Kotaku
Beranda Pendidikan Untuk Guru Manfaat Fitur Pengelolaan Kinerja di PMM, Kepala Sekolah dan Guru Perlu Tahu!

Manfaat Fitur Pengelolaan Kinerja di PMM, Kepala Sekolah dan Guru Perlu Tahu!

Ide Jualan Buat Bulan Puasa 2024 Dijamin Laku Keras 4

Kotaku.id – Manfaat fitur pengelolaan kinerja di PMM akan dibahas secara lengkap dan mendetail dalam ulasan dibawah ini. Pengelolaan Kinerja guru dan kepala sekolah adalah salah satu fitur baru dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM). Fitur ini resmi diluncurkan oleh Kemendikbud Ristek pada tanggal 19 Desember 2023 lalu.

Dikutip dari situs Pusat Informasi Kemdikbud, Pengelolaan Kinerja merupakan alat bantu yang akan digunakan oleh para kepala sekolah atau guru ASN. Khususnya dalam menentukan sasaran kinerja sesuai dengan kebutuhan sekolah dan pengembangan karier.

Fitur Pengelolaan Kinerja ini telah terintegrasi dengan layanan e-kinerja BKN. Oleh sebab itu, kepala sekolah bisa melaporkan kinerjanya dengan efektif dan efisien.

Lewat sistem ini, guru atau kepala sekolah tidak perlu direpotkan lagi untuk mengakses e-Kin dan sistem lain dari BKN dengan format yang rumit dan bervariasi. Untuk bisa mengetahui fitur Pengelolaan Kinerja di PMM untuk Guru dan Kepala Sekolah, simak pembahasannya dibawah ini.

Manfaat Fitur Pengelolaan Kinerja di PMM

Manfaat Fitur Pengelolaan Kinerja di PMM, Kepala Sekolah dan Guru Perlu Tahu!
Manfaat Fitur Pengelolaan Kinerja di PMM, Kepala Sekolah dan Guru Perlu Tahu! 9

Dirjen GTK Nunuk Suryani menjelaskan bahwa Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di dalam Platform Merdeka Mengajar atau disingkat dengan PMM mempunyai manfaat yang sangat besar.

Menurut Nunuk Suryani, dampak dari Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah dalam platform PMM akan terasa lebih nyata dengan beragam manfaat yang dihasilkan. Dengan melakukan Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di platform PMM, beragam beban administrasi akan terasa jauh lebih ringan dan mudah untuk dilakukan.

Sehingga bisa meningkatkan kinerja yang selama ini telah terbebani oleh urusan-urusan administrasi di luar dari tugas pokoknya.

“Saya meyakini bahwa Pengelolaan Kinerja Guru di Platform Merdeka Mengajar akan dapat membantu guru dalam meningkatkan kinerjanya,” tegas Nunuk dikutip dari BBGP Jateng pada hari Selasa, 16 Januari 2024.

Selanjutnya, Nunuk Suryani menjelaskan mengenai dampak nyata dari salah satu upaya dalam reformasi birokrasi berbasis transformasi digital ini.

“Dampaknya akan terasa nyata pada pembelajaran dan capaian belajar murid, (Guru dan Kepala Sekolah) tanpa harus terbebani administrasi,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Guru dan Kepala Sekolah juga akan mendapatkan apresiasi yang sesuai pada hasil kinerja dan kompetensinya.

Hal ini karena, manfaat fitur Pengelolaan Kinerja di PMM ini terintegrasi dengan e-Kinerja BKN. Khususnya terkait dengan berbagai layanan kepegawaian seperti diantaranya kenaikan pangkat dan juga gaji berkala.

Selain itu, melansir dari Ditjen GTK Kemdikbud, ada 6 manfaat penting dari Pengelolaan Kinerja di PMM untuk guru dan Kepala Sekolah. Berikut ini penjelasan lengkapnya

  1. Dapat melakukan pengelolaan kinerja dengan lebih kontekstual dan spesifik untuk pelaksanaan tugasnya. (guru)
  2. Dapat memilih satu praktik pembelajaran yang relevan untuk ditingkatkan. (guru)
  3. Mampu memiliki kegiatan pengembangan kompetensi sesuai dengan preferensi tindak lanjut hasil observasi kinerja untuk peningkatan kinerja. (guru)
  4. Pengelolaan Kinerja Lebih Praktis. Kepala Sekolah bisa memilih perencanaan Pengelolaan Kinerja lewat fitur yang ada di dalam PMM yang mana secara otomatis sistem akan menyampaikan kepada Kepala Dinas.
  5. Pengelolaan Kinerja Lebih Relevan. Rapor Pendidikan pada masing-masing satuan pendidikan menjadi kunci dasar pemilihan indikator dimensi kepemimpinan pembelajaran. Sehingga, Kepala Sekolah bisa menentukan indikator tersebut sesuai situasi dan kondisi dalam satuan pendidikan.
  6. Pengelolaan Kinerja Lebih Berdampak. Pemilihan indikator dimensi kepemimpinan pembelajaran secara relevan akan memenuhi kesesuaian kebutuhan pada satuan pendidikan.

Cara Akses Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di PMM

Manfaat Fitur Pengelolaan Kinerja di PMM, Kepala Sekolah dan Guru Perlu Tahu!
Manfaat Fitur Pengelolaan Kinerja di PMM, Kepala Sekolah dan Guru Perlu Tahu! 10

Pengelolaan kinerja gutu dan kepala sekolah bisa diakses lewat aplikasi dan website Merdeka Mengajar. Akan tetapi, sebelum mengakses fitur ini, guru dan kepala sekolah wajib mempunyai akun belajar.id terlebih dahulu.

Berikut ini merupakan tata cara mengakses pengelolaan kinerja kepala sekolah dalam platform PMM.

Cara Akses Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Web

  1. Silahkan Anda buka halaman https://guru.kemdikbud.go.id/.
  2. Selanjutnya, geser layar ke bawah sampai Anda menemukan menu “Pengembangan Diri”.
  3. Silahkan pilih “Pengelolaan Kinerja”.
  4. Setelah masuk ke halaman Pengelolaan Kinerja, nantinya akan muncul alur Pengelolaan Kinerja.
  5. Tekan “Mulai” untuk membuat perencanaan kinerja.

Cara Akses Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Aplikasi

  1. Silahkan Anda buka menu “Pengelolaan Kinerja” pada laman utama aplikasi Merdeka Mengajar.
  2. Selanjutnya, Anda bisa pilih menu “Pengelolaan Kinerja” di halaman utama.
  3. Layar nantinya akan menampilkan “Alur Pengelolaan Kinerja”.
  4. Tekan “Mulai” untuk bisa membuat perencanaan kinerja, pelaksanaan kinerja, dan juga penilaian kinerja.

Itulah diatas pembahasan tentang manfaat fitur Pengelolaan Kinerja di PMM untuk Guru dan Kepala Sekolah. Semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan