banyak orang yang minat untuk bekerja di bidang ini, sehingga akan mempersempit kesempatan Anda dalam mendapatkan pekerjaan ini

Strategi Marketing Terbaru Untuk Bisnis

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing dalam Dunia Bisnis

1. Marketing Viral

Jenis marketing yang satu ini adalah sebuah strategi marketing yang biasanya dilakukan dengan cara memanfaatkan audiens untuk dapat menyebarkan informasi tentang produk yang akan dipromosikan. Strategi marketing tersebut bisa menjadi pilihan untuk mendongkrak kepopuleran bisnis dalam jangka waktu yang cepat.

Kenapa sebuah bisnis perlu menggunakan viral marketing? Karena strategi yang satu ini mempunyai banyak sekali keunggulan. Pertama yaitu dapat menghemat biaya untuk promosi. Selanjutnya yang kedua, marketing ini menjangkau audiens yang lebih luas. Sehingga bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan brand awareness secara efektif. Dengan menggunakan strategi ini, kemungkinan besar produk yang telah dipromosikan akan diulas di berbagai macam media, karena keviralan tersebut.

Lalu, bagaimana cara untuk dapat memaksimalkan penggunaan dalam strategi yang satu ini? Hal utama yang harus diperhatikan yaitu Anda perlu memastikan bahwa Anda harus memahami target audiens yang tepat sesuai produk yang ditawarkan. Sementara itu, ciptakan sebuah informasi dengan berkualitas dan juga emosional. Agar banyak orang yang mau membagikannya.

2. Marketing Mix

Strategi marketing yang selanjutnya yaitu ada marketing mix. Strategi yang satu ini adalah sebuah strategi marketing yang digunakan untuk mencapai suatu target tertentu.  Marketing mix adalah sebuah strategi marketing yang paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis, baik itu dari segi bisnis pemula atau bisnis yang sudah mulai berkembang.

Pada dasarnya, marketing ini memiliki tujuh elemen dasar diantaranya ada price, product, promotion, place, people, physical evidnece, serta process. Untuk dapat menggunakan strategi marketing ini, Anda sebagai pebisnis akan memulainya dengan cara merancang sebuah produk terbaik yang dibutuhkan oleh konsumen dan harus dipastikan bahwa harganya terjangkau. Sementara itu, Anda juga perlu membuat produk yang bisa terus eksis dengan berbagai macam upaya promosi. Jadi intinya, ketujuh elemen di atas harus tetap Anda terapkan supaya bisa mendapatkan hasil marketing terbaik.

3. Guerilla Marketing

Guerilla marketing adalah salah satu strategi marketing yang biasanya dilakukan dengan cara promosi unik dan berkesan di mata konsumen. Bahkan tak jarang, strategi ini mampu membuat konsumen terkejut dengan gebrakan baru yang dilakukan oleh suatu brand. Misalnya, aksi skydiving yang dilakukan untuk dapat mempromosikan produk Red Bull.

Kesimpulan

Itulah diatas pembahasan lengkap mengenai kekurangan dan kelebihan digital marketing untuk bisnis lengkap beserta strategi marketing terbaru untuk bisnis. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan terkait kelebihan dan kekurangan digital marketing lengkap dengan strategi di atas bisa bermanfaat.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan