Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi Bahasa Inggris PPG Daljab 2024

Contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi Bahasa Inggris PPG Daljab 2024

Kotakuid – Berikut ini merupakan ulasan tentang Contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi Bahasa Inggris PPG Daljab 2024.

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi merupakan salah satu tugas yang wajib dikerjakan oleh peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) 2024.

Tugas ini memiliki tujuan untuk melatih mahasiswa PPG Daljab yakni untuk mengeksplorasi beragam alternatif solusi untuk bisa mengatasi masalah pembelajaran yang ada di lingkungan sekolah.

Dalam LK 2.1, mahasiswa PPG Daljab diminta untuk melakukan eksplorasi alternatif solusi. Dengan tujuan untuk mengatasi masalah pembelajaran yang mereka identifikasi pada LK 1.1. Alternatif solusi yang diajukan wajib bersifat inovatif dan bisa meningkatkan hasil belajar siswa.

Berikut ini merupakan contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi Bahasa Inggris PPG Daljab 2024.

Masalah terpilih yang akan diselesaikan:

Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Purbalingga pada mata pelajaran bahasa Inggris masih rendah. Terutama dalam memahami kalimat sapaan (Greetings).

Akar penyebab masalah:

  • Siswa kurang paham dengan konsep kalimat sapaan dalam Bahasa Inggris.
  • Siswa kurang terampil dalam menyampaikan kalimat sapaan menggunakan bahasa Inggris (Greetings) yang baik dan benar.
  • Siswa kurang motivasi dalam belajar bahasa Inggris.

Eksplorasi alternatif solusi:

  • Solusi 1: Menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Dalam solusi ini, guru nantinya akan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Siswa kemudian akan diajak untuk berdiskusi, brainstorming, serta melakukan praktik menyampaikan kalimat sapaan dalam bahasa Inggris (Greetings).

  • Solusi 2: Memanfaatkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif.

Pada solusi ini, guru nantinya akan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Dengan tujuan untuk membantu para siswa dalam memahami konsep Greetings yang baik dan benar. Media pembelajaran yang bisa digunakan adalah antara lain gambar, video, dan permainan.

  • Solusi 3: Memberikan bimbingan serta motivasi kepada para siswa.

Pada solusi ini, guru nantinya akan memberikan bimbingan dan motivasi kepada para siswa dalam belajar Greetings. Guru kemudian akan memberikan umpan balik yang bersifat konstruktif untuk membantu siswa dalam memperbaiki penyampaian Greetings.

Analisis alternatif solusi:

Berdasarkan pada analisis yang telah dilakukan, solusi 1 dan 2 bisa dikatakan lebih efektif untuk mengatasi masalah pembelajaran yang dihadapi.

Solusi 3 juga dinilai cukup penting untuk dilakukan, akan tetapi tidak dapat berdiri sendiri. Solusi 3 wajib dikombinasikan dengan solusi 1 atau 2 supaya lebih efektif.

Berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai analisis alternatif solusi:

  • Solusi 1: Metode pembelajaran yang berpusat kepada siswa dinilai lebih efektif karena bisa meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Metode ini juga bisa membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta pemecahan masalah.
  • Solusi 2: Media pembelajaran yang menarik serta interaktif dinilai lebih efektif karena bisa membantu siswa dalam memahami konsep Greetings secara lebih mudah. Media pembelajaran yang menarik dan interaktif juga mampu meningkatkan motivasi siswa untuk lebih giat belajar.
  • Solusi 3: Bimbingan dan motivasi dari guru dinilai sangat penting dilakukan untuk membantu siswa memperbaiki penyampaiannya. Bimbingan dan motivasi dari guru juga bisa membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi.

Berdasarkan pada analisis tersebut, solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pembelajaran yang dihadapi yakni kombinasi dari solusi 1 dan 2.

Guru bisa menerapkan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa dan media pembelajaran yang menarik serta interaktif.

Dengan menggunakan kombinasi kedua solusi tersebut, diharapkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 3 Purbalingga pada mata pelajaran bahasa Inggris dapat meningkat, terutama dalam hal materi Greetings

Itulah di atas contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi Bahasa Inggris PPG Daljab 2024. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad